Langkah Menghemat Daya Baterai ASUS

Berikut akan membahas tentang bagaimana melakukan penghematan baterai Zenfone tidak cepat habis, yuk disimak pembahasannya di bawah ini.

Langkah Menghemat Baterai ASUS

1. Kecerahan Layar

Layar juga sebagai salah satu penyebab borosnya baterai di ponsel android pada umumnya, begitu juga penggunaan kecerahan layar di smartphone Zenfone. Kecuali memang ada sebagian pengguna yang membutuhkan cahaya layar ponselnya selalu terang karena ada gangguan pada penglihatan tentunya mengatur kecerahan layar seminimal mungkin akan lain jadinya.

Langkah Menghemat Daya Baterai ASUS

Jadi bila anda pengguna Zenfone yang ingin sekali hemat daya baterai silahkan setel kecerahan layar ASUS seminimal mungkin namun tidak mengurangi produktifitas dalam pemakaian ponsel.

2. Screen TimeOut

Langkah Menghemat Daya Baterai ASUS

Tips kedua agar hemat daya baterai ASUS yaitu dengan meminimalkan jarak mode tidur di ponsel alias sccreen timeout. Contoh Kalkulasinya akan gampang terlihat bila anda sering menggunakan ponsel kemudian tidak menutupnya dengan cara manual yaitu menekan tombol power maka akan terlihat durasi berapa lama anda menyia-nyiakan layar ponesel menyala tanpa anda sentuh, tentu akan boros daya baterai bukan?

Untuk mengubah Screen TimeOut di ASUS Zenfone yaitu masuk ke menu Settings > Display > kemudian pilih Sleep, atur seminimal mungkin yaitu 15 Detik.

3. Nonaktifkan Aplikasi yang berjalan di layer

Langkah Menghemat Daya Baterai ASUS

Banyak pengguna berbagai smartphone yang menutup aplikasi dengan hanya menekan tombol Home, padahal dengan melakukan hal demikian maka aplikasi sebenarnya masih berjalan di background tanpa anda sadari, semakin banyak yang anda buka dan tutup maka aplikasi akan bertumpuk dan selalu berjalan di balik layar yang pada akhirnya akan menguras daya baterai ponsel ASUS Zenfone milik anda.

Untuk menghentikan aplikasi di Zenfone silahkan masuk ke menu Auto-Start Manager, kemudian pilihlah aplikasi yang ingin anda hentikan agar tidak sia-sia menyerap daya baterai.

4. Smart Saving Mode



Di kebanyakan ponsel ASUS Zenfone sudah dibekali dengan mode penghematan daya baterai yang salah satunya adalah Smart-Saving Mode. dimana sebenarnya opsi ini adalah salah satu dari sekian opsi Baterry Modes yang ada seperti mode 'performance', 'Balanced, sampai ultra saving mode.

Di dalam opsi smart saving di ASUS Zenfone anda bisa mereduksi kecerahan layar dan juga memperpanjang fitur siaga agar lebih hemat asupan daya baterai.

Untuk masuk ke mode ini yaitu dengan cara Settings > Power Management> Power Saver >Baterry mode dan kemudian pilih Smart-saving Mode.

5. Fitur Boost

Langkah Menghemat Daya Baterai ASUS

Dengan fitur ini maka ASUS Zenfone bisa dioptimalkan kinerjanya hanya dengan menekan satu tombol saja sehingga akan menghemat borosnya baterai di ponsel. Dengan fitur Boost ini maka secara otomatis RAM akan menjadi lega dan aplikasi yang tidak sedang dijalankan juga akan dihentikan sehingga akan berimbas pada pemakaian arus baterai.

6. Mematikan GPS, NFC dan Bluetooth

Ketika tidak sedang anda gunakan, silahkan matikan fitur GPS, Bluetooth dan NFC di ponsel Zenfone agar lebih hemat daya karena semua fitur tersebut selalu menggunakan asupan daya yang tidak kecil ketika aktif dan roaming jaringan.



7. Atur Auto Switch Mode

Jarang sekali pengguna Zenfone yang menggunakan opsi ini, dimana mengaktifkan dan mematikan ponsel secara otomatis dengan jadwal tertentu akan menghemat konsumsi baterai. Bayangkan saja kalau ketika anda tidur dan memang tidak membutuhkan ponsel secara mendesak atau benar-benar penting dibiarkan menyala tentu menyia-nyiakan konsumsi baterai

Untuk mengatur mode ini silahkan masuk ke Settings>Power management > Power Saver > kemudian Auto-Switch mode, dimana sebelumnya anda setting start time (waktu hidup) ponsel serta End time-nya sehingga nantinya ponsel Zenfone akan mati dan hidup secara otomatis tanpa tindakan menekan tombol power.

Semoga tips menghemat daya baterai ASUS zenfone all varian diatas bermanfaat untuk pembaca Dunia android semua, terima kasih.

0 Response to "Langkah Menghemat Daya Baterai ASUS"

Post a Comment