Dasar Struktur
Algoritma
1.
Siswa
mampu Mendeskripsikan struktur algoritma
·
Bagian
persiapan dari sebuah algoritma disebut dengan bagian ....
a. Deskripsi
b. Deklarasi
c. Header
d. Preparation
e. Prosedur
·
Bagian yang menjelaskan serangkaian instruksi untuk memproses inputan dan
menghasilkan output adalah bagian ....
a.
Deskripsi
b.
Deklarasi
c.
Header
d.
Preparation
e.
Prosedur
2.
Siswa
mampu Mendeskripsikan pengenalan variable
·
Berikut
ini pernyataan yang benar mengenai variabel, kecuali ....
a.
Digunakan
untuk menyimpan nilai
b.
Boleh
diberikan nama dengan bebas
c.
Tidak
boleh ada dua nama variabel yang sama
d.
Digunakan
untuk menyimpan nilai input
e.
Digunakan
untuk menyimpan nilai output
·
Berikut
ini penggunaan yang benar mengenai nama variable, kecuali....
a.
Float nilai
b.
Int a
c.
Char nama lengkap
d.
Char alamat
e.
Int usia
3.
Siswa
mampu Mendeskripsikan pengenalan tipe data
·
Berikut
ini variabel yang pasti memiki tipe data integer yaitu ....
a.
PanjangBalok
b.
LuasPersegi
c.
TotalGaji
d.
JumlahAnak
e.
NilaiTertinggi
4.
Siswa
mampu Mendeskripsikan pengenalan operator
·
Operasi
22 MOD 4 memberikan hasil ....
a.
5
b.
5,5
c.
2
d.
FALSE
e.
TRUE
·
Int a = 12, int b = 3, int hasil = a % b
Maka nilai hasil adalah ....
a.
0
b.
1
c.
2
d.
4
e.
9
5.
Siswa
mampu penggunaan pseudocode
·
Berikut
ini pernyataan yang benar mengenai pseudocode kecuali...
a.
Menggunakan
bahasa mirip bahasa pemrograman
b.
Bahasanya
harus baku, tidak boleh ada kesalahan
c.
Memudahkan
implementasi ke bahasa pemrograman
d.
Menggunakan
kata-kata kunci sebagaimana bahasa pemrograman
e.
Dapat
diubah ke bahasa natural dan sebaliknya
6. Siswa mampu penggunaan flowchart
Simbol apakah flowchart diatas?
a.
Terminator
b.
Input/output
c.
Proses
d.
Pemilihan
e.
Preparasi
·
Simbol apakah flowchart diatas?
a.
Terminator
b.
Input/output
c.
Proses
d.
Pemilihan
e.
Preparasi
Struktur
Kontrol & Perulangan
7.
Siswa
mampu Mendeskripsikan Struktur percabangan 1 kondisi
Jika <kondisi> bernilai benar maka pernyataan dikerjakan, sedangkan jika tidak, maka pernyataan tidak dikerjakan dan proses langsung
keluar dari percabangan adalah penjelasan dari percabangan ....
a.
1 kondisi
b.
2 kondisi
c.
Lebih dari 2 kondisi
d.
Percabangan bersarang
e.
Perulangan
8.
Siswa
mampu Mendeskripsikan struktur percabangan 2 kondisi
· Jika <kondisi> bernilai benar maka pernyataan1 dikerjakan. Sedangkan jika tidak
(<kondisi> bernilai salah),
maka pernyataan yang dikerjakan adalah pernyataan2.
Hal tersebut adalah penjelasan dari percabangan...
a. 1 kondisi
b. 2 kondisi
c. Lebih dari 2 kondisi
d. Percabangan bersarang
e. Perulangan
9.
Siswa
mampu Mendeskripsikan struktur
percabangan 2 kondisi atau lebih
·
Jika <kondisi1> dicek nilai kebenarannya. Jika benar,
maka dikerjakan pernyataan1. Jika
salah, maka dicek nilai kebenaran <kondisi2>. Jika <kondisi2>
benar, maka dikerjakan pernyataan2.
