PhotoMath, Aplikasi Untuk Menyelesaikan Soal Matematika Secara Instan

Photomath - Smartphone kini semakin canggih saja dan fungsinya tak hanya sebatas untuk aktivitas komunikasi. Kehadiran aplikasi canggih memang sangat membantu meningkatkan fungsi smartphone. Salah satu aplikasi yang baru saja diluncurkan dan mendapatkan respon yang sangat positif adalah PhotoMath. Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi berbasis kamera, namun berbeda dengan lainnya yang lebih ditujukan untuk selfie atau edit foto, PhotoMath justru memiliki fungsi yang sangat bermanfaat terutama bagi pelajar.


Yap, seperti namanya, PhotoMath memang dibuat untuk membantu pelajar dalam menyelesaikan soal matematika. Dengan aplikasi ini pelajar dapat dengan mudah menentukan hasil persoalaan matematika dengan hanya mengarahkan kamera ke soal saja. Prinsip kerja aplikasi ini hampir mirip dengan Wordlens yang mampu menerjemahkan tulisan secara visual melalui pengenalan foto. Aplikasi PhotoMath memiliki empat jenis soal yang mampu dipecahkan yaitu aritmatika, pecahan desimal, eksponensial, dan persmaan linear.

Tingkat keakuratan aplikasi PhotoMath memang belum 100% akurat, dari berbagai review yang ada, PhotoMath cocok untuk digunakan menyelesaikan soal sederhana, namun untuk tingkatan SMA/SMK ke atas aplikasi ini belum akurat dalam menyelesaikan soal. Tak hanya menampilkan hasil saja, aplikasi ini juga menyuguhkan proses perhitungan hingga ketemu hasilnya dalam bentuk uraian yang tampil di bagian sebelah kanan foto, sehingga sangat membantu bagi siswa untuk belajar matematika.

Meski belum begitu sempurna, namun konsep yang diusung ini sangat brilian dan berpotensi booming jika dikembangkan lebih lanjut. Aplikasi ini sudah tersedia sejak 15 Oktober 2014 lalu untuk sistem operasi iOS dan Windows phone, sedangkan Untuk versi Android, PhotoMath baru akan tersedia tahun 2015 mendatang

 QuickOffice
Suatu perubahan besar yang terjadi pada android dalam segi produktivitas dimulai pada tahun 2012, ketika itu Google dikejutkan dengan melihat popularitas dari Aplikasi QuickOffice. Aplikasi ini digarap sepenuhnya gratis, sehingga pengguna dapat membuka file office secara mudah dan aplikasi ini pun menjadi sangat populer.

Microsoft Office Mobile
Cukup membuat kita menunggu memang, namun akhirnya rajanya aplikasi Office yaitu Microsoft telah telah menginjakkan kaki di rana android. 

Anda dapat membuat, mengedit, dan menyimpan file MS Word, MS Excel, dan MS PowerPoint pada smartphone anda secara gratis, dengan syarat anda telah login dengan akun Microsoft.

CamScanner - Phone PDF Creator
Aplikasi dokumen lain yang lebih hebat lagi adalah CamScannner yang dapat merubah file office ke bentuk PDF. Salah satu fitur yang sangat berguna ialah batch mode, fungsinya adalah untuk menggabungkan setiap page dan secara otomatis disesuaikan panjang textnya hingga menjadi satu file yang diinginkan. Tersedia versi gratis dengan iklan.

OpenOffice Document Reader
Thomas Taschauer adalah salah satu orang yang sangat kreatif dengan  membuat OpenOffice di Android. Walaupun masih ada beberapa bugs seperti pada formating, tampilan gambar, dll. Namun aplikasi ini masih sangat berguna untuk membuka file seperi ODS dan ODT. Sumber http://www.majalahdroid.com

0 Response to "PhotoMath, Aplikasi Untuk Menyelesaikan Soal Matematika Secara Instan "

Post a Comment