Fungsi dan Manfaat dari Internet of Things

Sebelum kita bahas manfaat IoT, kita harus mengetahui 
lebih dahulu sekilas tentang IoT

http://imronkom.blogspot.co.id/search/label/Teknik%20Komputer%20dan%20Jaringan

Internet of Things yang biasa disebut IoT merupakan sebuah istilah yang akhir-akhri ini mulai ramai ditemui namun menurut saya masih banyak yang belum mengerti arti dari istilah ini. menurut pendapat saya, hingga saat ini belum ada definisi standar mengenai Internet of Things, namun seklias Internet of Things bisa katakan sebagai sesuatu di mana benda-benda di sekitar kita dapat berkomunikasi antara satu sama lain melalui sebuah jaringan seperti internet.

http://imronkom.blogspot.co.id/search/label/Teknik%20Komputer%20dan%20Jaringan

Beberapa manfaatnya antara lain:

1. Traffic & Transport System
Banyak yang sudah tahu bahwa setiap lampu merah di jalan raya memiliki cctv terkoneksi secara real-time ke sebuah data center. contohnya NTMC milik Kepolisian RI. tapi bayangkan jika data hasil rekaman cctv bisa diolah secara otomatis oleh sebuah server yang mampu memprediksi traffic di jalan raya termasuk membuat pengalihan jalan otomatis jika terjadi sesuatu, dan memiliki sistem cepat tanggap apabila ada kecelakaan atau tindak kejahatan yang terjadi.  Hal tersebut memudahkan pihak-pihak terkait agar lebih mudah untuk menjangkaunya.


2. School System
Sudah banyak sekali sekolah sekolah yang menerapkan e-learning untuk siswanya. namun untuk era digital seperti ini hal tersebut tidak akan cukup untuk meningkatkan produktifitas siswa dan guru nya. coba bayangkan, penjadwalan otomatis mata pelajaran disekolah, sistem akademik yang terkoneksi ke jaringan sehingga laporan hasil belajar siswa dapat dilihat dari rumah dengan mobile device. bahkan IoT di bidang pendidikan dapat membantu siswa mengurangi beban bawaanya dengan hanya membawa device yang mampu untuk mencukupi modul pelajaran.


3. Health System
Di bidang kesehatan, IoT mampu untuk menghubungkan dokter dan pasien untuk berkonsultasi dari jarak yang jauh. disisi lain, sudah banyak wearable device seperti smart watch yang mampu mebaca detak jantung si pengguna sepanjang aktivitas si pengguna tersebut. Bahkan jam pintar tersebut bisa melaporkan rekam medis seperti detak jantung dan kadar gula ke sebuah data center yang kemudian di olah dan bisa memberikan saran-saran tertentu untuk pengguna  agar bisa lebih menjaga kesehatanya.

itu adalah 3 dari banyak manfaat IoT yang bisa saya bahas. masih ada banyak lagi seperti manufacturing system, security system yang tentunya menghubungkan perangkat si pengguna untuk membantu bahkan memberikan respon balik dari data yang dikirim dari device si pengguna.

Kesimpulanya, IoT sudah jelas memiliki banyak manfaat yang dapat membantu dan memudahkan kehidupan manusia. untuk itu mari kita dukung Internet of Think agar indonesia bisa lebih tertib secara sistem dan damai.


Sumber: http://arifwidiyatmiko.blogspot.co.id/2015/09/manfaat-internet-of-things.html

0 Response to "Fungsi dan Manfaat dari Internet of Things"

Post a Comment