Penggunaan Aplikasi-aplikasi untuk pendidikan

Berikut ini beberapa aplikasi Android yang dapat dimanfaatkan untuk pendidikan, juga bermanfaat bagi peserta didik.


Math Workout
Math Workout merupakan aplikasi gratis dari Android untuk mempraktekkan matematika dasar bagi siswa, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Kita dapat mengoperasikan 6 aktifitas yang berbeda. Setiap aktifitas terdiri dari serialnya sendiri dengan tantangan yang semakin sulit. Penilaian dalam aktifitas ini didasarkan pada ketepatan dan kecepatan. Kita dapat melihat apakah siswa mengalami kemajuan dari hari ke hari atau tidak, karena Math Workout dapat menyimpan nilai-nilai siswa, sehingga mempermudah dalam evaluasi.

Words, Words, Words
 
Words, Words, Words adalah aplikasi kosa kata gratis. Words, Words, Words dapat digunakan seperti menggunakan flashcard untuk membiasakan diri anda dengan kata-kata, atau dengan model kuis.

UUD 45 RI

UUD 45 RI merupakan aplikasi yang dapat mengetahui isi dari UUD 1945 Republik Indonesia. UUD 1945 ini merupakan hasil dari 4 kali amandemen.

Sejarah Indonesia
Dengan aplikasi Sejarah Indonesia kita dapat mengetahui peristiwa sejarah, tempat-tempat bersejarah serta biografi para pahlawan Indonesia.

Edmodo Android app

Aplikasi ini dapat memberikan akses ke buku angkatan, group, profil dan perpustakaan. Kita dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengirimkan pesan-pesan ke group, dan siswa dapat menggunakan Edmodo Android app untuk membaca pesan-pesan dari guru.

Grace

Grace termasuk aplikasi baru, dirilis pada bulan Maret tahun 2013 oleh Mobispectra Technologies. Kita dapat mengatur semua video pendidikan ke dalam satu tempat melalui aplikasi Grace. Keuntungan menggunakan aplikasi ini adalah kita dapat membuka video-video tersebut di dalam aplikasi dengan cepat. Jika biasanya anda akan diarahkan ke couple luar ketika akan membuka video YouTube, maka tidak begitu halnya dengan Grace. Aplikasi Grace memainkan video melalui aplikasi YouTube anda, tetapi diembed ke dalam aplikasi Grace. Jadi pastikan anda telah menginstal aplikasi tersebut di perangkat Android anda. Hal ini juga memungkinkan anda untuk membuka Wikipedia dalam aplikasi untuk menemukan informasi yang relevan dengan cepat.

Di bawah video adalah bagian untuk membuat catatan, dan jika anda memberikan izin untuk mengakses akun Google Drive, anda dapat menyimpan semua catatan anda sebagai record teks ke Drive anda. Catatan anda akan diberi judul “Name Of The Video Notes” di dalam folder “grace-app”, yang membuatnya sangat mudah ditemukan. Jika anda ingin membuat catatan dengan cara ini, mungkin anda tertarik dengan Kingsoft Office dan Google Drive untuk aplikasi Android. Dengan kedua aplikasi tersebut, akan mudah untuk membuka kembali catatan anda dan mengeditnya.
Aplikasi ini juga memiliki interface yang cantik, dengan menggunakan styling Android modern, yang hampir identik dengan aplikasi YouTube itu sendiri. Ditambah lagi, karena anda dapat menambahkan konten apapun yang anda sukai, maka anda dapat mengikuti semua saluran YouTube reguler, dan anda tidak akan menemukan iklan dalam aplikasi ini.

Mobento

Aplikasi-aplikasi Android ini memungkinkan anda untuk mengunduh video ke perangkat Android untuk melihatnya secara offline. Aplikasi Grace tidak bisa melakukan hal ini. Jika Grace memiliki fitur tersebut, maka kita mungkin tidak membutuhkan Mobento. Namun kedua aplikasi ini layak dimiliki. Anda dapat mengunduh aplikasi Mobento dari Google

Mobento bekerja sedikit berbeda dari Grace. Anda tidak bisa menambahkan konten anda sendiri di sini. Mobento berisi konten dari Khan Academy, TED Talks, Yale dan sumber lainnya. Anda dapat mencari konten yang anda inginkan dengan fitur pencarian yang unik dari aplikasi ini, yang memungkinkan anda untuk melihat seberapa sering sebuah kata diucapkan. Misalnya anda mencari kata “light and energy” bar berwarna merah dan biru akan muncul di samping setiap hasil pencarian. Semakin besar bar biru, maka semakin jarang kata “light” diucapkan, jika bar merah yang lebih besar maka semakin sering kata “energy” diucapkan. Ini adalah cara menarik untuk menemukan konten yang anda inginkan.

Sayangnya UI Mobento lebih buruk dari Grace. Warna dasarnya adalah cokelat, dan stylingnya yang akan mengingatkan anda pada Android 2.3 Gingerbread, yang tampilannya tidak begitu bagus. Untungnya, aplikasi ini bebas dari iklan.
Sparknotes

Sparknotes merupakan sumber daya yang paling mendidik untuk segala jenis literatur, mulai dari Brave New World Aldous Huxley hingga Crito dari Plato. Aplikasi ini tergolong sederhana. Sama dengan Mobento, aplikasi ini juga menggunakan styling Android 2.3 Gingerbread serta disertai iklan yang berjalan di bagian bawah layar. 

Kita semua tentunya mengharapkan agar dapat mmeperoleh pendidikan yang berkualitas dan gratis, akan tetapi hal ini tidak terjadi pada sebagian besar orang di seluruh dunia. Jika kita memiliki perangkat Android dan Wi-Fi, atau koneksi data, aplikasi-aplikasi ini sangat berharga. Kita dapat belajar di mana saja, dan siswa akan merasakan bahwa belajar adalah hal yang menyenangkan.

0 Response to "Penggunaan Aplikasi-aplikasi untuk pendidikan"

Post a Comment