Kisi-kisi Ujian Nasional Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kompetensi Keahlian Multimedia Tahun Pelajaran 2016/2017
UJIAN NASIONALTAHUN PELAJARAN 2016/2017Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan Kompetensi Keahlian : Multimedia Kode : 2089 Alokasi Waktu : 120 menit
| No. | Standar Kompetensi Lulusan | Kemampuan yang Diuji |
| 1 | Merakit personal computer | Menganalisis instalasi komponen PC |
| 2 | Melakukan instalasi sistem operasi | Menganalisis langkah langkah instalasi |
| dasar | system operasi | |
| Menerapkan instalasi software sesuai | ||
| Installation Manual | ||
| 3 | Menerapkan keselamatan, | Melaksanakan prosedur K3 |
| kesehatan kerja, dan lingkungan | ||
| hidup (K3LH) | ||
| 4 | Memahami etimologi multimedia | Menjelaskan multimedia content production |
| Menjelaskan multimedia communication | ||
| 5 | Memahami alir proses produksi | Menjelaskan proses pre production |
| produk multimedia | multimedia | |
| Menjelaskan proses production multimedia | ||
| Menjelaskan proses post production | ||
| multimedia | ||
| 6 | Merawat peralatan multimedia | Menjelaskan langkah-langkah perawatan |
| peralatan multimedia | ||
| Menerapkan perawatan peralatan | ||
| multimedia | ||
| 7 | Mengelola isi halaman web | Menerapkan proses editing informasi |
| Menerapkan pengujian dan memastikan | ||
| perubahan perubahan | ||
| 8 | Menerapkan teknik pengambilan | Menjelaskan prosedur pengoperasian |
| gambar produksi | kamera video | |
| Menjelaskan fitur/bagian kamera | ||
| 9 | Menerapkan prinsip-prinsip seni | Menjelaskan kaidah estetika dan etika seni |
| grafis dalam desain komunikasi | grafis (nirmana) | |
| visual untuk multimedia | Menerapkan gambar ilustrasi | |
| 10 | Menguasai cara menggambar kunci | Menjelaskan syarat animasi |
| untuk animasi | Menerapkan gambar kunci | |
| 11 | Menguasai cara menggambar | Mendeskripsikan gambar yang asli |
| clean-up dan sisip | Mendeskripsikan gambar tiga dimensi | |
| Membuat gambar tiga dimensi | ||
| 12 | Menguasai dasar animasi stopmotion | Mendeskripsikan syarat-syarat animasi |
| (bidang datar) | Menerapkan model warna dan tempat warna | |
| 13 | Menggabungkan teks kedalam | Menerapkan software teks multimedia |
| sajian multimedia | Menerapkan desain teks multimedia | |
| 14 | Menggabungkan gambar 2D | Menerapkan software grafik multimedia 2D |
| kedalam sajian multimedia | Menerapkan design grafik Multimedia 2D | |
| Mengidentifikasi karya seni digital 2D | ||
| 15 | Menggabungkan fotografi digital | Menerapkan penggabungan foto digital ke |
| kedalam sajian multimedia | dalam rangkaian multimedia | |
| Menerapkan susunan karya seni foto digital | ||
| dan grafik 2D | ||
| 16 | Menggabungkan audio ke dalam | Menerapkan software audio digital |
| sajian multimedia | ||
| 17 | Membuat story board aplikasi | Merencanakan alur isi story board |
| multimedia | Medeskripsikan proses pelaksanaan dalam | |
| storyboard | ||
| 18 | Memahami cara penggunaan | Menjelaskan dasar tata cahaya |
| peralatan tata cahaya | Menjelaskan efek cahaya | |
| 19 | Menerapkan efek khusus pada | Mengidentifikasikan materi penunjang efek |
| objek produksi | khusus | |
| Menerapkan efek khusus pada obyek | ||
| 20 | Menyusun proposal penawaran | Menganalisa syarat-syarat proyek |
| Merancang biaya-biaya dan sumber-sumber | ||
| yang ada |
Kisi-kisi Ujian Nasional Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kompetensi Keahlian Multimedia Tahun Pelajaran 2015/2016
Sumber : BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan)

0 Response to "Kisi-kisi Ujian Nasional Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kompetensi Keahlian Multimedia "
Post a Comment