Menerapkan Perangkat Lunak Yang Dipergunakan Pada Komputer Terapan Jaringan


Menerapkan Perangkat Lunak Yang Dipergunakan Pada Komputer Terapan Jaringan

A. Pengertian Software
Software (perangkaat lunak) dalam komputer adalah program yang memerintahkan komputer untuk melakukan pengolahan data. program tersebut ditulis dalam bahasa khusus yang dapat dimengerti oleh computer.


B. Jenis Software
Berikut akan dijelaskan beberapa jenis software (perangkat lunak). antara lain:

1. Sistem Operasi

2. Program utility

3. Program Paket

4. Program Aplikasi

5. Bahasa Pemrograman


 1. Sistem Operasi
Sistem operasi adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lu dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting.

Beberapa software sistem operasi yang banyak digunakan antara lain:
  • DOS (Disk Operating System) Sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang menggunakan antarmuka dengan pengguna berbasis teks (text-mode user interface), dengan tanda kesiapan menerima perintah dari pengguna yang disebut dengan prompt. Prompt default yang digunakan dalam DOS adalah nama path ditambah dengan tanda lebih besar (>), seperti C:\>, C:\DOS\ dan lain-lain. Pengguna juga dapat menggunakan simbol prompt lainnya dengan menggunakan perintah PROMPT.
  • OS/2 (Operating Sistem 2) adalah sistem operasi yang dibuat secara bersama-sama oleh International Business Machine Corporation dan Microsoft Corporation, untuk digunakan pada komputer IBM PS/2, (pengganti komputer IBM PC/AT), sebagai pengganti sistem operasi DOS yang telah lama digunakan
  • WINDOWS, Sistem operasi Windows memiliki banyak jenis, antara lain Windows 3.x, Windows NT, Windows 95, Windows 97, Windows 98, Windows 2000, Windows Millenium, Window XP, Windows Vista dan Windows 7 yang telah beredar di pasaran.
  • UNIX Merupakan Sistem Operasi untuk jaringan komputer dan banyak digunakan pada komputer besar seperti supercomputer dan mainframe. Unix dikenalkan pada tahun 1970 oleh sebuah group yang dipimpin Ken Thompson dari Laboratorium AT & T.
  • LINUX Merupakan pengembangan dari sistem operasi unix yang dikembangkan oleh Linus Benedict Torvals. Software Linux bersifat open source karena kita dapat menggunakan dan memodifikasi secara bebas, berbeda dengan software Windows yang sudah dilindungi oleh Undang-Undang Hak Cipta. kendala penggunaan Linux adalah kebanyakan orang belum terbiasa karena masih banyak yang menggunakan Windows, selain itu Program-program yang dijalankan oleh Linux masih sangat terbatas.

2. Program Utility
Program Utility merupakan perangkat lunak yang bertugas untuk mengatur kinerja dan perawatan  perangkat keras sebuah komputer. Contohnya: Norton Utility dan System Tools. Biasanya pada System  Tools, kita dapat menggunakan Disk Defragmenter untuk merapikan/ menata file.



3. Program Paket
Program Paket adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak  orang dengan berbagai kepentingan, seperti: Microsoft Word digunakan untuk surat menyurat, pembuatan  laporan, pembuatan dokumen dalam bentuk surat kabar, ataupun dalam mengetik naskah. Selain Microsoft  Word, program paket yang lain adalah Microsoft Excel. Microsoft Excel digunakan untuk membantu  menghitung, memproyeksikan, serta menganalisa data.

4. Program Aplikasi
Program Aplikasi atau program terapan merupakan program - program komputer yang digunakan  untuk melakukan tugas - tugas tertentu sesuai dengan permintaan, seperti untuk mengetik naskah,  menggambar, mengolah foto, mengolah angka, mendengarkan musik dan menonton film.


5. Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman adalah software yang khusus digunakan untuk membuat program komputer,  baik berupa sistem operasi ataupun program paket. Contohnya Visual Basic, Pascal, dan dBase.

  1. Menempatkan pesan pada suatu urutan tertentu berlandaskan prioritasnya. 
  2. Melakukan fungsi keamanan dengan mempertahankan catatan (log) kegiatan pada setiap terminal serta memeriksa apakah suatu terminal berwenang buat melaksanakan tugas yang diminta. 
  3. Menyatukan jaringan komputer dengan system manajemen database. Sebagian besar DBMS mainframe mempunyai versi buat para pemakai jaringan. 
  4. Menangani gangguan-gangguan kecil pada pemrosesan misalnya listrik padam dengan menyimpan status dari penyimpanan primer secara periodik. 
  5. Perangkat lunak TCM melengkapi bagian pada system operasi yang menangani transmisi data antara host serta front-end processor.


