Deskripsi Mata Pelajaran Simulasi Digital


Deskripsi Mata Pelajaran Simulasi Digital
 
 Mata pelajaran Simulasi Digital adalah mata pelajaran yang membekali siswa agar dapat mengomunikasikan gagasan atau konsep melalui media digital.alam  proses  pemelajaran,  siswa  dapat  mengomunikasikan  gagasan  atau konsep yang dikemukakan orang lain dan mewujudkannya melalui media digital, dengan tujuan menguasai teknik mengomunikasikan gagasan atau konsep. Tujuan akhir setelah siswa mempelajari berbagai keteknikan dan cara bekerja yang terkait dengan mata pelajaran kejuruan, siswa mampu mengomunikasikan gagasan atau konsep yang ditemukannya sendiri atau modifikasi dari gagasan atau konsep yang sudah ada.


Pada dasarnya kemampuan mengomunikasikan gagasan atau konsep, sama pentingnya dengan penemuan gagasan atau konsep
tersebut.


Kemampuan mengomunikasikan gagasan atau konsep dengan tepat, mencerminkan kecerdasan pola pikir dan tingkat
penguasaangagasan atau konsep tersebut.


Media  digital  yang  dimanfaatkan  untuk  mengomunikasikan  gagasan  atau konsep, dipilih dari yang telah tersedia secara luas melalui aplikasi atau platform digital dengan menggunakan peralatan elektronika atau peralatan teknologi informatika dan komunikasi yang ada.


Ruang Lingkup Mata Pelajaran Simulasi Digital (Buku Siswa ke-1)

Sesuai dengan tujuannya, mata pelajaran Simulasi Digital memiliki ruang lingkup sebagai berikut.


A.  Komunikasi Dalam Jaringan (Komunikasi Daring)
Melalui komunikasi daring, dimaksudkan siswa memiliki bekal untuk memanfaatkan jejaring internet untuk mencari dan mendapatkan informasi sebagai pendukung gagasan atau konsepnya sekaligus mengomunikasikan gagasan atau konsepnya.
Komunikasi   daring   memungkinkan   terjadinya   komunikasi   dua   arah   yang dilakukan  dalam  satu  waktu  yang  bersamaan  (synchronous)  maupun  dalam waktu yang berbeda (asynchronous). Komunikasi daring dapat dilakukan melalui pengiriman   teks   dan   gambar,   bahkan   memungkinkan   komunikator   dan komunikan  melakukan  percakapan  langsung  dengan  saling  melihat  gambar lawan bicaranya.


Komunikasi daring telah “melipat dunia”, menafikkan jarak.




B.  Kelas Maya
Melalui kelas maya, dimaksudkan siswa memiliki bekal untuk dapat ikut serta dalam kelas maya yang diselenggarakan oleh siapapun, dalam rangka meningkatkan     pengetahuannya.     Kelas     maya     sebagai     kelas     yang diselenggarakanjarak jauh” dengan memanfaatkan jejaring internet.

Kelas maya memungkinkan siswa mengunduh berbagai informasi dan pengetahuan baru yang diperlukan yang telah disediakan oleh guru yang mengampu kelas maya tersebut, sekaligus menyampaikan tanggapan atau jawaban yang ditanyakan oleh guru.
Kelas  maya  merupakan  kelas  terbuka”  dan  jarak  jauh yang  dibuat  dalam rangka pemelajaran yang dapat diikuti oleh siswa yang terdaftar, dan tidak ada perbedaan dengan kelas konvensional (kelas tatap muka langsung antara guru dan siswa).
Keterlibatan orang tua siswa dalam memantau keaktifan siswa mengikuti kelas maya dapat dilakukan orang tua kepada guru.

Kelas maya adalah kelas terkini, “terbuka” dan “jarak jauh,

tempat siswa menuntut ilmu.


C.  Presentasi Video
Kemudahan  perekaman  gambar  bergerak  dalam  bentuk  video  dan perkembangan teknik video dari analog ke digital, memungkinkan seseorang merekam gambar bergerak yang lebih baik dan lebih mudah. Meskipun harus mempelajari teknik perekaman gambar dan penyuntingannya, melalui video process (proses perekaman gambar bergerak melalui lensa yang ada pada peralatan kamera digital atau camcorder atau telpon genggam), presentasi video memberikan bekal bagi siswa untuk membuat video, terutama untuk, mengomunikasikan gagasan atau konsep.

Ada kalanya, penyaji saat mengomunikasikan gagasan atau konsep tidak memerlukan banyak gerakan atau hanya memerlukan ruang gerak yang sedikit. Untuk kepentingan tersebut video process untuk pengambilan gambar penyaji, dapat digantikan dengan memanfaatkan webcam.
Presentasi Video membekali siswa dapat melakukan keduanya.


Presentasi video adalah media siswa mengomunikasikan gagasan atau konsep dengan mengekspresikan diri dalam bentuk gambar bergerak

                                                                   

0 Response to "Deskripsi Mata Pelajaran Simulasi Digital"

Post a Comment