Jika tidak algoritma akan mengecek ke kondisi berikutnya dengan cara yang sama
dengan yang sebelumnya. Terakhir, jika semua kondisi bernilai salah, maka
pernyataan yang dikerjakan adalah Pernyataan(n+1).
Hal tersebut adalah penjelasan dari percabangan...
a. 1 kondisi
b. 2 kondisi
c. Lebih dari 2 kondisi
d. Percabangan bersarang
e. Perulangan
10.
Siswa
mampu Mendeskripsikan struktur percabangan bersarang
·
Struktur
dimana ada percabangan di dalam percabangan disebut ....
a. 1 kondisi
b. 2 kondisi
c. Lebih dari 2 kondisi
d. Percabangan bersarang
e. Perulangan
11.
Siswa
mampu Mendeskripsikan struktur perulangan dengan kondisi diawal
Penggunaan
WHILE DO adalah struktur perulangan dengan ....
a.
Kondisi
di awal
b.
Kondisi
di akhir
c.
1
kondisi
d.
2
kondisi
e.
Lebih
dari 2 kondisi
12.
Siswa
mampu Mendeskripsikan struktur perulangan dengan kondisi diakhir
Penggunaan
REPEAT UNTIL adalah struktur perulangan dengan ....
a.
Kondisi
di awal
b.
Kondisi
di akhir
c.
1
kondisi
d.
2
kondisi
e.
Lebih
dari 2 kondisi
13.
Siswa
mampu Mendeskripsikan struktur perulangan dengan kondisi akhir diinputkan user
Berikut
ini pernyataan yang benar mengenai perulangan dengan kondisi akhir
diinputkan pengguna, kecuali ....
a.
Kondisi
dapat di awal atau di akhir perulangan
b.
Inputan
pengguna sebagai sentinel dapat diberikan sebelum perulangan
c.
Inputan
pengguna sebagai sentinel dapat diberikan di dalam perulangan
d.
Inputan
pengguna sebagai sentinel dapat diberikan setelah perulangan
e.
Dapat
menggunakan REPEAT UNTIL
14.
Siswa
mampu Mendeskripsikan struktur perulangan sebagai pencacah naik
·
Syarat
tipe data variabel pencacah adalah ....
a.
Dapat
dihitung
b.
Tipe
data apa saja
c.
Harus
integer
d.
Bilangan
real
e.
Karakter
15.
Siswa
mampu Mendeskripsikan struktur perulangan sebagai pencacah turun
Berikut
ini pernyataan yang benar mengenai algoritma perulangan dengan
pencacah turun,kecuali ....
a.
Dapat
dikonversikan dalam bentuk WHILE DO
b.
Dapat
menggunakan variabel bertipe data karakter sebagai pencacah
c.
Banyaknya
iterasi sudah ditentukan
d.
Tidak
dapat diubah dalam bentuk pencacah naik
e.
Dapat
digunakan sebagai algoritma untuk menentukan baris bilangan
Penerapan dari
Algoritma ke Program
16.
Siswa
mampu Mengidentifikasi permasalahan kompleks sebagai studi kasus
·
Terdapat algoritma berikut.
1)
READ
nama
2)
READ
OmsetJual
3)
READ
GajiPokok
4)
Bonus
=0
5)
IF
(OmsetJual)>100 THEN
6)
Bonus = 1% x OmsetJual
7)
TotalGaji=GajiPokok
+ Bonus
8)
WRITE
TotalGaji
Penjelasan yang tidak sesuai dengan algoitma di atas
adalah.....
a.
Nilai awal bonus adalah 0
b.
Bonus adalah 1% dari omset jual
c.
Bonus diberikan jika omset jual 100
d.
Bonus diberikan jika omset jual lebih dari 100
e.
Total gaji adalah gaji pokok ditambah dengan bonus
Array
17.
