Penggunaan android untuk media Pembelajaran

Saat ini sudah sekian banyak aplikasi-aplikasi Android yang tersedia di Google Play. Aplikasi-aplikasi yang tersedia memiliki masing-masing kegunaannya sehingga membuat Gadget Android menjadi memiliki banyak manfaat atau sering disebut multifungsi. Apalagi jika aplikasi tersebut dapat mendukung kegiatan sehari-hari kita.

Bagi pengguna Android yang masih duduk di bangku sekolah, kalian juga dapat memanfaatkan aplikasi-aplikasi android untuk mendukung kegiatan belajar. Berikut ada 5 aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk belajar materi-materi sekolah.
Mathematics Mentor.
Untuk sebagian orang, pelajaran Matematika dianggap menakutkan. Memang tidak dapat dipungkiri juga bahwa pelajaran matematika memanglah susah dan menuntut kita untuk berpikir lebih keras agar dapat mengerjakan soal yang diberikan. Akan tetapi sebenarnya belajar matematika itu menyenangkan jika cara belajar kita menggunakan media atau aplikasi yang tersedia di Android.

Mathematic Mentor merupakan salah satu aplikasi Android yang dapat kita manfaatkan untuk belajar matematika. Didalam aplikasi Mathematic Mentor terdapat penjelasan-penjelasan mengenai ilmu matematika tingkat SMA ataupun yang lebih tinggi. Dengan aplikasi ini kita juga dapat belajar ilmu geometri, aljabar, trigonometri, fungsi bilangan (x) dll. Selain itu aplikasi juga menyediakan fitur untuk latihan soal untuk mengukur hasil belajar anak didik atau siswa.

Star Chart
Melalui aplikasi Star chart ini kita dapat belajar tentang benda-benda luar angkasa dengan visualisasi yang sangat menarik. Kita juga dapat belajar mengenali nama bintang dan informasi lainnya yang terkait misalnya koordinat, jarak dengan bumi, keluarga bintang, dll.

Speed Anatomy.
Apikasi Speed Anatomy dapat digunakan oleh siswa yang suka dengan pelajaran biologi terutama mengenai anatomi tubuh manusia namanya Speed Anatomy. Aplikasi Speed Anatomy disajikan seperti aplikasi game, kita dapat memilih kategori apa yang akan kita mainkan. Kategori-kategori seperti otot, organ pencernaan, organ pernafasan dan lain-lain. Selain itu dalam memainkan permainan ini utnuk setiap jawaban benar akan mendapatkan poin sesuai waktu yang kita gunakan, lebih cepat kita menjawab maka poin yang kita dapat akan semakin tinggi. Sehingga kita belajar seperti sedang bermain game, lebih mengasyikan dan tidak bosan.

Science Challenge
Aplikasi Science Challenge merupakan aplikasi yang berisi soal-soal Sains yang dapat dikerjakan oleh siswa. Di aplikasi ini siswa dapat memilih ilmu sains dari Fisika, Kimia, Geografi, Antariksa, Biologi dan beberapa ilmu sains lainnya. Dari setiap pilihan ilmu sains tersebut siswa akan ditugaskan untuk menjawab soal dengan model pilihan ganda.

Pada aplikasi Science Challenge ini siswa juga dapat mengerjakan soal campuran yang berisi semua ilmu sains, jadi siswa tidak terpaku pada salah satu ilmu sains saja. Selain ilmu sains, melalui aplikasi ini siswa juga dapat belajar bahasa Inggris karena aplikasi ini ditampilkan dalam Bahasa Inggris, sehingaa secara bersamaan kita dapat mempelajari bahasa inggris juga agar dapat menyelesaikan soal dengan baik.
Terdapat juga fitur-fitur Android yang digunakan untuk belajar kimia:

ChemMobile
ChemMobile adalah sebuah aplikasi pembelajaran kimia gratis berbasis Android yang dapat membantu siswamemahami materi kimia dengan mudah dan menyenangkan. Aplikasi ini dilengkapi dengan data berupa rumus kimia, nilai tetapan/konstanta terkait perhitungan kimia, lambang dan informasi unsur kimia. Dengan aplikasi kimia chemMobile ini siswa dapat mengetahui dan mempelajari berbagai materi kimia diantaranya sebagai berikut:
a.Mengenal berbagai jenis unsur (Materi Sistem Periodik Unsur)
b.Tata nama dan Persamaan reaksi kimia
c.Perhitungan kimia (Stoikiometri)
d.Kesetimbangan kimia
e.Hukum dasar kimia
f.Kelarutan dan Hasil kali kelarutan (Ksp), dll

