LEMBAR SOAL PEMPROGRAMAN WEB
ULANGAN TENGAH SEMESTER 1 / PTS
Mapel : Pemprograman Web
Kelas :
1. Perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang dirancang
manusia kedalam format yang dapat dijalankan computer disebut ….
A. System Operasi
B. Spreadsheet
C. Bahasa Pemrograman
D. Software Utility
E. Word Processing
2. Dalam ekspresi Boolean yang harus diuji adalah nilai ….
A. True/False*
B. Up/Down
C. Height/Weight
D. Right/Left
E. On/Off
3. Yang bukan merupakan ciri-ciri dari Pseudocode adalah ……..
A. Bervariabel
B. Berfungsi seperti flowchart
C. Benar Semua
D. Bergambar
E. Menjelaskan Algoritma
4. Nama lain dari flowchart adalah ….
A. Algoritma
B. Alur
C. Bagan alir*
D. Tree
E. Diagram
5. Tipe data yang mampu menampung banyak data dengan tipe data yang berbeda-beda adalah
A. System Operasi
B. Spreadsheet
C. Bahasa Pemrograman
D. Software Utility
E. Word Processing
2. Dalam ekspresi Boolean yang harus diuji adalah nilai ….
A. True/False*
B. Up/Down
C. Height/Weight
D. Right/Left
E. On/Off
3. Yang bukan merupakan ciri-ciri dari Pseudocode adalah ……..
A. Bervariabel
B. Berfungsi seperti flowchart
C. Benar Semua
D. Bergambar
E. Menjelaskan Algoritma
4. Nama lain dari flowchart adalah ….
A. Algoritma
B. Alur
C. Bagan alir*
D. Tree
E. Diagram
5. Tipe data yang mampu menampung banyak data dengan tipe data yang berbeda-beda adalah
tipe data …
A. Array
B. String
C. Record*
D. Subrange
E. Character
6. Urutan langkah-langkah logis untuk menyelesaikan masalah yang disusun secara sistematis
A. Array
B. String
C. Record*
D. Subrange
E. Character
6. Urutan langkah-langkah logis untuk menyelesaikan masalah yang disusun secara sistematis
disebut ….
A. Algoritma*
B. Variabel
C. Konstanta
D. Flowchart
E. Tipe data
7. Tentukan manakah nama-nama variabel berikut ini yang benar !
A. nama.guru
B. 2x Buku
C. Hargabuku
D. NamaGuru*
E. harga/buku
8. Yang dimaksud dengan konstanta adalah ….
A. Variabel yang nilainya bersifat tetap dan bisa diubah-ubah*
B. Variabel yang nilainya bersifat tetap dan tidak bisa diubah-ubah
C. Nilai dari suatu variabel
D. Variabel yang selalu membutuhkan masukan/inputan dari user
E. Variabel yang nilainya kosong
9. Jika ingin mengisi nilai pada varibel seperti foto keluarga, maka tipe data yang
Digunakan adalah jenis ….
A. Gambar/image*
B. Record
C. Char
D. Array
E. Boolean
10. Bilangan genap adalah bilangan yang jika dibagi dua, sisanya …..
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1
E. 0*
11. Penulisan algoritma yang menggunakan sintaks (cara penulisan) yang
menyerupai bahasa pemrograman disebut …..
A. Flowchart
B. Data flow
C. Coding
D. Pseudocode*
E. Aplikasi
12. Bilangan ganjil adalah bilangan yang jika dibagi dua, sisanya .….
A. 0
B. 1*
C. 2
D. 3
E. 4
13. Variabel yang nilai bersifat berubah-ubah, dapat di isi dan dikosongkanadalah ….
A. Algoritma
B. Konstanta
C. Variabel*
D. String
E. Boolean
14.Variabel logika yang berhubungan dengan operator OR, AND, dan NOT
merupakan variabel dengan tipe data ….
