Perangkat-Perangkat Pengembangan Aplikasi Web


http://imronkom.blogspot.co.id/



Untuk  perangkat  pengembangan  aplikasi  web  dapat  dikelompokan  menjadi perangkat keras dan perangkat lunak.

A. Perangkat Keras
Untuk lingkungan pengembangan web yang nyaman,  berikut ini  peralatan  yang sebaiknya disediakan:
  1. Komputer  Utama
  2. Memori  tambahan.
  3. Sebuah  monitor  besar. 
  4. Sebuah  scanner  dan  /  atau  kamera  digital.
  5. Sebuah  komputer  kedua.
  6. Perangkat  mobile/smartphone.
B. Perangkat Lunak
Untuk  perangkat  lunak  pengembangan  web  dapat  dikelompokkan  menjadi beberapa, diantaranya : 
1. Web page authoring
Ini  adalah  kelompok  perangkat  lunak  seperti  desktop  publishing  tetapi  format yang dihasilkan adalah halaman web.  Aplikasi ini biasanya bersifat  “WYSIWYG” (What You See Is What You Get, dibaca “whizzy-wig”) yaitu apa yang kamu lihat, itulah  yang  kamu  dapatkan.  Jadi  aplikasi  ini biasanya  ketika  membuat tampilannya seperti yang akan dihasilkan.

Beberapa contoh aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini :
  1. Adobe  Dreamweaver,  aplikasi  ini  berbayar  dan  dibawah  lisensi perusahaan Adobe, aplikasi ini banyak digunakan oleh pengembang web. Memiliki banyak fasilitas dan fiture.
  2. Microsoft Expression Web (lisensi dari Windows). Bagian dari Microsoft’s suite yang merupakan aplikasi perancangan professional. 
  3. Nvu (Linux, Windows, dan Mac OS X). Tidak ingin membayar untuk Editor WYSIWYG? Nvu (diucapkan  N-view,  untuk  "pandangan  baru")  adalah sebuah  aplikasi  open  source (sumber terbuka)  yang  cocok  dengan banyak fitur dalam Adobe Dreamweaver, dan dapat diunduh secara gratis di nvu.com.
2. Editor
Ini  adalah kelompok  perangkat  lunak  yang kebalikan  dari  Adobe  Dreamweaver Microsoft Expression Web. Aplikasi ini tidak lagi “WYSIWYG” (What You See Is What  You  Get”)  tetapi lebih  ke  kode  HTML.  Beberapa  contoh  aplikasi  yang termasuk dalam kelompok ini :

  1. TextPad  (Windows  saja).  TextPad  adalah  plain-text  sederhana  dan murah untuk editor kode di Windows.
  2. Teks  Sublime  (Window,  Mac,  Linux).  Editor  teks  ini  terlihat  dipreteli namun  memiliki banyak fungsi  (seperti  kode  warna  dan  ikhtisar  kode penuh) bagi pengembang web. Coda oleh  Panic (hanya Macintosh). Pengguna Coda seperti alur kerja yang visual, alat-alat manajemen file, dan built-in akses terminal.
  3. Textmate  oleh  MacroMates  (hanya  Macintosh).  Editor  teks canggih  ini memiliki alat manajemen proyek dan antarmuka yang terintegrasi dengan sistem  operasi  Mac.  Hal  ini semakin  populer karena  disesuaikan,  kaya fitur, dan murah.
  4. BBEdit  oleh  Bare  Bones  Software  (hanya  Macintosh).  Untuk pengembang web banyak fitur  shortcut  yang besar telah membuat editor terkemuka berbasis Mac.


3. Aplikasi editing gambar dan menggambar 
Untuk  menambahkan  gambar  ke  halaman  web,  akan  perlu  program  editing gambar. Berikut ini beberapa aplikasi yang cukup populer :

  1. Adobe Photoshop. Photoshop  dapat dikatakan sebagai  standar industri untuk penciptaan gambar baik dalam cetak maupun  dunia web.
  2. Adobe  Photoshop  Elements.  Versi  ini  lebih  ringan  dari  Photoshop dirancang  untuk mengedit foto  dan  manajemen,  tetapi  beberapa penggemar  menemukan  bahwa  ia  memiliki semua  alat yang  diperlukan untuk menempatkan gambar pada halaman web.
  3. Adobe  Illustrator.  Karena  desainer  perlu  membuat  logo,  ikon,  dan ilustrasi  di  berbagai ukuran dan  resolusi,  untuk  itu  semua  aplikasi  ini sangat membantu. Aplikasi ini juga dapat dipadukan dengan Photoshop  
  4. Adobe  Fireworks.  Program  grafis  web  ini  menggabungkan  editor  foto dengan alat untuk membuat ilustrasi berbasis vektor. Ia juga memiliki alatalat canggih untuk grafis web.
  5. Corel  Paint  Shop  Photo  Pro  (Windows  saja).  Editor  gambar  yangpenuh  fitur  ini  populer di pengguna  Windows,  terutama  karena  harga yang rendah.

4. Aplikasi Internet
Karena hasil akhir dari pengembangan halaman web digunakan di Internet, maka diperlukan beberapa  aplikasi  untuk  membuka  halaman  web,  biasa  disebut “browser”. Berikut ini beberapa aplikasi browser yang cukup populer :

Windows: 
o  Internet Explorer
o  Chrome
o  Firefox
o  Safari
o  Opera

Macintosh OS X:
o  Safari
o  Chrome
o  Firefox
o  Opera

Browser perangkat bergerak (mobile)
o  Mobile Safari (iOS)
o  Android Browser (Android)
o  BlackBerry Browser (RIM)
o  Nokia Series 40 dan Nokia Browser for Symbian
o  Opera Mobile dan Mini (installed on any device)
o  Internet Explorer Mobile (Windows Phone)
o  Silk (Kindle Fire)

Baca Juga :  Profesi Dalam Pengembangan Aplikasi Web

5. Aplikasi transfer file (FTP/File Transfer Protokol).  
Sebuah  aplikasi  FTP  memungkinkan  untuk  mengunggah  dan  mengunduh  file antara komputer kita dan komputer yang akan menjadi tempat halaman web/web server. Beberapa aplikasi authoring web sebelumnya juga memiliki aplikasi FTP yang  terintegrasi  langsung.  Ada  juga  aplikasi  FTP  khusus,  seperti  yang tercantum di bawah ini:

a. Windows
    - WS_FTP
    - CuteFTP
    - AceFTP
    - Filezilla

b. Macintosh
    - Transmit
    - Cyberduck
    - Fetch

0 Response to "Perangkat-Perangkat Pengembangan Aplikasi Web"

Post a Comment