Cara Memaksimalkan Android untuk Pembelajaran

Android sangat menunjang pembelajaran dengan berbagai fitur yang telah disediakan. Semua fitur-fitur yang tersedia sangat bermanfaat untuk membantu siswa memahami materi pembelajaran, sehingga guru tidak perlu menjelaskan secara berulang-ulang siswa dapat lebih mudah memahami materi pembelajaran melalui media. 
 
Selain itu siswa cenderung lebih suka belajar dengan media dibanding hanya dengan mendengarkan penjelasan dari guru, siswa akan lebih sulit dalam memahami apa yang disampaikan. 
 
Guru harus dapat memilih jenis media atau fitur-fitur yang akan digunakan dalam pembelajaran agar proses belajar mengajar dapat maksimal. Untuk dapat maksimal dalam menggunakan Android sebagai media pembelajaran kita harus mengetahui terlebih dahulu beberapa hal yaitu :

Aplikasi apa yang akan digunakan
Tanpa mengetahui aplikasi apa yang akan kita gunakan kita tidak akan maksimal dalam penggunaannya. Oleh karena itu sebelumnya kita harus mengetahui aplikasi apa yang akan digunakan, apakah sesuai dengan materi yang kan disampaikan atau tidak sehingga penggunaan aplikasi dapat maksimal.

Kegunaan dari aplikasi yang digunakan
Kita jelas harus mengetahui apa kegunaan aplikasi yang kita gunakan sehingga kita dapat menggunakannya dengan maksimal. Jika kita tidak mengetahui kegunaan dari aplikasi yang akan kita gunakan kita hanya akan menemui kebingungan dan berakibat rancu dalam pembelajaran. 
 
Tujuan yang seharusnya dapat dicapai dengan mudah tetapi karena kita tidak mengetahui kegunaan aplikasi yang kita gunakan akhirnya tujuan tidak tercapai dan hanya membuang waktu sia-sia.

Cara mengoperasikan aplikasi yang akan digunakan
Jika kita akan menggunakan suatu media hal yang paling penting yaitu mengetahui bagaimana cara mengoperasikan media yang akan digunakan. Dapat kita bayangkan jika kita tidak mengetahui bagaimana cara mengoperasikan sebuah media yang akan digunakan dalam pembelajaran, mungkin bisa saja guru akan ditertawakan oleh muridnya. 
 
Sebuah materi pelajaran yang seharusnya dapat lebih mudah dipahami jika disampaikan melalui media akan sangat sulit dipahami siswa jikalau sang guru tidak menguasai cara bagaimana menggunakan media atau aplikasi yang digunakan. Oleh karena itu kita harus mengetahui cara menggunakan aplikasi yang akan digunakan sehingga penggunaan media dapat efisien dan efektif.

Kelebihan dan kekurangan aplikasi yang digunakan
Kelebihan dan kekurangan aplikasi yang digunakan wajib diketahui bagi orang yang akan menggunakan aplikasi untuk oembelajaran agar pembelajaran efektif dan dapat mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan dari aplikasi yang digunakan.

Mudah atau tidaknya aplikasi yang akan digunakan
Media pembelajaran yang baik yaitu media yang dapat dengan mudah dioperasikan sehingga guru tidak merasa kebingungan dan tidak membuang waktu banyak. Karena tidak dapat dipungkiri banyak aplikasi atau media pembelajaran yang sulit dioperasikan sehingga guru merasa ribet. 
 
Hal itu akan mengganggu pembelajaran dan tujuan pembelajaran tidak dapat dicapai dengan mudah. Oleh karena itu seorang guru harus mengetahui apakah aplikasi yang akan digunakan mudah dioperasikan atau tidak.

Efektif dan efisien atau tidaknya aplikasi yang digunakan
Guru seharusnya dapat memilih media yang akan membuat pembelajaran efektif dan efisien. Jika pembelajaran efektif dan efisien maka tujuan pembelajaran akan mudah tercapai dan siswa dapat lebih cepat memahami materi yang disampaikan. Jadi sebelum guru menggunakan aplikasi untuk pembelajaran harus mengetahui terlebih dahulu apakah efektif dan efisien media atau aplikasi yang digunakan.

Keenam hal di ataslah yang seharusnya diketahui oleh guru atau pengajar yang hendak menggunakan aplikasi android sebagai media pembelajaran, sehingga penggunaan aplikasi android sebagai media pembelajaran dapat maksimal dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan cepat sesuai yang diinginkan.

0 Response to "Cara Memaksimalkan Android untuk Pembelajaran"

Post a Comment