Wireless LAN (WLAN)


Pengertian Wireless LAN
Pengertian Wireless LAN atau kadang disingkat dengan WLAN adalah sebuah sistem komunikasi data yang fleksibel yang dapat diaplikasikan sebagai ekstensi ataupun sebagai alternatif pengganti untuk jaringan LAN kabel. Wireless LAN menggunakan teknologi frekuensi radio, mengirim dan menerima data melalui media udara, dengan meminimalisasi kebutuhan akan sambungan kabel. Dengan begitu, wireless LAN telah dapat mengkombinasikan antara konektivitas data dengan mobilitas user.
Wireless LAN adalah sebuah alternatif dimana untuk alternatif LAN kabel sulit atau tidak mungkin dibangun. Tempat-tempat seperti bangunan tua yang dilindungi atau ruang-ruang kelas. instalasi WLAN juga murah karena  hanya terdiri dari akses poin dan instalasi jaringan Backbone , bagian terakhir dari jaringan yang berada di udara.

Kelebihan Wireless LAN
Wireless LAN, user dapat membagi akses informasi tanpa harus direpotkan dengan kabel ke jaringan, Wireless LAN menawarkan beberapa kelebihan seperti produktivitas, kenyamanan, dan keuntungan dari segi biaya bila dibandingkan dengan jaringan kabel konvensional
1. Mobilitas: kelebihan Sistem wireless LAN karena dapat menyediakan user dengan akses informasi yang real-time, dimana saja dalam suatu organisasi. Mobilitas semacam ini sangat mendukung produktivitas dan peningkatan kualitas pelayanan apabila dibandingkan dengan jaringan LAN kabel
2. Instalasi cepat dan mudah: Instalasi sistem wireless LAN bisa
berlangsung dengan cepat dan sangat mudah mengaplikasikannya dan bisa mengeliminasi kebutuhan penarikan kabel yang rumit
3. Instalasi fleksibel: Teknologi wireless memungkinkan suatu jaringan untuk bisa mencapai tempat-tempat yang tidak dapat dicapai dengan jaringan kabel.
4. Penurunan biaya: Meskipun investasi awal yang dibutuhkan oleh wireless LAN untuk membeli perangkat hardware bisa lebih tinggi daripada biaya yang dibutuhkan oleh perangkat wired LAN hardware, namun bila diperhitungkan secara keseluruhan, instalasi dan biaya perawatan dan pemeliharaannya, maka secara signifikan jauh lebih murah. Dan bila digunakan dalam lingkungan kerja yang dinamis yang sangat membutuhkan seringnya pergerakan dan perubahan yang sering maka keuntungan jangka panjangnya pada jaringan WLAN akan jauh lebih besar bila dibandingkan dengan LAN Kabel.
5. Skalabilitas: Sistem wireless LAN dapat  dikonfigurasikan dalam berbagai tipe topologi untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang beragam. Dapat dengan mudah merubah konfigurasinya Mulai dari jaringan peer-to-peer yang sesuai untuk jumlah pengguna yang kecil sampai kepada infrastruktur yang lebih kompleks yang mampu melayani ribuan user dan memungkinkan roaming dalam wilayah yang luas

AD HOC
Ad Hoc secara bahasa berarti “untuk suatu keperluan atau tujuan tertentu saja“. Dalam pengertian lain, jaringan ad hoc adalah jaringan bersifat sementara tanpa bergantung pada infrastruktur yang ada dan bersifat independen.

Wireless LAN (WLAN)

Ad Hoc Network adalah jaringan wireless yang terdiri dari kumpulan mobile node (mobile station) yang bersifat dinamik dan spontan, dapat diaplikasikan di mana pun tanpa menggunakan jaringan infrastruktur (seluler ataupun PSTN) yang telah ada. Contoh mobile node adalah notebook, PDA dan ponsel. Jaringan ad hoc disebut juga dengan spontaneous network atau disebut MANET (Mobile Ad hoc NETwork).
Contoh Penggunaan/Aplikasi di lapangan :
1. Operasi militer, seperti yang telah diujicobakan kawasan pertempuran di Sudan. Dengan jaringan
    ad hoc, mempermudah untuk akses informasi antar personil militer.
2. Komersial, jaringan ad hoc dapat digunakan pada situasi emergency atau upaya penyelamatan
    (rescue operation), seperti banjir atau gempa bumi dan entertainment seperti acara live music.
3. jaringan yang cepat tersedia dengan menggunakan notebook untuk menyebarkan dan berbagi
    informasi di antara user seperti dalam konferensi atau ruang kuliah.
4. Personal Area Network, untuk jarak pendek (short distance) lebih kurang 10 m, Ad hoc Network secara mudah berkomunikasi antar bermacam peralatan (seperti PDA, laptop dan telepon seluler) dengan laju data yang rendah.

Keuntungan :
1. Tidak memerlukan dukungan backbone infrastruktur sehingga mudah diimplementasikan dan
    sangat berguna ketika infrastruktur tidak ada ataupun tidak berfungsi lagi.
2. Mobile node yang selalu bergerak (mobility) dapat mengakses informasi secara real time
    ketika berhubungan dengan mobile node lain, sehingga pertukaran data dan pengambilan
    keputusan dapat
    segera dilaksanakan.
3. fleksibel terhadap suatu keperluan tertentu karena jaringan ini memang bersifat sementara.
4. Dapat direkonfigurasi dalam beragam topologi baik untuk jumlah user kecil hingga banyak
    sesuai dengan aplikasi dan instalasi (scalability).
Kerugian ( Permasalahan) :
1. packet loss (rugi-rugi paket) akan terjadi bila transmisi mengalami kesalahan (error).
2. seringkali terjadi disconnection, karena tidak selalu berada dalam area cakupan.
3. bandwidth komunikasi yang terbatas
4. lifetime baterai yang singkat.
5. kapasitas kemampuan jangkauan mobile node yang terbatas dan bervariasi.

INFRASTRUCTURE MODE
Pada mode jaringan infrastruktur, perangkat nirkabel menjembatani atau menghubungkan sebuah jaringan nirkabel ke jaringan yang menggunakan media ethernet. Mode ini juga menyediakan central connection point untuk client pada Wireless LAN (WLAN).
Wireless LAN (WLAN)

Sebuah access point (AP) sangat diperlukan dalam Infrastucture mode ini. Untuk menggabungkan WLAN, sebuah acess point dan semua wireless client harus memiliki pengaturan SSID yang sama. AP yang kemudian terkoneksi ke wired network memberi hak akses kepada wireless clients seperti mengakses internet dan printer. AP juga bisa ditambahakan lagi ke WLAN ini untuk meningkatkan jangkauan pada infrastuktur tersebut dan menambahkan lebih banyak wireless clients.
Dibandingkan dengan ad-hoc mode, mode alternative ini memberikan kelebihan seperti jangkauan yang lebih luas, manajemen security dan lebih stabil. Kelemahan dari Infrastucture mode adalah biaya tambahan untuk memperoleh AP hardware.

0 Response to "Wireless LAN (WLAN)"

Post a Comment