Memahami Metoda Pengujian Kinerja Komputer Terapan Jaringan

Memahami Metoda Pengujian Kinerja Komputer Terapan Jaringan
A.   Memeriksa Kinerja Piranti Sesuiai Fungsi Pada Manual
Memeriksa kinerja piranti sesuai fungsi pada manual sudah menjadi kewajiban setiap para pengguna dan tidak boleh dilupakan untuk selalu merawat komputer mereka dengan baik agar komputer tidak rusak dan hang. Dalam memeriksa kinerja piranti tersebut bertujuan supaya tidak lemot atau mengalami masalah, Ada dua sisi yang harus kita periksa yaitu dari sisi hardware dan sisi software.


Berikut hal yang harus kita periksa supaya kinerja piranti menjadi baik
Dari sisi Hardware, salah satunya sebagai berikut :
  • Konsentrasi debu pada peralatan / piranti yang menempel di dalam cpu atau di luar cpu khusunya pada komputer (PC), bershikan setiap 1 minggu sekali secara rutin
  • Pemasangan peripheral, apakah benar benar kokoh atau tidak
  • Pemasangan socket yang bener pas atau tidak
  • Kondisi Power suply, apakah masih baik digunakan atau tidak serta daya listriknya stabil atau tidak
  • Listrik, apakah stabil atau tidak sering kali listrik drop/mati sehingga komputer mati mendadak tanpa di shutdown, gunakanlah STALVOLT atau UPS.                                                  
Dari sisi Software, salah satunya sebagai berikut :
  • Sistem Operasi (OS), Apakah sesuai dengan spesfikasi komputer yang kita gunakan atau tidak
  • Masalah Virus, lengkapilah komputer anda dengan antivirus terbaik untuk membersihkan virus2 yang berbahaya seperti Smadav, Avira, Eset,dll. Lakukan scan setiap 1 minggu sekali untuk menjaga / mengecek komputer anda terinfeksi virus atau tidak dan membershikannya, serta selalu update antivirusnya
  • Unistall program aplikasi atau software yang tidak perlu
  • Defragment Harddisk, lakukanlah 1 minggu sekali secara rutin untuk menata dan mengurutkan file-file harddisk. Cara untuk melakukan defrag : 
  1. Start > Program > Accesories > System Tool > Disk Defragmenter (tidak boleh ada program yang berjalan saat melakukan defrag)
  2. Instal / Update driver piranti
  • Menghapus file reycle bin
  • Menghapus semua file folder prefecth
  • Menghapus tumpukan file log seperti cookies,dll. Dengan menggunakan aplikasi CCleaner

B.Koneksi Kendali ke Piranti
Maksudnya adalah bagaimana cara sebuah perangkat lunak / software dapat mengendalikan sebuah hardware / perangkat keras. Seperti pada contoh driver pada sebuah laptop. Tanpa sebuah driver perangkat-perangkat keras seperti WiFi Adapter, Sound card, VGA Card, dll. Karena tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa adanya kendali dari sebuah perangkat lunak.

Sebelum Instalasi Driver cek terlebih dahulu driver pada leptop atau computer, dengan cara klik kanan pada my computer – lalu pilih manage – lalu klik Device Manager .

Catatan = Jika muncul tanda ? / ! (warna kuning) artinya driver belum terinstal, maka lakukan install driver dengan install pada CD Driver bawaan leptop atau komputer

Dalam instalasi Driver pada computer atau leptop yaitu instalasi dilakukan dengan menjalan CD Driver dari setiap pembelian leptop baru atau komputer baru. Jika tidak terdapat CD Driver maka solusinya adalah dengan instalasi secara online atau dengan program Software Driver Park. Program ini berisikan kumpulan driver dari masing-masing jenis hardware leptop atau PC, kinerja sistem akan melakukan scan disk hardware kemudian jika tersedia maka aka nada perintah install, maka secara automatis driver akan terinstal ke PC atau leptop.

Sumber : Kementerian Pendidikan & Kebudayaan 
Sumber : http://yatsuroakira.blogspot.co.id

0 Response to "Memahami Metoda Pengujian Kinerja Komputer Terapan Jaringan"

Post a Comment