Pengertian Supervisi dan Contoh Format Supervisi SMK

PENGERTIAN SUPERVISI

Supervisi adalah istilah yang akrab kita dengar sehari-hari. Dalam dunia kerja, jabatan supervisi seringkali diartikan sebagai jabatan yang berada di atas karyawan biasa, namun masih lebih rendah daripada jabatan “bos”. Sebenarnya, apa definisi dari supervisi?
 
Pengertian Supervisi dan Contoh Format Supervisi SMK


Kata supervisi dapat didefinisikan menurut beberapa kategori. Secara etimologis, supervisi berasal dari bahasa Inggris supervision. Super berarti di atas, sedangkan vision berarti pengelihatan/ melihat. Jika diartikan secara bebas, maka supervision dapat pula dimaknai sebagai melihat dari atas.

Arti kata supervisi ini tidak bisa dimaknai secara harafiah sebagai kegiatan melihat orang lain dari atas, namun lebih kepada makna mengawasi orang lain yang dilakukan oleh orang yang memiliki jabatan tinggi ke orang yang memiliki jabatan lebih rendah.

Supervisi Kakom :
Supefisi Kakom adalah suatu agenda yang di lakukan oleh ketua kejuruan yang melakukan mengawasan, proses pengawasan, dan penilian terhadap guru untuk mengetahui kemampuan guru tersebut dalam proses mengajar. sehingga kakom dapat melakukan penelitian terhadap guru - guru kejuruan tersebut setelah melakukan supervisi kakom dapat mengetahui kelemahan antara guru satu dengan guru yang lain sehingga dapat memberikan solusi mengajar yang baik dan benar.
 
Berikut contoh format supervisi semoga bermanfaat :
 
 
2.Format PKG penilaian
 
3.Format Penilaian Pengamatan   

  
Semoga format - format supervisi di atas bisa bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

0 Response to "Pengertian Supervisi dan Contoh Format Supervisi SMK "

Post a Comment