Dasar Struktur
Algoritma
1.
Siswa
mampu Mendeskripsikan struktur algoritma
Penulisan algoritma yang menggunakan sintaks (cara penulisan) menyerupai
bahasa pemograman disebut?
a. Coding
b. Pseudocode*
c. Flowchart
d. Data flow
e. Terminator
2.
Siswa
mampu Mendeskripsikan pengenalan variable
Variable logika yang berhubungan dengan OR,AND, dan NOT merupakan variable
dari tipe data?
a. String
b. Bunerik
c. Boolean*
d. Array
e. Int
3.
Siswa
mampu Mendeskripsikan pengenalan tipe data
Tipe data yang memungkinkan sebuah variable mengandung banyak nilai dalam
suatu waktu adalah?
a. Boolean
b. Int
c. Array*
d. String
e. Logika
4.
Siswa
mampu Mendeskripsikan pengenalan operator
Pada tipe data boolean berlaku operator-operator, pilih salah satu dari
beberapa operator yang BUKAN berupa perulangan?
a. For
b. Do... While
c. While
d. Return
e. Else*
5.
Siswa
mampu penggunaan pseudocode
Lengkapi source code dari pseudocode dibawah ini
#include <cstdlib>
#include <iostream>
using
namespace std;
int faktorial(int n)
{
if (n==0)
return 1;
.......................................................
return n * faktorial(n‐1);
}
int main(int argc, char *argv[])
{
int n;
cout<<"Program Faktorial Rekursif\n";
cout<<"Masukkan Nilai n : ";
cin>>n;
cout<<"Faktorial("<<n<<") = "<<faktorial(n)<<"\n";
system("PAUSE");
return EXIT_SUCCESS;
}
a. Else*
b. If
c. And
d. Or
e. While
6.
Siswa
mampu penggunaan flowchart
Bentuk belah ketupat pada diagram
flowchart diberi nama
a. Data Store
b. Process
c. Connector
d. Terminator
e. Decision*
Struktur
Kontrol & Perulangan
7.
Siswa
mampu Mendeskripsikan Struktur percabangan 1 kondisi
Untuk mengambil suatu keputusan
dari kondisi tunggal menggunakan fungsi ...
a. Logika IF-ENDIF
b. Logika IF
c. Logika END
d. Logika ENDIF
8.
Siswa
mampu Mendeskripsikan struktur percabangan 2 kondisi
Bentuk perulangan jika pilihan
jawaban ada dua atau lebih disebut ...
a. Percabangan
bersarang
b. Percabangan
tunggal
c. Percabangan
atas
d. Percabangan
ganda*
9.
Siswa
mampu Mendeskripsikan struktur
percabangan 2 kondisi atau lebih
Pada pengambilan keputusan fungsi
logika IF-ELSE-ENDIF dua pilihan tersebut yaitu ...
a. Semua
pernyataan bernilai TRUE
b. Semua
pernyataan bernilai FALSE
c. Satu pernyataan
bernilai TRUE dan pernyataan lainya bernilai FALSE*
d. Tidak ada
pernyataan bernilai TRUE atau FALSE
10.
Siswa
mampu Mendeskripsikan struktur percabangan bersarang
Sebuah
usaha fotocopy mempunyai aturan sebagai berikut:
-
Jika yang fotocopy statusnta adalah langganan, maka berapa lembar pun dia
fotocopy, harga per lembarnya Rp. 75,-
-
Jika yang fotocopy bukan langganan, maka jika dia fotocopy kurang dari 100
lembar harga per lembarnya Rp. 100,-. Sedangkan jika lebih atau sama dengan 100
lembar maka harga per lembarnya Rp. 85,-
.................
|
Lengkapi flowchart struktur bersarang mengenai usaha fotocopy?
a. TH= JLF* HPP*
b. HPP= JLF+TH
c. JLF=TH-HPP
d. JLF=TH*TH
e. TH=JLF+TH
11.
Siswa
mampu Mendeskripsikan struktur perulangan dengan kondisi diawal
Jelaskan definisi pengertian perulangan?
a. Melakukan instruksi berkali-kali sesuai dengan
batasan yang telah ditetapkan*
b. Melakukan instruksi sekali dengan batasan
tertentu
c. Melakukan suatu yang telah ditetapkan dengan
batasan dua kali
d. Melakukan Looping dalam batasan yang telah
ditetapkan
e. Melakukan sesekali perulangan tanpa ada
batasan
12.
Siswa
mampu Mendeskripsikan struktur perulangan dengan kondisi diakhir
Apa
yang harus dilakukan untuk menentukan nilai awal ekspresi lojik dalam
perulangan?
a.
Function
b.
Inisiasi*
c.
User
d.
Case
e.
Progammer
13.