A. Array
B. Numerik
C. String
D. Boolean*
E. Algoritma
15.Tipe data yang memungkinkan sebuah variabel mengandung banyak nilai dalam satu waktu
A. Algoritma*
B. Variabel
C. Konstanta
D. Flowchart
E. Tipe data
7. Tentukan manakah nama-nama variabel berikut ini yang benar !
A. nama.guru
B. 2x Buku
C. Hargabuku
D. NamaGuru*
E. harga/buku
8. Yang dimaksud dengan konstanta adalah ….
A. Variabel yang nilainya bersifat tetap dan bisa diubah-ubah*
B. Variabel yang nilainya bersifat tetap dan tidak bisa diubah-ubah
C. Nilai dari suatu variabel
D. Variabel yang selalu membutuhkan masukan/inputan dari user
E. Variabel yang nilainya kosong
9. Jika ingin mengisi nilai pada varibel seperti foto keluarga, maka tipe data yang
Digunakan adalah jenis ….
A. Gambar/image*
B. Record
C. Char
D. Array
E. Boolean
10. Bilangan genap adalah bilangan yang jika dibagi dua, sisanya …..
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1
E. 0*
11. Penulisan algoritma yang menggunakan sintaks (cara penulisan) yang
menyerupai bahasa pemrograman disebut …..
A. Flowchart
B. Data flow
C. Coding
D. Pseudocode*
E. Aplikasi
12. Bilangan ganjil adalah bilangan yang jika dibagi dua, sisanya .….
A. 0
B. 1*
C. 2
D. 3
E. 4
13. Variabel yang nilai bersifat berubah-ubah, dapat di isi dan dikosongkanadalah ….
A. Algoritma
B. Konstanta
C. Variabel*
D. String
E. Boolean
14.Variabel logika yang berhubungan dengan operator OR, AND, dan NOT
merupakan variabel dengan tipe data ….
A. Array
B. Numerik
C. String
D. Boolean*
E. Algoritma
15.Tipe data yang memungkinkan sebuah variabel mengandung banyak nilai dalam satu waktu
dan bersifat homogen adalah ..…
A. Algoritma
B. Konstanta
C. Array*
D. String
E. Boolean
16. Yang menunjukkan awal dan akhir pada sebuah flowchart, adalah .....
A. Data Flow
B. Data
C. Terminator*
D. Decision
E. Process
17. Merupakan algoritma yang dinyatakan dalam diagram dengan bentuk-bentuk
tertentu, adalah pengertian dari .....
A. Algoritma
B. Pseudocode
C Konstanta
D. Array
E. Flowchart*
18. Berfungsi untuk memberi nilai awal, nilai akhir, penambahan/pengurangan suatu
variabel counter, adalah .....
A. Terminator
B. Process
C. Preparation*
D. Decision
E. Arrows
19. Bentuk belah ketupat pada diagram flowchart diberi nama .....
A. Data Store
B. Connector
C.Decision*
D. Process
E. Terminator
20. Merupakan tempat menampung dan menyimpan satu atau lebih nilai, adalah
pengertian dari …..
A. Variabel*
B. Konstanta
C. Numerik
D. String
E.Boolean
21. Merupakan tipe data yang biasa di proses dalam perhitungan matematika,
adalah pengertian …..
A. Variabel
B. Konstanta
C. Numerik
D. String
E.Boolean
22. Dibawah ini aturan-aturan dalam penulisan variabel, kecuali …..
A. Nama variabel tidak boleh menggunakan kata-kata kunci
B. Nama variabel tidak boleh mengandung karakter-karakter khusus
C. Nama variabel harus diawali dengan angka*
D. Nama variabel harus diawali dengan huruf
E. Tidak boleh menggunakan spasi
23. Tipe data yang cocok untuk menjelaskan data nama_siswa adalah menggunakan tipe data ….
A. Numeric
B. Date time
C. Integer
D. Varchar*
E. Array
24.Tipe data yang cocok untuk menjelaskan data tanggal lahir adalah menggunakan tipe data …..
A. Numeric
B. Date time*
C. Integer
D. Varchar
E. Array
25. Algoritma harus dapat dijangkau oleh akal fikiran kita. Hal ini menyatakan bahwa
A. Algoritma
B. Konstanta
C. Array*
D. String
E. Boolean
16. Yang menunjukkan awal dan akhir pada sebuah flowchart, adalah .....
A. Data Flow
B. Data
C. Terminator*
D. Decision
E. Process
17. Merupakan algoritma yang dinyatakan dalam diagram dengan bentuk-bentuk
tertentu, adalah pengertian dari .....
