Contoh Pencarian data yang berurutan

Pencarian berurutan adalah pencarian data secara terurut dari suatu lokasi(record) sampai lokasi lainnya dengan memeriksa record per record. Setelah menemui  record yang sesuai dengan yang ci cari maka pencarian dapat dihentikan atau dapat pula diteruskan.

Meskipun demikian kadang-kadang kita terpaksa melakukan pencarian dengan cara berurutan misalnya karena yang kita cari bukanlah bagian dari kunci index data.
Untuk melakukan pencarian data berurutan Anda dapat menggunakan metode find sebagai berikut :
Object.record.find<string kriteria>

Pernyataan object menunjukan objek (data) yang akan di cari misalnya Anda akan mencari pada dbpembelian. Maka penulisannya adalah :
Dbpembelian.recordset.findfirst <string kriteria yang dimaksud adalah suatu ekspresi string yang menunjukan syarat pencarian, misalnya Kode=”PS.’02’”. perhatikan bahwa string yang ditulis dalam string yang lain. Ditulis dalam tanda kutip tunggal.

Metode Find akan menyebabkan pencarian dilakukan dari posisi record terakhir. Oleh karena itu jika anda akan mencari dari awal record, maka petunjuk record baru digerakkan ke awal record dengan metode MoveFirst.

Untuk memahami pencarian data berurutan, lakukan langkah-langkah berikut ini :


1.Buka proyek Lat02

2.Simpan proyek dengan nama baru lat03.vbp, dengan menu file lalu save project As

3.Simpan simpan form dengan nama baru lat03.frm, dengan menu file lalu Save Lat02.frm, dengan 
   menu file lalu Save Lat02.frm AS.

4.Tampilkan jendela fom, lalu tambahkan objek seperti pada gambar di bwah ini. Perhatikan bahwa objek frame1 dibuat sebelum objek didalamnya. Jadi, objek yang harus anda buat berurutannya adalah frame untuk membingkai, label untuk tulisan Nomor Anggota dalam frame, Text1 untuk isian nomor anggota dalam frame, Command2 untuk tombol Exit. Perhatikan bahwa jika Anda membuat objek diatas objek lain. Jangan mengunakan cara klik ganda pada toolbox, tetapi gunakan cara klik pada tool yang diinginkan lalu seret diatas objek yang diinginkan.


6.Simpan lagi proyek dan form dengan nama yang sama
7.Jalankan program denganmengklik icon start
Sekian dan terima kasih semoga bisa bermanfaat.


0 Response to "Contoh Pencarian data yang berurutan "

Post a Comment