Siswa
mampu Mendeskripsikan struktur perulangan dengan kondisi akhir diinputkan user
Siapa
yang diminta untuk memberikan kondisi perulangan?
a.
User*
b.
Progammer
c.
Human
d.
Protokoler
e.
Instruktur
14.
Siswa
mampu Mendeskripsikan struktur perulangan sebagai pencacah naik
Perhitungan
satu-persatu secara sederhana dapat disebut?
a.
Pecacah
b.
Mencacah*
c.
Duacacah
d.
Bilangan cacah
e.
Case
15.
Siswa
mampu Mendeskripsikan struktur perulangan sebagai pencacah turun
Jika pencacah =
nilai maksimal (pada increment) atau pencacah=nilai minimal (pada decrement),
maka apa yang terjadi pada perulangan?
a.
Lanjut
b.
Berhenti seketika
c.
Berhenti*
d.
Break
e.
Berhenti lalu melanjutkan proses pencacah
Penerapan dari
Algoritma ke Program
16.
Siswa
mampu Mengidentifikasi permasalahan kompleks sebagai studi kasus
//Program
Umur
#include
<iostream.h>
#include
<conio.h>
void
main ()
{int
usia;
clrscr();
cou<<"
Berapa Usia Anda ?? ";
cin>>usia;
or (usia<17)
cout << " Anda Belum Dewasa
" <<endl;
else
cout << " Anda Dewasa "
<<endl;
}
Source code C++ diatas jika di compile maka akan terjadi
error, identifikasikan permasalahan tersebut dengan function yang benar.
a. If*
b. Then
c. Cout
d. And
e. If Then
Array
17.
Siswa
mampu Mendeskripsikan Penggunaan array 1 dimensi
SUM
adalah ………..
a.
Nilai
rata-rata dari seluruh indeks array
b.
Banyaknya
indeks yang ada di dalam array.
c.
Hasil
dari penjumlahan seluruh data dalam array.*
d.
Indeks
akhir dari array.
e.
Nama
variabel dari array.
18.
Siswa
mampu Mendeskripsikan penggunaan array multidimensi
Array
yang berisi beberapa array lain disebut ……….
a.
Array
satu dimensi
b.
Array
dua dimensi
c.
Array
tiga dimensi
d.
Array
empat dimensi
e.
Array
multidimensi*
Fungsi
19.
Siswa
mampu Mendeskripsikan Deklarasi fungsi
Parameter
adalah sarana komunikasi antar ……..
a.
Fungsi*
b.
Wilayah
c.
Program
d.
Daerah
e.
Komputer
20.
Siswa
mampu Mendeskripsikan Pemberian
parameter fungsi
Variabel
pointer yang tidak menunjuk pada nilai apapun berarti memiliki nilai ………..
a.
100
b.
200
c.
300
d.
1
e.
Null*
Dasar Struktur
Algoritma
21.
Siswa
mampu Menerapkan penulisan algoritma dalam pseudocode
Penulisan
algoritma yang menggunakan sintaks (cara penulisan) yang menyerupai bahasa
pemrograman disebut
a.
Flowchart
b.
Data flow
c.
Coding
d.
Pseudocode*
e.
Aplikasi
22.
Siswa
mampu Menentukan Logika dari penyelesaian masalah dengan struktur algoritma
Tahapan
dalam menyelesaikan suatu masalah adalah :
a.
Masalah
– Pseudocode – Flowchart – Program – Eksekusi – Hasil
b.
Masalah
– Algoritma – Flowchart – Program – Eksekusi – Hasil
c.
Masalah
– Model – Algoritma – Eksekusi – Hasil
d.
Masalah
– Model – Algoritma – Program – Eksekusi – Hasil*
e.
Algoritma
– Program – Model – Eksekusi – Hasil
23.
Siswa
mampu Menentukan karakteristik tipe data pada sebuah variable
Sebutkan
tipe data yang digunakan untuk menyimpan nilai berupa karakter/ huruf disebut
tipe data
a.
Boolean
b.
Date Time
c.
Numerik
d.
Array
e.
String/Char*
Struktur
Kontrol & Perulangan
24.
Siswa
mampu Menentukan alur percabangan dari potongan baris kode program
Lengkapi titik dibawah ini dari baris kode program
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
main(){
int x;
cout<<“\n================================\n”;
cout<<“\nBELAJAR PERCABANGAN BERSYARAT IF\n”;
cout<<“\n================================\n”;
cout<<“Masukkan Angka: “;
cin>>x;
............. (x>0)
cout<<“Angka yang dinputkan bilangan positif”;
getch();
}
a. If*
b. And For
c. For
d. If Then
e. Then
25.