  1. Menentukan apabila terminal hendak memakai jaringan komputer. Salah satu pendekatan yaitu dengan memeriksa terminal (poll the terminal). Beraneka ragam teknik dapat dipakai, dan yang paling langsung ialah rol call polling, yang menanyai tiap-tiap terminal dengan cara berurutan apakah terminal tersebut hendak memakai jaringan komunikasi data. 
  2. Memelihara catatan kegiatan jaringan komputer dengan menyerahkan cap, tanggal serta waktu pada tiap pesan, bersama nomor seri yang unik. 
  3. Mengubah kode-kode yang dipakai oleh suatu jenis peralatan (misalnya IBM) pada jenis lain (misalnya DEC) 
  4. Melaksanakan fungsi editing yang terdapat di data yang masuk dengan memeriksa kekeliruan serta mengatur kembali formatnya. 
  5. Menambah serta menghapus kode-kode routing. Kode-kode ditambahkan yaitu pada pesan keluar buat mengarahkannya yaitu pada terminal yang tepat. Dan kode-kode dihapus dari pesan masuk sebelum ditransmisikan ke host. 
  6. Memelihara file historis yang berasal dari pesan-pesan yang dilakukan selama contohnya 20 menit terakhir yang ada di dalam penyimpanan sekunder. File tersebut dapat dipakai buat pemulihan dari gangguan.
Perangkat lunak atau piranti lunak adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Perangkat lunak dapat juga dikatakan sebagai ‘penterjemah’ perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan ke atau diproses oleh perangkat keras. Perangkat lunak ini dibagi menjadi 3 tingkatan: tingkatan program aplikasi (application program misalnya Microsoft Office), tingkatan sistem operasi (operating system misalnya Microsoft Windows), dan tingkatan bahasa pemrograman (yang dibagi lagi atas bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan)


Perangkat lunak jaringan komputer yang ada di dalam host disebut telecommunication monitor (TCM). Walau fungsi yang dikerjakan perangkat lunak TCM berlainan dari suatu system ke system yang lainnya. Umumnya TCM mengizinkan host buat :

Nama yang digunakan buat perangkat lunak Jaringan komputer dalam front-end processor yaitu network control program (NCP).


C. Evolusi Perangkat Lunak  

v     Era Pioner

v     Era Stabil

v     Era Mikro

v     Era Modern



D. Klasifikasi Perangkat Lunak
Perangkat lunak sistem dapat di bagi lagi menjadi 3 macam yaitu :
  • Bahasa pemrograman : merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN
  • Sistem Operasi : saat komputer pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang pertama kali di jalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh sistem operasi : DOS, Unix, Windows 95, IMB OS/2, Apple’s System 7
  • Utility : sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), contoh Utilty adalah Norton Utility

E. Perangkat Lunak 

·    Sebelum tahun 1990-an aplikasi yang di kenal yaitu pemroses kata (Word Star, Chi Write), pemroses tabel (Lotus 123, Quatro Pro), database (DBASE), dan hiburan (game). 
 

·    Pada perkembangan pemroses kata, tabel dan database saat ini telah di bundel menjadi aplikasi office. Contoh aplikasi office adalah Microsoft Office yang terdiri dari Word(pemroses kata), Excel (pemroses tabel), Access (database), dan PowerPoint (presentasi).


·   Aplikasi multimedia. Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp untuk memutar musik berformat MP3 atau CD Audio, kemudian RealPlayer yang dapat digunakan untuk menonton film atau VCD. 


·    Aplikasi internet yang umum di gunakan adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan messenger.



·   Aplikasi yang bersifat khusus di antaranya untuk membantu pekerjaan Engineer seperti AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar rangkaian elektronik), dan Matlab (pemroses dan visualisasi persamaan matematis).


     Sumber : 
      Sumber : Kementerian Pendidikan & Kebudayaan
http://dasarkomputer-komputer.blogspot.com/2012/05/mengenal-perangkat-lunak-software.html
http://aseptkj11.blogspot.com/2014/08/36-perangkat-lunak-yang-di-gunakan-pada.html
http://shodiqfajar006.blogspot.com/2014/08/36-penerapan-perangkat-lunak-pada.html
http://www.it-artikel.com/2012/04/perangkat-lunak-jaringan-komputer.html
http://rizalpamungkassmkmuda.blogspot.com/2014/08/36-penerapan-perangkat-lunak-pada.html
http://heriz-heri.blogspot.com

0 Response to "Menerapkan Perangkat Lunak Yang Dipergunakan Pada Komputer Terapan Jaringan "

Post a Comment