Siswa
mampu Mendeskripsikan Penggunaan array 1 dimensi
·
Sekumpulan data yang bertipe sama dan antara
data satu dengan data yang lain dibedakan dengan indeksnya merupakan pengertian
dari ....
a.
Integer
b.
Array
c.
Variabel
d.
Char
e.
Booelan
18.
Siswa
mampu Mendeskripsikan penggunaan array multidimensi
·
Array yang terdiri dari m buah baris (row) dan
n buah kolom (column) adalah ….
a.
Array satu dimensi
b.
Variabel
c.
Integer
d.
Array dua dimensi
e.
Array multidimensi
Fungsi
19.
Siswa mampu Mendeskripsikan Deklarasi fungsi
·
Subprogram yang berguna untuk membentuk program menjadi
modul-modul sehingga lebih sederhana, mudah dipahami dan dapat digunakan
berulang kali adalah pengertian dari ...
a.
fungsi
b.
variabel
c.
string
d.
void
e.
parameter
20.
Siswa
mampu Mendeskripsikan Pemberian
parameter fungsi
Dalam pemrograman C++ bukanlah bahasa prosedural, karena
prosedur tidak
mempunyai nilai balik. Untuk melakukan hal ini di dalam C++,
maka harus membuat
suatu fungsi dengan tipe void, yang berarti tidak memiliki
nilai balik (return value) adalah...
a.
#include
<iostream>
using namespace std;
int BertambahSatu (int X) {
int hasil;
hasil = X + 1;
return hasil;
}
tipe_data nama_fungsi (parameter){
Pernyataan_yang_akan_dilakukan;
……………
return nilai_kembali;
}
b.
int main () {
int Bilangan, HASIL;
cout<<"Masukkan Bilangan Bulat :
"<<endl;
cin>>Bilangan;
HASIL = BertambahSatu (Bilangan);
cout<<"Nilai keluaran :
"<<HASIL;
return 0;
}
c.
void nama_fungsi (parameter)
{
Pernyataan_yang_akan_dilakukan;
……………
}
d.
void nama_fungsi (parameter)
{
Pernyataan_yang_akan_dilakukan;
……………
e. tipe_data nama_fungsi (parameter){
Pernyataan_yang_akan_dilakukan;
……………
return nilai_kembali;
}
Dasar Struktur
Algoritma
21.
Siswa
mampu Menerapkan penulisan algoritma dalam pseudocode
Algoritma
: Jika A>B dan A>C maka A paling besar
Maka pseudocode algoritma tersebut adalah ...
a.
If
(A>B;A>C) then write “A paling besar”
b.
If
(A<B;A>C) then write “A paling besar”
c.
If
(A>B;A<C) then write “A paling besar”
d.
If
(A<B;A<C) then write “A paling besar”
e.
If
(A=B;A>C) then write “A paling besar”
22.
Siswa
mampu Menentukan Logika dari penyelesaian masalah dengan struktur algoritma
·
p=4
q=7
if (p>q) then
p=p-q
write p
Hasil
dari algoritma diatas adalah....
a.
4
b.
7
c.
3
d.
-3
e.
11
23.
Siswa
mampu Menentukan karakteristik tipe data pada sebuah variabel
·
Jika
a= 27.8, maka tipe data yang digunakan adalah ...
a.
Integer
b.
Char
c.
Varchar
d.
Float
e.
Date
Struktur Kontrol & Perulangan
24.
Siswa
mampu Menentukan alur percabangan dari potongan baris kode program
·
Algoritma
1)
READ
nama
2)
READ
OmsetJual
3)
READ
GajiPokok
4)
Bonus
=0
5)
IF
(OmsetJual)>100 THEN
6)
Bonus = 1% x OmsetJual
7)
TotalGaji=GajiPokok + Bonus
8)
WRITE
TotalGaji
Jika OmsetJual
adalah 100 maka ....
a.
TotalGaji
> GajiPokok
b.
TotalGaji
< GajiPokok
c.
TotalGaji
= GajiPokok
d.