Siswa
mampu Menerapkan Struktur Perulangan dengan kondisi diawal
Lengkapi titik dibawah ini dengan code program perulangan yang benar
#include <iostream> // header
#include <conio.h>
using namespace std;
int main()
{
int C;
for (C=0;C<10;C++)
{
.................<<“Saya sedang belajar bahasa C++ “<<endl;
}
getch();
}
a. Cout*
b. Do..while
c. While
d. If
e. Then End
26.
Siswa
mampu Menerapkan Perulangan dengan kondisi diinputkan user
Lengkapi source code perulangan dengan kondisi diinputkan user
#include <iostream>
#include <iomanip>
using namespace std;
int main()
{
const int NUM_DAYS = 7;
int count;
double total;
for (count = 1, total = 0.0; count <= NUM_DAYS; count++)
{
double sales;
char << "Masukkan penjualan untuk hari " << count
<< ": ";
cin >> sales;
total += sales;
}
cout << fixed << showpoint << setprecision(2);
cout << "Total penjualan adalah $" << total <<
endl;
return 0;
}
a. Cout*
b. While
c. If Then
d. For
e. Do... While
27.
Siswa
mampu Menerapkan Struktur perulangan
dengan kondisi diakhir
Lengkapi struktuk program perulangan dengan kondisi diakhir
algoritma kondisi_akhir
deklarasi
i : integer
algoritma:
i ← 1
...........
writeln ('Pengulangan kondisi akhir')
i ← i+1
until i=70
a.
For
b.
Repeat*
c.
Do
d.
Int
e.
Else
28.
Siswa
mampu Menerapkan Struktur perulangan dengan kondisi akhir diinputkan user
Lengkapi struktur program perulangan dengan kondisi akhir diinputkan user
program input_user
deklarasi
i : integer
x : integer
algoritma:
read(x)
i ← 1
while i <= x do
................('ini adalah pengulangan ke', i)
i ← i+1
endwhile
a. Writeln*
b. Write
c. Do
d. If
e. And Then
29.
Siswa
mampu Menerapkan Struktur perulangan sebagai pencacah naik
Lengkapi struktur program perulangan pencacah
#include<conio.h>
#include <iostream.h>
using namespace std;
int main()
{
char huruf;
.......... (huruf = 'A'; huruf <= 'Z'; huruf++)
cout << "Huruf abjad = " << huruf <<
"\n";
getch();
........... (huruf = 'A'; huruf <= 'Z'; huruf+=13)
cout << "Huruf abjad = " << huruf <<
"\n";
getch();
for (huruf = 'z'; huruf >= 'a'; huruf‐‐)
cout << "Huruf abjad = " << huruf <<
"\n";
getch();
a. For*
b. Do
c. While Then
d. Do... While
e. For Then
30.
Siswa
mampu Menerapkan Struktur perulangan sebagai pencacah turun
Lengkapi struktur program perulangan dibawah ini
#include<conio.h>
#include <iostream.h>
using namespace std;
int main()
{
.......... a, b;
.........(a = 1; a <= 5; a++)
{
........... << "\n ";
for(b = a; b <= 5; b++)
cout << a << " ";
}
getch();
return 0;
}
a. Int - for – cout*
b. Char – Then – End
c. If – For – Then
d. For – cout – end
e. String – If - Cout
Penerapan dari
Algoritma ke Program
31.
Siswa
mampu Menerapkan pembuatan kode program computer
Bahasa pemrograman yang mudah dipelajari untuk memecahkan permasalahan
adalah
a. JavaScript
b. Bahasa English
c. Bahasa Arab
d. Bahasa India
e. NetBean
Array
32.
Siswa
mampu Menerapkan Penggunaan array 1 dimensi
Menulis
atau mengisi elemen array satu dimensi formatnya adalah
a.
nama_aray[index_array]<-
nilai*
b.
var
nama_variable:array
c.
String_aray index
d.
angka:array[3]of
integer
e.
nama_aray[index_aray]; Index_variable
33.
Siswa
mampu Menerapkan Penggunaan array multidimensi
Fungsi
34. Siswa mampu Menerapkan penggunaan fungsi dalam
kode program
Dasar Struktur
Algoritma
35. Siswa mampu Menyimpulkan hasil dari algoritma
percabangan 1 kondisi
36 . Siswa mampu Menganalisis berbagai contoh
penerapan algoritma dasar dalam kehidupan sehari-hari
Struktur
Kontrol & Perulangan
37. Siswa mampu Menyimpulkan hasil dari percabangan
2 kondisi
Penerapan dari
Algoritma ke Program
38. Siswa mampu Memecahkan permasalahan kompleks
sebagai studi kasus
Array
39. Siswa mampu Menganalisis pengelompokkan data
berdimensi dari kumpulan informasi
Fungsi
40. Siswa mampu Menyimpulkan tentang cara kerja
fungsi pada kode program
Baca Juga :
Good
ReplyDelete