SOAL UTS SMK

LEMBAR SOAL PEMPROGRAMAN WEB
ULANGAN TENGAH SEMESTER 1 /  PTS

imronkom.blogspot.com


Mapel   : Pemprograman Web
Kelas    :

1. Perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang dirancang 
    manusia kedalam format yang dapat dijalankan computer disebut ….
    A. System Operasi          
    B. Spreadsheet                   
    C. Bahasa Pemrograman
    D. Software Utility           
    E. Word Processing

2. Dalam ekspresi Boolean yang harus diuji adalah nilai ….
    A. True/False*                
    B. Up/Down            
    C. Height/Weight
    D. Right/Left                  
    E. On/Off       

3. Yang bukan merupakan ciri-ciri dari Pseudocode adalah ……..
    A. Bervariabel                
    B. Berfungsi seperti flowchart      
    C. Benar Semua
    D. Bergambar                 
    E. Menjelaskan Algoritma

4.  Nama lain dari flowchart adalah ….
     A.  Algoritma       
     B.  Alur     
     C. Bagan alir*   
     D. Tree          
     E. Diagram

5. Tipe data yang mampu menampung banyak data dengan tipe data yang berbeda-beda adalah 
     tipe data …
     A. Array        
     B. String           
     C. Record*         
     D. Subrange                      
     E. Character

6. Urutan langkah-langkah logis untuk menyelesaikan masalah yang disusun secara sistematis 
    disebut ….
    A. Algoritma*                               
    B. Variabel                           
    C. Konstanta
    D. Flowchart                                
    E. Tipe data   

7. Tentukan manakah nama-nama variabel berikut ini yang benar !
    A. nama.guru                              
    B. 2x Buku                           
    C. Hargabuku
    D. NamaGuru*                            
    E. harga/buku

8. Yang dimaksud dengan konstanta adalah ….
    A. Variabel yang nilainya bersifat tetap dan bisa diubah-ubah*
    B. Variabel yang nilainya bersifat tetap dan tidak bisa diubah-ubah
    C. Nilai dari suatu variabel
    D. Variabel yang selalu membutuhkan masukan/inputan dari user
    E. Variabel yang nilainya kosong
 
9. Jika ingin mengisi nilai pada varibel seperti foto keluarga, maka tipe data yang   
    Digunakan adalah jenis ….
    A. Gambar/image*                    
    B. Record                             
    C. Char
    D.  Array                                     
    E. Boolean                                        

10. Bilangan genap adalah bilangan yang jika dibagi dua, sisanya …..
      A. 4                    
      B. 3                  
      C. 2                 
      D. 1                 
      E. 0*                      

11. Penulisan algoritma yang menggunakan sintaks (cara penulisan) yang 
      menyerupai bahasa pemrograman disebut …..
      A. Flowchart                              
      B. Data flow                         
      C. Coding
      D. Pseudocode*                        
      E. Aplikasi                 

12. Bilangan ganjil adalah bilangan yang jika dibagi dua, sisanya .….
      A. 0                    
      B. 1*                
      C. 2                 
      D. 3                 
      E.  4                        

13. Variabel yang nilai bersifat berubah-ubah, dapat di isi dan dikosongkanadalah ….
      A. Algoritma        
      B. Konstanta       
      C. Variabel*       
      D. String      
      E. Boolean

14.Variabel logika yang berhubungan dengan operator OR, AND, dan NOT
      merupakan variabel dengan tipe data ….
      A. Array              
      B. Numerik         
      C. String         
      D. Boolean*          
      E. Algoritma

15.Tipe data yang memungkinkan sebuah variabel mengandung banyak nilai dalam satu waktu 
     dan bersifat homogen adalah ..…
     A. Algoritma      
     B. Konstanta         
     C. Array*         
     D. String          
     E. Boolean

16. Yang menunjukkan awal dan akhir pada sebuah flowchart, adalah .....
      A. Data Flow      
      B. Data      
      C. Terminator*      
      D. Decision        
      E. Process       

17. Merupakan algoritma yang dinyatakan dalam diagram dengan bentuk-bentuk  
      tertentu, adalah pengertian dari .....
      A. Algoritma                               
      B. Pseudocode                
      C Konstanta
      D. Array                                      
      E. Flowchart*

18. Berfungsi untuk memberi nilai awal, nilai akhir, penambahan/pengurangan suatu
      variabel counter, adalah .....
      A. Terminator                            
      B. Process             
      C. Preparation*                         
      D. Decision                                
      E. Arrows

19. Bentuk belah ketupat pada diagram flowchart diberi nama .....
      A. Data Store                             
      B. Connector                                  
      C.Decision*
      D. Process                                 
      E. Terminator

20. Merupakan tempat menampung dan menyimpan satu atau lebih nilai, adalah
      pengertian dari …..
      A. Variabel*       
      B. Konstanta      
      C. Numerik         
      D. String       
      E.Boolean
                       
21. Merupakan tipe data yang biasa di proses dalam perhitungan matematika, 
      adalah pengertian …..
      A. Variabel         
      B. Konstanta      
      C. Numerik         
      D. String       
      E.Boolean

