Cara Mudah Mempelajari Rumus di Microsoft Excel

Cara Mudah Mempelajari  Rumus di Microsoft Excel

http://imronkom.blogspot.co.id/
Baiklah langsung saja, Seperti yang kita ketahui bahwa program  Microsoft Excel merupakan sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac Os.Pada saat ini program Microsoft Excel merupakan program spreadsheet yang paling banyak diminati, terlebih setelah perkembangan pada tahun 1993 dimunculkannya versi 5.0. Kini versi terakhir yang dimunculkan versi Microsoft Office Excel 2013, Perkembangan versi terbaru dari Microsoft Excel diharapkan dapat membantu untuk kegiatan teman-teman. Beberapa diantaranya kegiatan yang dapat dibantu oleh Microsoft Excel yaitu penggunaan  rumus pada Microsoft Excel sehingga lebih efektif dan efisien.
Sebelumnya teman-teman harus mengetahui cara penulisan rumus di excel harus diawali dengan teman-teman = , misalnya seperti di bawah ini:




  • Total dengan menggunakan "=SUM" (tanpa tteman-teman kutip)
  • Nilai terkecil menggunakan "=MIN"(tanpa tteman-teman kutip)
  • Nilai terbesar mengunakan "=MAX"(tanpa tteman-teman kutip)
  • Nilai rata-rata menggunakan "=AVERAGE"(tanpa tteman-teman kutip)
  • NIlai rata-rata menggunakan "=COUNT"(tanpa tteman-teman kutip)
  • Perkalian dengan menggunakan "*"(tanpa tteman-teman kutip)
  • Penjumlahan dengan menggunakan "+" (tanpa tteman-teman kutip)
  • Pembagian dengan menggunakan "/"(tanpa tteman-teman kutip)
  • Pengurangan dengan menggunakan "-"(tanpa tteman-teman kutip)
teman-teman bisa lihat contoh penulisan rumus penjumlahan misalnya "=sum(C2:C6)" yang ada di bawah ini:



Untuk lebih memudahkan teman-teman, berikut adalah beberapa cara yang bisa teman-teman lakukan dalam menggunkan rumus di Microsoft Excel :
Pertama-tama teman-teman buka terlebih dahulu Microsoft Excel sehingga muncul tampilan worksheet yang sudah diisikan dengan data .
Selanjutnya teman-teman lihat kolom dan baris yang berisikan data , misalnya pada kolom A dan baris 1 atau seterusnya kolom B dan baris ke 1 .
Kemudian setelah itu teman-teman tempatkan kursor teman-teman pada tabel yang akan teman-teman gunakan sebagai jawaban dari rumus diatas .
Lanjutkan dengan memasukan rumus pada bagian atas worksheet, misalnya saja akan memasukan rumus penjumlahan, maka teman-teman dapat memasukan rumus “=B2+B3”  (tanpa menggunakan tteman-teman petik )maka akan muncul hasil yang teman-teman inginkan meskipun ana menggantinya dengan data yang baru,hasilnya akan ikut terganti
Sedangkan bagi teman-teman yang akan menjumlahkan data secara keseluruhan maka teman-teman dapat menggunakan rumus sebagai berikut, misalnya “=SUM(B2:B9)” maka akan muncul secara keseluruhan total yang teman-teman inginkan.
Pada dasarnya penggunaan rumus ini akan disesuaikan dengan kebutuhan teman-teman, sehingga penting bagi teman-teman untuk dapat memberikan tteman-teman kolom dan baris sehingga memudahkan teman-teman dalam pengoperasian rumus di Microsoft Excel.

Baik sampai di sini dulu tulisannaya, semoga bermanfaat,, terima kasih sudah berkunjung di blog tatar_adi


0 Response to "Cara Mudah Mempelajari Rumus di Microsoft Excel"

Post a Comment