TotalGaji
= 1%xOmsetJual
e.
TotalGaji
> 1% x OmsetJual
25.
Siswa
mampu Menerapkan Struktur Perulangan dengan kondisi diawal
·
Perhatikan
algoritma berikut:
Algoritma
UlangAlik
Variabel i, a n : integer
1)
n =
10
2)
a =
2
3)
i =
1
4)
WHILE
a <= 3n DO
5)
a =
a+4
6)
WRITE
a
7)
END
Output dari algoritma di atas adalah ....
a.
28
b.
29
c.
30
d.
31
e.
32
26.
Siswa
mampu Menerapkan Perulangan dengan kondisi diinputkan user
·
Perhatikan
algoritma berikut:
Algoritma UlangAlik
Variabel i, a n : integer
1)
n =
10
2)
a =
2
3)
i =
1
4)
WHILE
a <= 3n DO
5)
a =
a+4
6)
WRITE
a
7)
END
Jika nilai n dan a diganti dengan nilai berturut-turut adalah 5 dan
20 maka output algoritma di atas adalah ...
a.
20
b.
24
c.
28
d.
32
e.
36
27.
Siswa
mampu Menerapkan Struktur perulangan
dengan kondisi diakhir
·
Algoritma
PerulanganAkhir
Variabel i, a, n : integer
1)
i =
1
2)
a =
5
3)
n =
30
4)
REPEAT
5)
a =
a+i*i
6)
i=i+1
7)
UNTIL
a>n
8)
WRITE
a
9)
END
Apakah keluaran
dari algoritma diatas?
a.
19
b.
26
c.
35
d.
36
e.
40
28.
Siswa
mampu Menerapkan Struktur perulangan dengan kondisi akhir diinputkan user
·
Algoritma
ganjilGenap
Variabel n : integer
Pilihan : karakter
1)
REPEAT
2)
READ
n
3)
IF
(n MOD 2 == 0) THEN
4)
WRITE
“Genap”
5)
ELSE
6)
WRITE
“Ganjil”
7)
WRITE
“Ingin menghitung lagi? y/n”
8)
READ
pilihan
9)
UNTIL
(pilihan == “n”)
10)
END
Pernyataan yang
benar mengenai algoritma di atas adalah...
a.
Input
pengertian perulangan itu sendiri
b.
Pengguna
dapat menentukan bilangan ganjil genap sebanyak yang dia mau
c.
Pengguna
dapat berhenti jika dia tidak mengetikan karakter ‘y’
d.
Algoritma
di atas dapat diubah dalam struktur WHILE DO
e.
Iteratornya
adalah variabel pilihan
29.
Siswa
mampu Menerapkan Struktur perulangan sebagai pencacah naik
·
Algoritma
HitungUlang
Varabel
a, i : integer
1)
a =
0
2)
FOR
i = 1 To 100
3)
IF
(i mod 5 == 0)THEN
4)
WRITE
i
5)
a =
a+1
6)
WRITE
a
7)
END
Nilai akhir a adalah ....
a.
0
b.
10
c.
20
d.
25
e.
100
30.
Siswa
mampu Menerapkan Struktur perulangan sebagai pencacah turun
·
Algoritma
HitungMundur
Variabel
i, j : integer
1)
FOR
i = 10
DOWNTO 0 DO
2) WRITE “*”
3)
END
Ada berapa banyak bintang yang tercetak?
a.
6
b.
7
c.
8
d.
9
e.
10
Penerapan dari
Algoritma ke Program
31.
Siswa
mampu Menerapkan pembuatan kode program computer
5 Urutan
proses yang benar dalam Flowchart adalah……..
a.
Head
Input
Proses
Output End
b.
Input
Loading
Proses
Output Stop
c.
Start
Read
Proses
Output Stop
d.
Start
Read
Proses
Write Stop
e.
Head
Read
Loading
Write End
Array
32. Siswa mampu Menerapkan Penggunaan array 1
dimensi
Int array [10] =
{2,5,4,8,1,3,7,9,10,21}
Nilai array
pada indeks 5 adalah ...
a.
