Soal Pilihan ganda dan jawaban Pemprograman Dasar

Dasar Struktur Algoritma

Soal Pilihan ganda dan jawaban Pemprograman Dasar

1.        Siswa mampu Mendeskripsikan struktur algoritma
Penulisan algoritma yang menggunakan sintaks (cara penulisan) menyerupai bahasa pemograman disebut?
a.       Coding
b.      Pseudocode*
c.       Flowchart
d.      Data flow
e.       Terminator
2.        Siswa mampu Mendeskripsikan pengenalan variable
Variable logika yang berhubungan dengan OR,AND, dan NOT merupakan variable dari tipe data?
a.       String
b.      Bunerik
c.       Boolean*
d.      Array
e.       Int
3.        Siswa mampu Mendeskripsikan pengenalan tipe data
Tipe data yang memungkinkan sebuah variable mengandung banyak nilai dalam suatu waktu adalah?
a.       Boolean
b.      Int
c.       Array*
d.      String
e.       Logika
4.        Siswa mampu Mendeskripsikan pengenalan operator
Pada tipe data boolean berlaku operator-operator, pilih salah satu dari beberapa operator yang BUKAN berupa perulangan?
a.       For
b.      Do... While
c.       While
d.      Return
e.       Else*
5.        Siswa mampu penggunaan pseudocode
Lengkapi source code dari pseudocode dibawah ini
#include <cstdlib>
#include <iostream>
using namespace std;
int faktorial(int n)
{
if (n==0)
return 1;
.......................................................
return n * faktorial(n‐1);
}
int main(int argc, char *argv[])
{
int n;
cout<<"Program Faktorial Rekursif\n";
cout<<"Masukkan Nilai n : ";
cin>>n;
cout<<"Faktorial("<<n<<") = "<<faktorial(n)<<"\n";
system("PAUSE");
return EXIT_SUCCESS;
}
a.       Else*
b.      If
c.       And
d.      Or
e.       While

6.        Siswa mampu penggunaan flowchart
Bentuk belah ketupat pada diagram flowchart diberi nama
a.       Data Store
b.      Process
c.       Connector
d.      Terminator
e.       Decision*
Struktur Kontrol & Perulangan
7.        Siswa mampu Mendeskripsikan Struktur percabangan 1 kondisi
Untuk mengambil suatu keputusan dari kondisi tunggal menggunakan fungsi ...
a.       Logika IF-ENDIF
b.      Logika IF
c.       Logika END
d.      Logika ENDIF

8.        Siswa mampu Mendeskripsikan struktur percabangan 2 kondisi
Bentuk perulangan jika pilihan jawaban ada dua atau lebih disebut ...
a.       Percabangan bersarang
b.      Percabangan tunggal
c.       Percabangan atas
d.      Percabangan ganda*

9.        Siswa mampu Mendeskripsikan  struktur percabangan 2 kondisi atau lebih
Pada pengambilan keputusan fungsi logika IF-ELSE-ENDIF dua pilihan tersebut yaitu ...
a.       Semua pernyataan bernilai TRUE
b.      Semua pernyataan bernilai FALSE
c.       Satu pernyataan bernilai TRUE dan pernyataan lainya bernilai FALSE*
d.      Tidak ada pernyataan bernilai TRUE atau FALSE

10.    Siswa mampu Mendeskripsikan struktur percabangan bersarang
Sebuah usaha fotocopy mempunyai aturan sebagai berikut:
- Jika yang fotocopy statusnta adalah langganan, maka berapa lembar pun dia fotocopy, harga per lembarnya Rp. 75,-
- Jika yang fotocopy bukan langganan, maka jika dia fotocopy kurang dari 100 lembar harga per lembarnya Rp. 100,-. Sedangkan jika lebih atau sama dengan 100 lembar maka harga per lembarnya Rp. 85,-
.................

