KONFIGURASI EKSTENSI DAN DIAL PLAN PADA SERVER SOFTSWITCH

Pengertian Ekstensi Dan Dial Plan Pada Server VOIP
10. KONFIGURASI EKSTENSI DAN DIAL PLAN PADA SERVER SOFTSWITCH
Berbeda dengan PABX (Private Automatic Branch eXchange) tradisional, dimana extension biasanya berasosiasi dengan telepon, interface atau menu. Pada Asterisk, extension didefinisikan sebagai sekumpulan perintah untuk dijalankan. 
Perintah-perintah ini biasanya dijalankan berdasarkan urutan dari tingkat prioritasnya. Beberapa perintah, seperti Dial atau Gotolf, mempunyai kemampuan untuk berjalan ke perintah lain berdasarkan kondisi tertentu. Pada saat extension di dial, perintah yang diberi tanda 1 akan dijalankan, diikuti dengan perintah nomor 2 dan seterusnya sampai telepon diletakkan atau hang up.
 Dalam sintax yang digunakan di file extension, priority, commad (parameter). Kesimpulannya, sebuah context mempunyai nama, seperti "John". Setiap context, kita dapat mendefinisikan satu atau lebih extension. Setiap extension, kita dapat mendefinisikan sekumpulan perintah.
Konfigurasi Ekstensi Dan Dial Plan Pada Server Softswitch

Konfigurasi Ekstensi Server Softswitch
  1. Konfigurasi Data Account Umum [general] --> context umum, harus ada context=default --> nama context user port=5060 --> default port untuk SIP binaddr=0.0.0.0 --> listen semua ip_addr yang request srvlookup=yes tos=0x18 videosupport=yes
  2. Konfigurasi Data Account User / Extensions ;softphone --> nama atau nomor account [101] (user/extensions) type=friend --> tipe account username=101 --> login account secret=101 --> password account host=dynamic --> host yang menjadi IP PBX, dapat berubah nat=no --> tanpa NAT dtmfmode=rfc2833 --> RTP Payload for DTMF Digits, Telephony Tones and Telephony Signals allow=all --> mode codec, bisa semua jenis codec callerid="sip00" --> id client context=voipkn --> context jaringan user canreinvite=no --> mekanisme canreinvite mailbox=101@voipkn --> username@context

Konfigurasi Dial Plan Server Softswitch
Untuk mengkonfigurasikan dial plan, edit file extensions.conf dengan mengetik nano /etc/asterisk/extensions.conf. Pastikan bahwa seluruh perintah pada file ini sudah di non aktifkan. Ketik perintah dibawah ini pada bagian paling akhir dari isi file extensions.conf. Dial antar ekstensi pada IP-PBX [voipkn] seluruh dial plan dibawah ini hanya berlaku bagi context "voipkn".
  • exten =>101,1,Dial(SIP/101,20) --> Dial ext 101 dengan protokol SIP, time out 20 detik
  • exten =>101,2,Hangup --> setelah timeout dilakukan hangup exten =>102,1,Dial(SIP/102,20) exten =>102,2Hangup
sumber;
Kementerian Pendidikan & Kebudayaan
https://hayyirosyida.files.wordpress.com/2015/02/4-asterisk.pdf
http://pecandukreativitas.blogspot.co.id/2015/05/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html

0 Response to "KONFIGURASI EKSTENSI DAN DIAL PLAN PADA SERVER SOFTSWITCH"

Post a Comment