2
b.
5
c.
3
d.
7
e.
9
33. Siswa mampu Menerapkan Penggunaan array
multidimensi
$ibukota = array;
( array (“Jakarta”,”Indonesia”), array (“London”,”Inggris”));
Jika output adalah “Indonesia”, maka
indeks array yang dipilih adalah
a.
[0][0]
b.
[0][1]
c.
[1][0]
d.
[1][1]
e.
[1][2]
Fungsi
34. Siswa mampu Menerapkan penggunaan fungsi dalam
kode program
// my first program in C++
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
void main()
{
Cout<<”Hello My
World !”;
Getch();
}
Dari program diatas, manakah yang termasuk fungsi...
a. Hello My World !
b. void main()
c. // my first program in C++
d. #include <iostream.h>
Dasar Struktur
Algoritma
35. Siswa mampu Menyimpulkan hasil dari algoritma
percabangan 1 kondisi
If nilai >75 then
Write “Lulus”
Jika diberikan nilai = 80, maka hasilnya adalah ....
a.
Tidak
Lulus
b.
Lulus
c.
Nilai
80
d.
Nilai
>75
e.
Nilai
diatas 75
36 . Siswa mampu Menganalisis berbagai contoh
penerapan algoritma dasar dalam kehidupan sehari-hari
Algoritma percabangan dapat digunakan untuk beberapa kasus
permasalahan berikut, kecuali ....
a.
Menentukan
kelulusan berdasarkan rata-rata
b.
Menghitung
sewa mobil di sebuah rental yang menyediakan banyak pilihan
c.
Menentukan
gaji berdasarkan golongan
d.
Menentukan
rata-rata seluruh siswa dalam satu kelas
e.
Menentukan
diagnosa penyakit
Struktur
Kontrol & Perulangan
37. Siswa mampu Menyimpulkan hasil dari percabangan
2 kondisi
Dalam suatu percabangan diberikan
IF (NILAI >
80) THEN
WRITE “Hebat”
ELSE
WRITE “Good”
Interval nilai
yang akan menghasilkan output “Good” adalah ....
a.
Nilai>=
0
b.
Nilai
>70
c.
Nilai
<= 80
d.
Nilai
<=70
e.
Nilai
< 80
Penerapan dari
Algoritma ke Program
38. Siswa mampu Memecahkan permasalahan kompleks
sebagai studi kasus
Perhatikan program berikut
#include <iostream>
using namespace std;
int main (){
int x = 3.05;
cout << “Nilai x adalah ” << x
<< endl;
return 0
}
Kode program yang digaris bawahi terjadi error,
seharusnya tipe data yang digunakan adalah...
a. char
b. long
int
c. short
int
d. signed
long int
e. float
Array
39. Siswa mampu Menganalisis pengelompokkan data
berdimensi dari kumpulan informasi
Nilai data kelas baris kedua kolom ketiga
pada data berikut adalah....
Bulan ke
|
Kelas A
|
Kelas B
|
Kelas C
|
Kelas D
|
1
|
50
|
48
|
64
|
44
|
2
|
54
|
51
|
66
|
44
|
3
|
53
|
51
|
64
|
43
|
a. 50
b. 51
c. 44
d. 66
e. 43
Fungsi
40. Siswa mampu Menyimpulkan tentang cara kerja
fungsi pada kode program
Perhatikan program berikut
#include <iostream>
Using namespace std;
Int main{
Int x, y, z = 20;
Cout << x << endl;
Cout << y << endl;
Cout << z << endl;
Return 0
}
Bagian yang digaris bawahi berfungsi untuk...
a. Memberi
nilai x, y, z dengan nilai 20
b. Memberi
nilai 20 pada z saja
c. Membuat
variabel global
d. Semua
jawaban salah
e. Semua
jawaban benar
Keren banget
ReplyDeleteMntp
ReplyDelete