22. Dibawah ini aturan-aturan dalam penulisan variabel, kecuali …..
      A. Nama variabel tidak boleh menggunakan kata-kata kunci
      B. Nama variabel tidak boleh mengandung karakter-karakter khusus
      C. Nama variabel harus diawali dengan angka*
      D. Nama variabel harus diawali dengan huruf
      E. Tidak boleh menggunakan spasi

23.  Tipe data yang cocok untuk menjelaskan data nama_siswa adalah menggunakan tipe data ….
       A. Numeric                                
       B. Date time                         
       C. Integer
       D. Varchar*                                
       E. Array

24.Tipe data yang cocok untuk menjelaskan data tanggal lahir adalah  menggunakan tipe data …..
     A. Numeric                                
     B. Date time*                        
     C. Integer
     D. Varchar                                 
     E. Array

25. Algoritma harus dapat dijangkau oleh akal fikiran kita. Hal ini menyatakan bahwa 
     algoritma harus mamiliki sifat ...
     A. Cepat                                     
     B. Rumit                               
     C. Logis*
     D. Berurutan                             
     E. Realistis

26. Lengkapilah pernyataan algoritma berikut, ……. > Program > Komputer > Solusi / hasil.
      A. Input*                                     
      B. File                                   
      C. Database                                                                                       
      D. Masalah                                
      E. Proses

27. Sintaks yang digunakan untuk mengakhiri program adalah…
      A. Print                                       
      B. End*                                 
      C. Start
      D. Writeln                                  
      E. Readln

28. Sintaks yang digunakan untuk menuliskan program adalah…
      A. Print                                        C. End                                    E. Start
      B. Writeln*                                  D. Readln

29. Jenis data yang dapat digunakan, oleh komputer untuk memenuhi kebutuhan dalam 
      membuat program komputer disebut…
      A. Linier                                     
      B. Output                              
      C. Serial
      D. Tipe Data*                            
      E. Universal

30. Sebutkan tipe data yang digunakan untuk menyimpan nilai berupa karakter/ huruf disebut 
      tipe data...
      A. Boolean                                
      B. Date Time                        
      C. Numerik
      D. Array                                      
      E. String / Char*

31. Const Phi = 3.14 adalah contoh untuk penggunaan …
      A. Konstanta*                           
      B. Flowchart                        
      C. Long Int
      D. Variabel                                
      E. Integer

32. Dibawah ini beberapa struktur dasar algoritma antara lain …..
      A. Urutan, Pilihan, Pengulangan              
      B. Pemulihan,Urutan, Pemograman         
      C. Perbaikan, Pemulihan, Pengaturan     
      D Perbaikan, Pemilihan, Pengulangan
      E. Urutan, Pemulihan, Pengulangan

33. Di bawah ini yang termasuk struktur dasar algoritma antara lain …….
      A. Pengulangan            
      B. Pemulihan          
      C. Pengaturan
      D. Perbaikan                  
      E. Pemograman 

34. Symbol yang digunakan untuk menghubungkan antara symbol yang satu dengan yang
       lain  adalah Symbol…….
       A. Terminator              
       B. Flow Direction       
       C. Input-output       
       D. Display                    
       E. Processing        

35. Symbol untuk permulaan (start) atau akhir (stop) adalah Symbol ……
      A. Terminator              
      B. Flow Direction       
      C. Input-output       
      D. Display                    
      E. Processing        

36. Symbol yang menunjukkan pengolahan data yang dilakukan oleh komputer adalah Symbol ……
      A. Terminator              
      B. Flow Direction       
      C. Input-output       
      D. Display                    
      E. Processing

37. Symbol input-output yang menyatakan proses input-output adalah Symbol …
      A. Pilihan                    
      B. Urutan                     
      C. Pemograman
      D. Pengulangan        
      E. Pemulihan

38. 5 Urutan proses yang benar dalam Flowchart adalah……..
      A. Head          Input              Proses            Output           End
      B. Input           Loading         Proses            Output           Stop       
      C. Start            Read              Proses            Output          Stop
      D. Start            Read              Proses            Write             Stop
      E. Head            Read              Loading         Write             End

39. operator logika yang menyatakan “atau” dalam lambang berikut ini adalah...
      A. &&
      B. !
      C. || *
      D. =
      E. <>

40. Operator yang digunakan dalam operasi yang melibatkan tiga buah operand adalah...
       A. Operator Unary
       B. Operator Bitwise
       C. Operator Logika
       D. Operator Fungsi
       E. Operator Ternary *

ESSAY
1.Apa perbedaan algoritma dan flowchart ?
2.Sebutkan 3 cara menuliskan algoritma, jelaskan ?
3.Sebutkan aturan dalam pemberian nama variable ?
4.Sebutkan Min. 5 simbol pada flowchart dan sebutkan fungsinya ?

imronkom.blogspot.com

5.Terapkan source code C++ dibawah ini ke dalam aplikasi bahasa C++(masih dengan 
    kelompok yang sama sebelumnya).

imronkom.blogspot.com

Petunjuk :
Semoga bermanfaat dan untuk Jawaban yang bertanda bintang ( * )

0 Response to "SOAL UTS SMK"

Post a Comment