Lengkapi flowchart struktur bersarang mengenai usaha fotocopy?
a.       TH= JLF* HPP*
b.      HPP= JLF+TH
c.       JLF=TH-HPP
d.      JLF=TH*TH
e.       TH=JLF+TH
11.    Siswa mampu Mendeskripsikan struktur perulangan dengan kondisi diawal
Jelaskan definisi pengertian perulangan?
a.       Melakukan instruksi berkali-kali sesuai dengan batasan yang telah ditetapkan*
b.      Melakukan instruksi sekali dengan batasan tertentu
c.       Melakukan suatu yang telah ditetapkan dengan batasan dua kali
d.      Melakukan Looping dalam batasan yang telah ditetapkan
e.       Melakukan sesekali perulangan tanpa ada batasan
12.    Siswa mampu Mendeskripsikan struktur perulangan dengan kondisi diakhir
Apa yang harus dilakukan untuk menentukan nilai awal ekspresi lojik dalam perulangan?
a.       Function
b.      Inisiasi*
c.       User
d.      Case
e.       Progammer
13.    Siswa mampu Mendeskripsikan struktur perulangan dengan kondisi akhir diinputkan user
Siapa yang diminta untuk memberikan kondisi perulangan?
a.       User*
b.      Progammer
c.       Human
d.      Protokoler
e.       Instruktur
14.    Siswa mampu Mendeskripsikan struktur perulangan sebagai pencacah naik
Perhitungan satu-persatu secara sederhana dapat disebut?
a.       Pecacah
b.      Mencacah*
c.       Duacacah
d.      Bilangan cacah
e.       Case
15.    Siswa mampu Mendeskripsikan struktur perulangan sebagai pencacah turun
Jika pencacah = nilai maksimal (pada increment) atau pencacah=nilai minimal (pada decrement), maka apa yang terjadi pada perulangan?
a.       Lanjut
b.      Berhenti seketika
c.       Berhenti*
d.      Break
e.       Berhenti lalu melanjutkan proses pencacah

Penerapan dari Algoritma ke Program
16.    Siswa mampu Mengidentifikasi permasalahan kompleks sebagai studi kasus
//Program Umur
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
void main ()
{int usia;
clrscr();
cou<<" Berapa Usia Anda ?? ";
cin>>usia;
or (usia<17)
    cout << " Anda Belum Dewasa " <<endl;
else
    cout << " Anda Dewasa " <<endl;
}
       Source code C++ diatas jika di compile maka akan terjadi error, identifikasikan permasalahan tersebut dengan function yang benar.
a.       If*
b.      Then
c.       Cout
d.      And
e.       If Then

Array
17.    Siswa mampu Mendeskripsikan Penggunaan array 1 dimensi
SUM adalah ………..
a.       Nilai rata-rata dari seluruh indeks array
b.      Banyaknya indeks yang ada di dalam array.
c.       Hasil dari penjumlahan seluruh data dalam array.*
d.      Indeks akhir dari array.
e.       Nama variabel dari array.
18.    Siswa mampu Mendeskripsikan penggunaan array multidimensi
Array yang berisi beberapa array lain disebut ……….
a.       Array satu dimensi
b.      Array dua dimensi
c.       Array tiga dimensi
d.      Array empat dimensi
e.       Array multidimensi*

Fungsi
19.    Siswa mampu Mendeskripsikan Deklarasi fungsi
Parameter adalah sarana komunikasi antar ……..
a.       Fungsi*
b.      Wilayah
c.       Program
d.      Daerah
e.       Komputer
      
20.    Siswa mampu Mendeskripsikan  Pemberian parameter fungsi
Variabel pointer yang tidak menunjuk pada nilai apapun berarti memiliki nilai ………..
a.       100
b.      200
c.       300
d.      1
e.       Null*

Dasar Struktur Algoritma
21.    Siswa mampu Menerapkan penulisan algoritma dalam pseudocode
Penulisan algoritma yang menggunakan sintaks (cara penulisan) yang menyerupai bahasa pemrograman disebut
a.       Flowchart
b.      Data flow
c.       Coding
d.      Pseudocode*
e.       Aplikasi
22.    Siswa mampu Menentukan Logika dari penyelesaian masalah dengan struktur algoritma
Tahapan dalam menyelesaikan suatu masalah adalah :
a.       Masalah – Pseudocode – Flowchart – Program – Eksekusi – Hasil
b.      Masalah – Algoritma – Flowchart – Program – Eksekusi – Hasil
c.       Masalah – Model – Algoritma – Eksekusi – Hasil
d.      Masalah – Model – Algoritma – Program – Eksekusi – Hasil*
e.       Algoritma – Program – Model – Eksekusi – Hasil
23.    Siswa mampu Menentukan karakteristik tipe data pada sebuah variable
Sebutkan tipe data yang digunakan untuk menyimpan nilai berupa karakter/ huruf disebut tipe data
a.       Boolean
b.      Date Time
c.       Numerik
d.      Array
e.       String/Char*


Struktur Kontrol & Perulangan
24.    Siswa mampu Menentukan alur percabangan dari potongan baris kode program
Lengkapi titik dibawah ini dari baris kode program
#include <iostream.h>
#include <conio.h>

main(){
int x;
cout<<“\n================================\n”;
cout<<“\nBELAJAR PERCABANGAN BERSYARAT IF\n”;
cout<<“\n================================\n”;
cout<<“Masukkan Angka: “;
cin>>x;

............. (x>0)

cout<<“Angka yang dinputkan bilangan positif”;

getch();

}
a.       If*
b.      And For
c.       For
d.      If Then
e.       Then
25.    Siswa mampu Menerapkan Struktur Perulangan dengan kondisi diawal
Lengkapi titik dibawah ini dengan code program perulangan yang benar
#include <iostream> // header
#include <conio.h>
using namespace std;

int main()

