tips cara Mempercepat dan Menghindari LAG HP XIAOMI

Kecenderungan HP Android yang dalam hal ini Xiaomi ketika sekian waktu digunakan bisa tidak responsif lagi, Lelet, sering macet-macet atau istilah umumnya LAG. Yang lebih membuat khawatir yaitu Xiaomi miliknya sudah lemot ditambah sering macet-macet lagi, bikin pusing dan tentu khawatir bukan?


tips cara Mempercepat dan Menghindari LAG HP XIAOMI

Terjadinya LAG di smartphone XIAOMI atau ponsel pintar tipe lain biasanya disertai dengan tanda-tanda semakin tidak responsifnya akses menu atau aplikasi dan juga ketika menjalankan aplikasi maupun game yang dulunya lancar sekarang menjadi tersendat, lama membukanya dan bila sudah demikian maka perlu penanganan, mudah banget kok cara mengatasinya.

Di bawah ini ada beberapa tips untuk menghindari Xiaomi macet (LAG) dan juga untuk mempercepat kinerjanya, yuk disimak.

1. Matikan Xiaomi Untuk menghindari Overheat

Untuk menjaga performa HP Xiaomi agar tetap lancar pertama kali coba biasakan untuk mematikan ponsel barang sementara sampai dingin.

Anda pengguna smartphone Xiaomi juga bisa melakukan proses Shutdown dan jga restart secara otomatis tanpa menggunakan aplikasi hanya berbekal Aplikasi Timer yang ada di Jam android.

Untuk memudahkan proses shutdown dna restart secara otomatis di Xiaomi dan tidak mengganggu aktifitas anda bisa anda setting timer waktunya ketika anda terlelap tidur, jadi waktu anda bangun ponsel sudah dalam kondisi fresh karena sudah reboot secara otomatis.

Baca Juga :tips dan Triks Cara Mudah Menghilangkan Virus Pada Android

2. Membersihkan File Sampah


Bila ponsel Xiaomi terasa Lemot coba bersihkan file-file sampah, Yang bisa anda lakukan yaitu bersihkan file cache.

Membersihkan file cache tidak akan mengganggu sistem malah akan membuat kinerja smartphone lancar.

File cache biasanya tercipta dari berjalannya aplikasi dan memenuhi ruang penyimpanan serta memperberaat kinerja sistem bila terlalu banyak menumpuk.

Untuk membersihkan file sampah di Xiaomi bisa anda lakukan dengan masuk ke app Security kemudian masuk ke cleaner dan bersihkan.

3. Membersihkan Chat History


Hal yang sering luput dari perhatian pengguna android adalah banyaknya file chatting yang menumpuk dan sudah tidak diperlukan lagi.

Baca Juga : Cara Merubah Tampilan Android Menjadi iPhone 5
                   
Berapa banyak history atau riwayat chatting yang ada di HP Xiaomi anda?, itu bisa menjadi penyebab ponsel lemot dan tidak lagi se-responsif dulunya.

Rutinlah melakukan sortir dan men-delete riwayat chatting seperti di kotak masuk whatsapp, BBM dan aplikasi social media Online lainnya. Begitu juga dengan riwayat SMS yang ada, bisa anda hapus yang sudah kadaluarsa agar sistem dan ruang penyimpanan tidak terbebani dengan file tersebut.

4. Pindah / Backup File

tips dan Triks Cara Mudah Menghilangkan Virus Pada Android

Perlu diketahui bahwa smartphone android bisaLemot dan bahkan Hang karena banyaknya file yang ada, apalagi ruang penyimpanan Internal sudah minim dan hanya memiliki beberapa MB saja tentu akan semakin membuat sistem gampang bermasalah.

Coba lakukan backup ke media lain file yang ada di Xiaomi, bisa ke Flashdisk atau komputer. Bahkan kalau anda ingin mudah dan tersinkron secara otomatis proses backupnya bisa menyimpan data ke Mi-Cloud atau ke Google Drive

5. Hapus Aplikasi yang jarang digunakan

Menghapus aplikasi yang jarang anda gunakan bisa mempercepat kinerja sistem dan menghindari LAG di Xiaomi.

Banyaknya aplikasi akan membuat kinerja hardware meningkat walaupun aplikasi tersebut tidak sedang anda buka saat itu.

Apalagi tipe aplikasi yang ada di ponsel Xiaomi anda kebanyakan aplikasi social media yang notabene menggunakan resource data Internet di background, walau tidak dibuka sekalipun tetap ada proses aplikasi yang berjalan tanpa anda ketahui.

Buang atau Uninstall aplikasi yang tidak terpakai atau jarang anda buka agar terhindar dari sistem yang bermasalah.

6. Bersihkan RAM


RAM merupakan perangkat vital untuk smartphone, semakin besar RAM semakin lancar kinerja sistem karena selain prosesor yang bekerja perangkat RAM juga menjadi pendukungnya.

RAM yang sudah terlalu sesak akan membuat lemot kinerja sistyem android, maka selalu rajinlah membersihkan RAM sesudah menjalankan beberapa aplikasi dan ingin membuka aplikasi lain agar lancar tanpa tersndat-sendat (LAG)

Untuk membuat lega ruang RAM bisa dengan menutup aplikasi yang sedang berjalan dan tidak sedang terpakai saat itu, cukup dengan menekan tombol Menu sebelah tombol power maka nantinya akan muncul beberapa aplikasi yang sudah kita buka tadinya, tekan lagi tanda silang (X) untuk menutup semua aplikasi terbuka.

7. Update System

Melakukan Update sistem android bisa menjadi solusi untuk menjadikan sistem XIAOMI stabil.

Update sistem bisa untuk menutup beberapa Bug dan kesalahan yang ada di versi sebelumnya. Jadi tidak adda salahnya kalau terasa ponsel Xiaomi anda lemot atau tidak responsif lagi bisa melakukan update sistem agar lancar kembali.

8. Factory Reset
Cara terakhir, bila sudah anda lakukan berbagai optimasi di HP Xiaomi seperti yang sudah dijelaskan diatas namun tetap tidak membuat permasalahan LAG HP Xiaomi teratasi maka lakukan proses restore atau factory reset.

Semoga artike Dunia Android tentang trik dan tips MIUI 8 yaitu mengatasi LAG dan memperlancar kinerja Xiaomi diatas bermanfaat untuk pembaca semua. Untuk pertanyaan silahkan sampaikan melalui kolom komentar di bawah artikel ini, terima kasih.

0 Response to "tips cara Mempercepat dan Menghindari LAG HP XIAOMI"

Post a Comment