Dengan aplikasi tersebut siswa dapat memperoleh kemudahan-kemudahan diantaranya :
Informasi sistem periodik unsur

Pada aplikasi kimia chemMobile siswa dapat mengetahui berbagai informasi singkat tentang unsur, diantaranya nama unsur kimia, lambang unsur kimia, nomor atom, massa atom, dan kelompok unsur kimia. Navigasi: Buka ChemMobile > Reference > Periodic > Periodic Info > Select by atau pilih berdasarkan nama, nomor, maupun lambang unsur.

Jika siswa menginginkan informasi mendalam tentang unsur kimia terkait, siswa dapat lakukan dengan memilih get info yang terhubung langsung ke situs referensi dunia wikipedia. Kita juga dapat melihat dalam bentuk tabel sistem periodik unsur untuk mengetahui golongan dan periode unsur dengan cara: Buka ChemMobile > Reference > Periodic > Periodic Tabel > Pilih unsur kimia yang ingin diketahui.

Penyetaraan Reaksi Kimia
Untuk menyetarakan suatu reaksi, gunakan navigasi berikut: Navigasi: Buka Aplikasi ChemMobile > Tools > Balance > Input zat-zat pereaksi pada kolom Reactants > Input zat-zat hasil reaksi pada kolom Products > Klik Balance > (Reaksi Setara). Sedangkan untuk persamaan reaksi kimia yang melibatkan banyak pereaksi dan hasil reaksi kimia seperti pada materi kimia menyetarakan reaksi redoks, aplikasi ChemMobile sangat membantu karena hasil yang ditampilkan akurat sesuai dengan perhitungan. Tapi jika kita mengerjakan soal kimia harus mempunyai prosedur untuk mendapatkan hasil. Jadikan aplikasi kimia ChemMobile sebagai pembanding saja.

Menghitung massa, mol, dan volume (STP) zat berdasarkan persamaan reaksi kimia. Kita dapat menghitung massa, mol, maupun volume zat berdasarkan persamaan reaksi kimia yang sudah kita buat (sebelumnya harus disetarakan terlebih dahulu) dengan memilih Stoichiometry, pilih satuan yang diinginkan dan input jumlahnya seperti gambar di bawah ini.
Memahami perhitungan hukum dasar kimia

Dalam aplikasi kimia ChemMobile  terdapat berbagai rumus terkait hukum dasar kimia seperti hukum Boyle, Hukum Gay-Lussac (Hukum perbandingan volume), persamaan gas ideal, dsb. Navigasi: Buka Aplikasi ChemMobile > Tools > Gas Laws > Pilih rumus kimia lalu inputnya nilainya pada kolom yang tersedia.
Menghitung massa molar zat

Massa molar zat adalah massa 1 mol suatu zat yang sama dengan Ar atau Mr zat itu yang dinyatakan dalam gram/mol. Navigasi: Buka Aplikasi ChemMobile > Tools > Molar Mass > Input zat atau senyawa yang ingin diketahui massa molarnya > Calculate (hasil)
Kita juga dapat mengkonversi massa molar zat ini ke dalam satuan gram maupun mol dengan cara memilih convert. Jika ingin mengetahui zat dalam satuan gram inputkan jumlah mol zat tersebut, begitu juga sebaliknya.

Contoh: massa molar O2 adalah 31,998 g/mol (32 g/mol). Hitung massa O2 jika diketahui 2 mol O2.
Rumus yang digunakan adalah:
gram O2 = mol O2 x massa molar O2
gram = 2 mol x 32 g/mol = 64 g O2

Untuk menyelesaikan soal di atas, pilih molar Mass > input O2 > Calculate > Convert > mole to Mass > Hasil (samakan dengan hasil hitungan Anda dibuku). Bagian Other pada gambar di atas berfungsi untuk mengetahui fraksi massa dan mol, serta rumus empiris suatu senyawa kimia.

Mengetahui kelompok unsur logam maupun non logam
Sistem periodik unsur terdiri dari berbagai jenis unsur logam, semi logam, dan non logam. Di sini Anda dapat mengetahui klasifikasi unsur-unsur kimia tersebut. Navigasi: Buka ChemMobile > Reference > Charts > Activity Series.