{
int C;
for (C=0;C<10;C++)
{
.................<<“Saya sedang belajar bahasa C++ “<<endl;
}

getch();
}
a.       Cout*
b.      Do..while
c.       While
d.      If
e.       Then End
26.    Siswa mampu Menerapkan Perulangan dengan kondisi diinputkan user
Lengkapi source code perulangan dengan kondisi diinputkan user
#include <iostream>
#include <iomanip>
using namespace std;
int main()
{
const int NUM_DAYS = 7;
int count;
double total;
for (count = 1, total = 0.0; count <= NUM_DAYS; count++)
{
double sales;
char << "Masukkan penjualan untuk hari " << count << ": ";
cin >> sales;
total += sales;
}
cout << fixed << showpoint << setprecision(2);
cout << "Total penjualan adalah $" << total << endl;
return 0;
}
a.       Cout*
b.      While
c.       If Then
d.      For
e.       Do... While
27.    Siswa mampu Menerapkan  Struktur perulangan dengan kondisi diakhir
Lengkapi struktuk program perulangan dengan kondisi diakhir
algoritma kondisi_akhir
deklarasi
i : integer
algoritma:
i  ← 1
...........
writeln ('Pengulangan kondisi akhir')
i  ← i+1
until i=70
a.       For
b.      Repeat*
c.       Do
d.      Int
e.       Else
28.    Siswa mampu Menerapkan Struktur perulangan dengan kondisi akhir diinputkan user
Lengkapi struktur program perulangan dengan kondisi akhir diinputkan user
program input_user
deklarasi

i : integer
x : integer

algoritma:
read(x)
i  ← 1

while i <= x do
................('ini adalah pengulangan ke', i)
i  ← i+1
endwhile
a.       Writeln*
b.      Write
c.       Do
d.      If
e.       And Then
29.    Siswa mampu Menerapkan Struktur perulangan sebagai pencacah naik
Lengkapi struktur program perulangan pencacah
#include<conio.h>
#include <iostream.h>
using namespace std;
int main()
{
char huruf;
.......... (huruf = 'A'; huruf <= 'Z'; huruf++)
cout << "Huruf abjad = " << huruf << "\n";
getch();
........... (huruf = 'A'; huruf <= 'Z'; huruf+=13)
cout << "Huruf abjad = " << huruf << "\n";
getch();
for (huruf = 'z'; huruf >= 'a'; huruf‐‐)
cout << "Huruf abjad = " << huruf << "\n";
getch();
a.       For*
b.      Do
c.       While Then
d.      Do... While
e.       For Then
30.    Siswa mampu Menerapkan Struktur perulangan sebagai pencacah turun
Lengkapi struktur program perulangan dibawah ini
#include<conio.h>
#include <iostream.h>
using namespace std;
int main()
{
.......... a, b;
.........(a = 1; a <= 5; a++)
{
........... << "\n ";
for(b = a; b <= 5; b++)
cout << a << " ";
}
getch();
return 0;
}
a.       Int - for – cout*
b.      Char – Then – End
c.       If – For – Then
d.      For – cout – end
e.       String – If - Cout

Penerapan dari Algoritma ke Program
31.    Siswa mampu Menerapkan pembuatan kode program computer
Bahasa pemrograman yang mudah dipelajari untuk memecahkan permasalahan adalah
a.       JavaScript
b.      Bahasa English
c.       Bahasa Arab
d.      Bahasa India
e.       NetBean

Array
32.    Siswa mampu Menerapkan Penggunaan array 1 dimensi
Menulis atau mengisi elemen array satu dimensi formatnya adalah
a.       nama_aray[index_array]<- nilai*
b.      var nama_variable:array
c.       String_aray index
d.      angka:array[3]of integer
e.       nama_aray[index_aray]; Index_variable
33.    Siswa mampu Menerapkan Penggunaan array multidimensi
Fungsi
34. Siswa mampu Menerapkan penggunaan fungsi dalam kode program

Dasar Struktur Algoritma
35. Siswa mampu Menyimpulkan hasil dari algoritma percabangan 1 kondisi
36 . Siswa mampu Menganalisis berbagai contoh penerapan algoritma dasar dalam kehidupan sehari-hari

Struktur Kontrol & Perulangan
37. Siswa mampu Menyimpulkan hasil dari percabangan 2 kondisi

Penerapan dari Algoritma ke Program
38. Siswa mampu Memecahkan permasalahan kompleks sebagai studi kasus

Array
39. Siswa mampu Menganalisis pengelompokkan data berdimensi dari kumpulan informasi

Fungsi
40. Siswa mampu Menyimpulkan tentang cara kerja fungsi pada kode program

Baca Juga :

1 Response to "Soal Pilihan ganda dan jawaban Pemprograman Dasar"