A. Algoritma
B. Pseudocode
C Konstanta
D. Array
E. Flowchart*
18. Berfungsi untuk memberi nilai awal, nilai akhir, penambahan/pengurangan suatu
variabel counter, adalah .....
A. Terminator
B. Process
C. Preparation*
D. Decision
E. Arrows
19. Bentuk belah ketupat pada diagram flowchart diberi nama .....
A. Data Store
B. Connector
C.Decision*
D. Process
E. Terminator
20. Merupakan tempat menampung dan menyimpan satu atau lebih nilai, adalah
pengertian dari …..
A. Variabel*
B. Konstanta
C. Numerik
D. String
E.Boolean
21. Merupakan tipe data yang biasa di proses dalam perhitungan matematika,
adalah pengertian …..
A. Variabel
B. Konstanta
C. Numerik
D. String
E.Boolean
22. Dibawah ini aturan-aturan dalam penulisan variabel, kecuali …..
A. Nama variabel tidak boleh menggunakan kata-kata kunci
B. Nama variabel tidak boleh mengandung karakter-karakter khusus
C. Nama variabel harus diawali dengan angka*
D. Nama variabel harus diawali dengan huruf
E. Tidak boleh menggunakan spasi
23. Tipe data yang cocok untuk menjelaskan data nama_siswa adalah menggunakan tipe data ….
A. Numeric
B. Date time
C. Integer
D. Varchar*
E. Array
24.Tipe data yang cocok untuk menjelaskan data tanggal lahir adalah menggunakan tipe data …..
A. Numeric
B. Date time*
C. Integer
D. Varchar
E. Array
25. Algoritma harus dapat dijangkau oleh akal fikiran kita. Hal ini menyatakan bahwa
algoritma harus mamiliki sifat ...
A. Cepat
B. Rumit
C. Logis*
D. Berurutan
E. Realistis
26. Lengkapilah pernyataan algoritma berikut, ……. > Program > Komputer > Solusi / hasil.
A. Input*
B. File
C. Database
D. Masalah
E. Proses
27. Sintaks yang digunakan untuk mengakhiri program adalah…
A. Print
B. End*
C. Start
D. Writeln
E. Readln
28. Sintaks yang digunakan untuk menuliskan program adalah…
A. Print C. End E. Start
B. Writeln* D. Readln
29. Jenis data yang dapat digunakan, oleh komputer untuk memenuhi kebutuhan dalam
A. Cepat
B. Rumit
C. Logis*
D. Berurutan
E. Realistis
26. Lengkapilah pernyataan algoritma berikut, ……. > Program > Komputer > Solusi / hasil.
A. Input*
B. File
C. Database
D. Masalah
E. Proses
27. Sintaks yang digunakan untuk mengakhiri program adalah…
A. Print
B. End*
C. Start
D. Writeln
E. Readln
28. Sintaks yang digunakan untuk menuliskan program adalah…
A. Print C. End E. Start
B. Writeln* D. Readln
29. Jenis data yang dapat digunakan, oleh komputer untuk memenuhi kebutuhan dalam
membuat program komputer disebut…
A. Linier
B. Output
C. Serial
D. Tipe Data*
E. Universal
30. Sebutkan tipe data yang digunakan untuk menyimpan nilai berupa karakter/ huruf disebut
A. Linier
B. Output
C. Serial
D. Tipe Data*
E. Universal
30. Sebutkan tipe data yang digunakan untuk menyimpan nilai berupa karakter/ huruf disebut
tipe data...
A. Boolean
B. Date Time
C. Numerik
D. Array
E. String / Char*
31. Const Phi = 3.14 adalah contoh untuk penggunaan …
A. Konstanta*
B. Flowchart
C. Long Int
D. Variabel
E. Integer
32. Dibawah ini beberapa struktur dasar algoritma antara lain …..
A. Urutan, Pilihan, Pengulangan
B. Pemulihan,Urutan, Pemograman
C. Perbaikan, Pemulihan, Pengaturan
D Perbaikan, Pemilihan, Pengulangan
E. Urutan, Pemulihan, Pengulangan
33. Di bawah ini yang termasuk struktur dasar algoritma antara lain …….
A. Pengulangan
B. Pemulihan
C. Pengaturan
D. Perbaikan
E. Pemograman
34. Symbol yang digunakan untuk menghubungkan antara symbol yang satu dengan yang
lain adalah Symbol…….