Mengetahui berbagai rumus kimia yang terkait dengan perhitungan kimia seperti persamaan gas, termokimia, elektrokimia, kesetimbangan kimia, dll
Navigasi: Buka ChemMobile > Reference > Charts > Formulas
Mengetahui berbagai jenis ion poliatomik lengkap dengan namanya seperti CN- untuk sianida, AlO2- untuk alumina, CO32- untuk karbonat, dll
Navigasi: Buka ChemMobile > Reference > Charts > Poliatomic Ions
Mengetahui berbagai jenis kation dan anion yang mudah larut dan sukar larut
Navigasi: Buka ChemMobile > Reference > Charts > Solubilit

Periodic Table (priodic droid)
Aplikasi di atas merupakan salah satu contoh aplikasi bagi pengguna android yang berkonsentrasi pada mata pelajaran Kimia. Bagi pengguna yang concern di bidang kimia tentu sangat familiar dengan istilah tabel periodik berikut aplikasi serta implementasinya. Oleh karena itu salah satu fitur utama aplikasi ini adalah tabel tersebut. Selain fitur tersebut aplikasi ini juga menyediakan informasi penting dari setiap unsur seperti Blok, grup, periode ataupun kandungan elektron.

Selain itu aplikasi ini juga menyediakan video tutorial untuk beberapa objek. Sehingga dapat dijadikan alternatif untuk kita jika bosan dengan belajar melalui membaca. Untuk mengetahui hasil belajar juga disediakan fitur Quiz yang berisis pertanyaan-pertanyaan sesuai permasalahan yang telah kita pelajari.

Aplikasi Periodic table ini dapat membantu kita belajar tabel-tabel periodik. Dibuat semacam tutorial, Setiap unsur yang ada akan diberikan keterangan penting seperti kandunga elektron, titik didih, struktur dan keterangan yang diambil dari wikipedia. Selain kita dapat mengetahui hasil belajar dengan fitur Quiz. Untuk bab dan kategori pertanyaannya dapat kita diatur, sehingga kita dapat memilih apa yang mau diujikan.

Formulae
Formulae merupakan aplikasi yang berisi tentang rumus kimia dan matematika, termasuk gugus fungsional, nama reaksi (termasuk mekanisme reaksi) , dll. Beberapa fitur yang tersedia menyediakan rumus-rumus serta beberapa hal lain tentang berbagai nama rekasi kimia dan mekanismenya. 
Untuk menghafalnya kita hanya perlu menyentuh layar kita dan kita sudah dapat memperoleh informasi rumus dan lain-lain. Berikut detail yang tersedia pada Formulae versi Gratisan-nya.
• Functional group (gugus fungsi)
• Kinetics (kinetika)
• Themodinamycs (termodinamika)
• Electrochemistry (elektrokimia)
• Quantum mechanics (mekanika kuantum)
• Spectrocopy (spektrokopi)
• Named Reactions (Nama-nama reaksi kimia)
• Crystal Structures (struktur kristal)

Aplikasi ini dapat digunakan oleh siswa SMA hingga mahasiswa yang sedang belajar tentang kimia organik, kimia fisika, kimia anorganik, dan kimia kuantum.

Chemistry Helper
Chemistry Helper adalah sebuah aplikasi sederhana yang dirancang sebagai referensi cepat untuk siswa yang belajar kimia. Termasuk tabel periodik dengan link ke wikipedia, alat untuk menghitung massa molekul senyawa (dengan tombol di bagian atas untuk melakukan perhitungan sederhana gram/mol, menghitung persen massa, dan stoikiometri dengan senyawa itu), tabel ion poliatomik, konstanta, aturan kelarutan, alat untuk menghitung molaritas dan volume larutan, alat untuk mengkonversi antar unit yang biasa digunakan dalam kimia,  pencarian senyawa yang link ke mesin pencari kimia utama (dan wikipedia, tentu saja), tabel potensial reduksi, gugus fungsi kimia organik,tabel spektroskopi IR, NMR, dan C13, H1, NMR dan tabel ligan umum.

Android merupakan salah satu handphone pintar yang membantu kita dalam belajar. Aplikasi dari fitur-fitur android di atas dapat kita gunakan untuk membantu kita memecahkan masalah dalam belajar kimia

0 Response to "Penggunaan android untuk media Pembelajaran"

Post a Comment