Materi komunikasi data KI-KD 1 Memahami Ragam Aplikasi Komunikasi Data

Materi komunikasi data KI-KD 1 Memahami ragam aplikasikomunikasi data

Aplikasi system komunikasi data adalah media yang berfungsi untuk mentransmisikan data dari satu komputer kekomputer yang lain.
Contoh aplikasi system komunikasi data di antaranya :
•Surat Elektronik (e -mail)
Email adalah aplikasi yang memungkinkan para pengguna internet saling berkirim pesan melaui elektronik di internet.

Cara kerja :
Menulis surat ---> E –mail client pengirim ---> SMTP e-mail server pengirim ---> ISP/Internet ---> e-mail server penerima ---> E –mail client penerima --->Membaca surat

•Bank Teller Terminal (ATM)
ATM(Automatic Teller Machine) merupakan singkatan bagi ajungan tunai mandiri, adalah sebuah alat elektronik yang mengijinkan nasabah bank untuk mengambil dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang “Teller” manusia.

Cara Kerja :
Masukan ID Card keMesin ATM --->Mesin ATM membaca ID Card

•Credit checking System
Kartu kredit adalah suatu bagian penyelesaian transaksi ritel berupa kartu yang terbuat dari plastik sebagai bentuk pengganti uang cash. Penerbit Kartu Kredit (Bank) merupakan penjamin dari tarnsaksi yang dilakukan oleh pembeli dan penjual.

Cara Kerja :
Kartu kredit yng anda serahkan ke kasir akan di proses dengan cara dimasukkan kedalam mesin EDC (Elektronic Data Capture) yang telah dilengkapi pembaca chip. Kartu akan di proses secara enkripsi sebelum melakukan verifikasi kepada penerbit kartu kredit melalui jaringan online.

Setelah prosedur verifikasi selesai, mesin EDC yang telah dilengkapi pemmbaca chip akan mengeluarkan struk bukti tramsaksi yang harus ditandatangani oleh pemegang kartu yang melakukan transaksi.

•Hotel Reservation System
Hotel Reservation System yang berarti sistem informasi reserfasi perhotelan merupakan salah satu bentuk pelayanaan publik yang menawarkan suatu jasa dalam hal pendataan administrasi pada reserfasi perhotelan yang sangat memerlukan ketepatan mekanisme dan penataan yang terorganisis agar data dapat terkemas dan terjaga keamananya dengan baik dalam bentuk database.

•Traffic Conrtol Sistem
Auto Traffic Contol System (ATCS) atau sistem kendali lalulintas kendaraan adalah pengendalian lalu lintas denagn menyelaraskan waktu lampu merah pada jaringan jalan raya dari sebuah kota. Pengaturan lalu lintas melalui sistem ini memerlukan para meter jumlah kendaraan dan waktu tempuh kendaraan.

•Police Emergency Sistem
Host Server yang terdiri dari modul komunikasi nirkabel,sebuah sistem,database,dan sebuah microprosesor.Host server yg menerima sinyal dari kartu maknetis dan sumber sinyal,lalu polisi emergency sistem polisi-warga menerima sinyal dari server tersebut dan menghubungkan dengan polisi.bagi polisi untuk pergi ketempat kejadian dalam waktu darurat,maka digunakan alat identifikasi kartu magnetis yang digunakan sebagai identifikasi pengguna.
Ketika ada peristiwa darurat terjadi, pengguna menekan tombol darurat dan tombol konfirmasi bersamaan untuk menghasilkan sinyal dan sinyal yang akan diteruskan ke host server melalui modul komunikasi nirkabel. Komunikasi nirkabel kemodul server menerima sinyal yang berasal dari kartu magnetis dan mengirimkan sinyal ke microprossesor.
Lalu proses membandingkan data dalam database untuk menilai apakah sumber sinyal sesuai dengan data dalam database. Jika benar, maka sinyal disambungkan oleh host server ke polisi segera agar polisi bisa tiba di tempat kejadian perkara.

Cara Kerja :
  1. Police Emergency System dengan alat identifikasi kartu magnetik mencapai ID identifikasi melalui cara memnbaca bar-code oleh bar-code scanner.
  2. Police Emergency System dengan alat identifikasi kartu magnetik mencapai ID identifikasi Melalui cara membaca kode bar dengan bar-code scanner yang merupakan bar elektronik.
  3. Police Emergency System dengan alat identifikasi kartu magnetik mencapai ID identifikasi Melalui cara membaca kode bar dengan bar-code scanner yang kartu sirkuit terpadu (IC) kartu.
  4. Police Emergency System dengan jalan transmisi frekuensi radio (RF) intuk pengiriman modul komunikasi nirkabel dari kartu maknetik dan host server.
  5. Police Emergency System denagn jalan transmisi pengiriman bluetooth untuk komunikasi nirkabel modul dari katu magnetik dan host server.
  6. Police Emergency System dengan rangkainan kontrol kata kartu magntik terdiri dari tombol darurat dan sebuah tombol konfirmasi, kata mana tombol darurat dan mengkonfirmasi tekan tombol adlah alat yang digunakan untuk memicu sinyal untuk rangkaian kontrol dan mengirimmakan sinyal ke host server melalui rangkainan kontrol.
  7. Police Emergency System dengan rangkainan kontrol kata kartu magntik terdiri dari tombol darurat dan sebuah tombol konfirmasi, di mana kata darurat tombol dan tombol mengkonfirmasi film tipis perangkat yang digunakan untuk memicu sinyal kerangkaian kontrol dan menirimkan sinyal ke host server melalui rangkaian kontrol.
  8. Police Emergency System dengan suara-alat cahaya kata kartu magnetik LED yang digunakan untuk menunjukan kondisi daya baterai.
  9. Police Emergency System dengan suara-alat cahaya kata kartu magnetik adalah lebar-sounder yang digunakan untuk membuat kebisingan dan mengingatkan kondisi daya baterai.
  10. Police Emergency System dengan system server host menggunakan mikro prosesor untuk menangkap data di dalam data base dan mengirimkan sinyal kekartu magnetik akan menghasilkan sinyal respons secara otomatis, kata sinyal ditransmisikan ke host server mealalui komunikasi nirakbel modul,kata microprosesor dari server host akan membandingkan sinyal dengan data dalam data base dan mengirimkan data ke sistem absent untuk mengelola kondisi staf yang tidak hadir.
Baca Juga : Jawaban Soal Komunikasi Data di Bawah
•Airline Seat Reservation System
Adalah sistem yang dibuat untuk referensi atau pemesanan tiket maskapai penerbangan. Sistem ini dibuat untuk mempermudah calaon penumpang peawat dalam menentukan kapan jadwal penerbangan pesawat, berapa jumlah tarif yang harus dibayar, dan bahakan fitur yang ada saat ini pun bisa memesan tempat menginap di hotel apabila telah sampai pada tempat yang di tuju.

Media pemesanannya biasanya melalui website dan aplikasi mobile smartphone.

Tugas Mandiri :

Soal essay Komunikasi data kelas XI

1.Sebutkan batas-batas kualitas layanan dalam perangkat softswitch

2.Sebutkan fitur fitur softswitchs

3.Jelaskan Server elastix dari ip-pbx

Kunjungi Jawaban Soal essay Komunikasi data kelas XI

4) Bagaimanakah fungsi firewall pada jaringan Komputer?

5) Bagaimanakah fungsi firewall pada jaringan VoIP

Jawab :
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................




0 Response to "Materi komunikasi data KI-KD 1 Memahami Ragam Aplikasi Komunikasi Data "

Post a Comment