A. Terminator
B. Flow Direction
C. Input-output
D. Display
E. Processing
35. Symbol untuk permulaan (start) atau akhir (stop) adalah Symbol ……
A. Terminator
B. Flow Direction
C. Input-output
D. Display
E. Processing
36. Symbol yang menunjukkan pengolahan data yang dilakukan oleh komputer adalah Symbol ……
A. Terminator
B. Flow Direction
C. Input-output
D. Display
E. Processing
37. Symbol input-output yang menyatakan proses input-output adalah Symbol …
A. Pilihan
B. Urutan
C. Pemograman
D. Pengulangan
E. Pemulihan
38. 5 Urutan proses yang benar dalam Flowchart adalah……..
A. Head Input Proses Output End
B. Input Loading Proses Output Stop
C. Start Read Proses Output Stop
D. Start Read Proses Write Stop
E. Head Read Loading Write End
A. Boolean
B. Date Time
C. Numerik
D. Array
E. String / Char*
31. Const Phi = 3.14 adalah contoh untuk penggunaan …
A. Konstanta*
B. Flowchart
C. Long Int
D. Variabel
E. Integer
32. Dibawah ini beberapa struktur dasar algoritma antara lain …..
A. Urutan, Pilihan, Pengulangan
B. Pemulihan,Urutan, Pemograman
C. Perbaikan, Pemulihan, Pengaturan
D Perbaikan, Pemilihan, Pengulangan
E. Urutan, Pemulihan, Pengulangan
33. Di bawah ini yang termasuk struktur dasar algoritma antara lain …….
A. Pengulangan
B. Pemulihan
C. Pengaturan
D. Perbaikan
E. Pemograman
34. Symbol yang digunakan untuk menghubungkan antara symbol yang satu dengan yang
lain adalah Symbol…….
A. Terminator
B. Flow Direction
C. Input-output
D. Display
E. Processing
35. Symbol untuk permulaan (start) atau akhir (stop) adalah Symbol ……
A. Terminator
B. Flow Direction
C. Input-output
D. Display
E. Processing
36. Symbol yang menunjukkan pengolahan data yang dilakukan oleh komputer adalah Symbol ……
A. Terminator
B. Flow Direction
C. Input-output
D. Display
E. Processing
37. Symbol input-output yang menyatakan proses input-output adalah Symbol …
A. Pilihan
B. Urutan
C. Pemograman
D. Pengulangan
E. Pemulihan
38. 5 Urutan proses yang benar dalam Flowchart adalah……..
A. Head Input Proses Output End
B. Input Loading Proses Output Stop
C. Start Read Proses Output Stop
D. Start Read Proses Write Stop
E. Head Read Loading Write End
39. operator logika yang menyatakan “atau” dalam lambang berikut ini adalah...
A. &&
B. !
C. || *
D. =
E. <>
40. Operator yang digunakan dalam operasi yang melibatkan tiga buah operand adalah...
A. Operator Unary
B. Operator Bitwise
C. Operator Logika
D. Operator Fungsi
E. Operator Ternary *
ESSAY
1.Apa perbedaan algoritma dan flowchart ?
2.Sebutkan 3 cara menuliskan algoritma, jelaskan ?
3.Sebutkan aturan dalam pemberian nama variable ?
4.Sebutkan Min. 5 simbol pada flowchart dan sebutkan fungsinya ?
A. &&
B. !
C. || *
D. =
E. <>
40. Operator yang digunakan dalam operasi yang melibatkan tiga buah operand adalah...
A. Operator Unary
B. Operator Bitwise
C. Operator Logika
D. Operator Fungsi
E. Operator Ternary *
ESSAY
1.Apa perbedaan algoritma dan flowchart ?
2.Sebutkan 3 cara menuliskan algoritma, jelaskan ?
3.Sebutkan aturan dalam pemberian nama variable ?
4.Sebutkan Min. 5 simbol pada flowchart dan sebutkan fungsinya ?
5.Terapkan source code C++ dibawah ini ke dalam aplikasi bahasa C++(masih dengan
kelompok yang sama sebelumnya).
Petunjuk :
Semoga bermanfaat dan untuk Jawaban yang bertanda bintang ( * )
0 Response to "SOAL UTS SMK"
Post a Comment