Penggunaan Android dan untuk media pembelajaran

Jika kita membicarakan apa kegunaan Android terdapat fitur-fitur yang ada pada Android diantaranya yaitu :

Handset layout
Platform ini dapat beradaptasi dengan yang lebih besar, VGA, 2D grafis perpustakaan, perpustakaan grafis 3D berdasarkan spesifikasi OpenGL ES 2.0, dan tata letak smartphone tradisional.

Penyimpanan
SQLite, database relasional ringan, yang dapat digunakan untuk menyimpan data.

Konektivitas
Android support dengan teknologi konektivitas termasuk GSM / EDGE, IDEN, CDMA, EV-DO, UMTS, Bluetooth, Wi-Fi, LTE, dan WiMAX NFC. 

Pesan
SMS dan MMS tersedia dalam bentuk pesan, termasuk pesan teks berulir dan sekarang Cloud Android Untuk Perangkat Pesan (C2DM) juga merupakan bagian dari Android Dorong Layanan Olah pesan.
Beberapa dukungan bahasa
Android dapat support dengan beberapa bahasa, sehingga lebih fleksibel.

Web browser
Browser web yang disediakan oleh Android berdasarkan pada mesin open source WebKit tata letak yang ditambah dengan mesin JavaScript Chrome V8.

Dukungan Java
Kebanyakan aplikasi Android ditulis di Java, di platform tidak ada Java Virtual Machine dan kode Java byte tidak dapat dieksekusi. Kelas Java dikompilasi ke dalam executable Dalvik dan berjalan di Dalvik, mesin virtual khusus yang dirancang khusus untuk Android dan dioptimalkan untuk baterai bertenaga perangkat mobile dengan memori terbatas dan CPU.

Dukungan media
Android support terhadap audio / video berikut / masih format media: WebM, H.263, H.264 (dalam 3GP atau MP4 wadah), MPEG-4 SP, AMR, AMR-WB (dalam kontainer 3GP), AAC, HE-AAC (dalam MP4 atau 3GP kontainer), MP3, MIDI, Ogg Vorbis, FLAC, WAV, JPEG, PNG, GIF, BMP.

Dukungan media streaming
Dukungan media streaming berupa RTP / RTSP streaming (3GPP PSS, Isma), HTML download progresif (HTML5 <video> tag). Adobe Flash Streaming (RTMP) dan Streaming HTTP Dinamis yang didukung oleh Flash plugin. Apple HTTP Live Streaming yang didukung oleh RealPlayer untuk Mobile,  dan didikung oleh sistem operasi di Android 3.0 (Honeycomb).

Tambahan dukungan hardware
Android dapat menggunakan video / kamera, layar sentuh, GPS, akselerometer, giroskop, barometer, magnetometer, kontrol game khusus, sensor jarak dan tekanan, termometer, dipercepat sedikit blits 2D (dengan orientasi perangkat keras, scaling, konversi format piksel) dan grafis 3D dipercepat .

Multi-touch
Android mempunyai dukungan asli untuk multi-sentuh yang pada awalnya  tersedia dalam handset seperti HTC Hero. Fitur ini awalnya dinonaktifkan pada level kernel (mungkin untuk menghindari pelanggaran paten Apple pada teknologi layar sentuh pada saat itu) . Google telah merilis update untuk Nexus One dan Droid Motorola yang memungkinkan multi-touch native.

Bluetooth
Bluetooth di Android mendukung A2DP, AVRCP, mengirim file (OPP), mengakses buku telepon (PBAP), panggilan suara dan mengirim kontak antara telepon. Keyboard, mouse dan joystick (HID) dukungan tersedia di Android 3.1 +, dan di versi sebelumnya melalui kustomisasi produsen dan aplikasi pihak ketiga.

Panggilan video
Walaupun Android tidak dapat mendukung panggilan video asli, akan tetapi beberapa handset mempunyai versi yang disesuaikan dari sistem operasi yang mendukung, baik yang melalui jaringan UMTS (seperti Samsung Galaxy S) atau over IP. Panggilan video melalui Google Talk tersedia di Android 2.3.4 dan Gingerbread Nexus S memungkinkan untuk menempatkan panggilan Internet dengan account SIP. Hal ini memungkinkan untuk meningkatkan VoIP panggilan ke account SIP lain dan bahkan ke nomor telepon. Skype 2.1 menawarkan video calling di Android 2.3 yang termasuk dukungan kamera depan.

Multitasking
Android dapat melakukan beberapa tugas sekaligus atau multitasking.

Fitur suara berbasis
Android sejak awal telah menyediakan pencarian Google melalui suara, tindakan Suara untuk menelepon, SMS, navigasi, dll yang didukung pada Android 2.2 dan seterusnya.

Penarikan
Android mendukung penarikan, yang memungkinkan ponsel untuk digunakan sebagai nirkabel / kabel Wi-Fi hotspot. Sebelum Android 2.2 ini didukung oleh aplikasi pihak ketiga atau kustomisasi produsen.

Screen capture
Android mempunyai dukungan asli untuk menangkap screenshot kemampuan dengan menekan tombol volume daya dan pada saat yang sama pada perangkat Android. Ini dukungan asli muncul dengan rilis Android 4.0 (Es Sandwich Cream) update yang pertama kali terlihat pada smartphone Nexus Galaxy.

Dari berbagai macam fitur di atas dapat disimpulkan apa kegunaan android yaitu sistem operasi Android memungkinkan untuk digunakan pada beberapa perangkat elektronik antara lain :  smartphone, laptop, netbook, komputer tablet, Google.

Berikut Penggunaan Android untuk pendidikan :

Semoga tulisan tentang Penggunaan Android dan untuk media pembelajaran dapat bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.



0 Response to "Penggunaan Android dan untuk media pembelajaran "

Post a Comment