Tips dan Trik Agar Youtube tidak Macet

Menonton video Youtube yang sering tersendat-sendat waktu dimainkan tentunya membuat jengkel, Apalagi sinyal sudah bagus namun tetap saja sering terjadi loading atau proses buffering yang mengakibatkan terhentinya sementara video untuk melakukan loading data dari server Youtube.
Tips dan Trik Agar Youtube tidak Macet
Dalam sistem kerjanya, Ketika smartphone mengakses salah satu video di youtube akan terjadi proses upload dan download data, dimana proses download data inilah yang paling berpengaruh untuk menonton youtube dengan sempurna tanpa tersendat-sendat.

Ketika pertama kali anda membuka salah satu video nantinya akan ada proses upload data yaitu perintah ke server untuk mengakses file video tersebut, kemudian ada proses download data, dimana kecepatan koneksi data internet berpengaruh dalam proses lancarnya menonton video secara online.

Proses download data video di youtube sering disebut sebagai buffering, semakin besar dan cepat melakukan buffering maka semakin lancar pula tontonan yang anda saksikan. Ketika anda melihat video youtube di progress bar ada warna merah dan juga Putih, yang merah berarti posisi realtime track yang sedang diputar dan yang warna putih adalah file Buffering yang sudah diunduh dan siap untuk dimainkan.

Semakin cepat garis putih di slider youtube terunduh dan berjalan menjauh dari warna merah maka semakin lancar pula nantinya anda menonton youtube. Bahkan ketika garis slider bar warna putih di layar sudah mencapai finish walaupun koneksi internet anda putus sekalipun tetap bisa anda tonton video tersebut karena file buffering yang dipakai tanpa unduhan data lagi.

Tips agar Youtube lancar tidak tersendat di Smartphone

Di bawah ini ada tips mudah agar tontonan video youtube tidak macet-macet ketika dimainkan, yuk disimak tipsnya


1. Periksa Koneksi

Pertama kali cek dahulu sinyal koneksi data internet, apakah bagus atau minim. Kecepatan koneksi internet walaupun sudah di jaringan 3G atau 4G tidak akan maksimal dan menyebabkan macetnya tontonan youtube.

2. Pilih Resolusi

Banyak pengguna aplikasi youtube yang menggunakan settingan default alias otomatis ketika melihat video youtube, padahal tidak semua pemilik smartphone yang mempunyai koneksi data cepat tergantung dari paketan dan jaringan yang digunakan.

Silahkan pilih secara manual resolusi atau kualitas video yang sedang anda mainkan bila merasa tontonan tersendat-sendat, caranya sebagai berikut:

a. Buka aplikasi youtube dan putar salah satu video, kemudian pause dahulu tontonan dan sentuh
    ikon titik 3 di pojok layar

b. Kemudian pilih resolusi video, semakin rendah nilainya semakin cepat proses buffering
    dan semakin lancar



Walau dengan menurunkan resolusi video youtube bisa mereduksi tampilan tidak sejelas resolusi tinggi namun pada umumnya gambar yang dihasilkan masih bagus, toh anda hanya ingin melihatnya tanpa tersendat bukan?

3. Matikan Aplikasi lain

Walaupun sudah menurunkan resolusi tapi tetap macet-macet apa lagi yang harus dilakukan?, cobalah untuk menutup aplikasi yang sedang terbuka. Banyaknya aplikasi yang memerlukan data internet seperti aplikasi facebook, whatsapp, BBM, Instagram dan sebagainya itu bisa membuat asupan data internet terbagi sehingga tidak maksimal untuk melakukan buffering video.

4. Restart Ponsel
Ketika anda tidak tahu aplikasi mana yang masih terbuka atau sudah tertutup dengan sempurna, silahkan reboot ulang ponsel dan tunggu sampai ponsel menyala kembali, jangan membuka aplikasi Sosmed lainnya dahulu, langsung buka saja aplikasi Youtube dan tontonan video akan lebih lancar karena belum ada aplikasi yang terbuka satupun selain youtube.

Bagaimana, sudah siap menonton streaming Youtube tanpa tersendat-sendat?, silahkan di praktekkan sekarang juga, semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips dan Trik Agar Youtube tidak Macet"

Post a Comment