27 Tips Ngeblog untuk Pemula

Jika Anda seorang blogger pemula, tentu banyak hal yang harus Anda pelajari dalam mengembangkan blog Anda mulai dari dasar-dasar ngeblog sampai monetisasi. Namun, jangan khawatir, semakin sering Anda mempraktikkan yang dipelajari tersebut, semakin besar peluang blog Anda menjadi sukses, misalnya menghasilkan uang.

Guna membantu Anda mempelajari dan mempraktikkan tips ngeblog, saya mengumpulkan sejumlah postingan yang sekiranya membantu Anda belajar secara sistematis. Berikut adalah 27 tips ngeblog untuk Anda yang notabene seorang blogger pemula.

Dasar-Dasar Ngeblog
1. 5 Jenis Blog yang Sebaiknya Anda Ketahui
Setidaknya ada 5 jenis blog yang harus Anda ketahui sebelum mengembangkan blog Anda ke tahap selanjutnya. Kelima jenis blog tersebut dikupas dalam postingan ini sehingga menghindarkan Anda dari membuang-buang waktu untuk mengembangkan blog yang salah.

2. Apa Itu Sukses? 
Postingan ini memaparkan definisi dan ukuran sukses yang dapat diaplikasikan pada aktivitas ngeblog Anda. Ukuran mana yang Anda pilih? Tentu Anda dapat menentukannya setelah membaca postingan ini.

3. 4 Fase Perkembangan Blog
Fase-fase perkembangan blog yang layak Anda ketahui sehingga membantu Anda keluar dari stres dalam mengelola dan menghasilkan uang dari blog Anda.

4. 7 Kebiasaan Blogger Sukses
Menurut John Chow, setidaknya ada tujuh kebiasaan baik yang diimiliki para blogger sukses. Apa saja ketujuh kebiasaan tersebut? Silakan baca selengkapnya pada postingan ini.

5. 10 Cara Melawan Kejenuhan Ngeblog
Disadari atau tidak, Anda akan merasa jenuh saat ngeblog. Postingan ini menjelaskan 10 cara yang dapat Anda lakukan untuk melawan rasa jenuh tersebut.

6. 7 Ketakutan yang Membahayakan Blog (dan Cara Mengatasinya)
Ada sejumlah ketakutan yang menghadang saat mengelola blog. Jika dibiarkan, ketakutan tersebut dapat menghambat langkah atau bahkan menjauhkan Anda dari membangun blog sukses. Apa ketakutan itu dan solusinya? Saya menjelaskannya secara rinci pada postingan ini.

Menulis Konten
7. 11 Tips Agar Postingan Anda Mudah Dibaca Pengunjung. Postingan ini berisi tips-tips praktis sehingga pembaca blog Anda nyaman membaca postingan Anda.

8. 5 Cara Mudah Membuat Paragraf Pembuka yang Menarik Perhatian Pembaca
Anda sulit membuat paragraf pembuka? Jika ya, postingan yang disadur dari Copyblogger ini dapat menjadi salah satu solusi jitunya.

9. 5 Unsur Kalimat yang Anda Perlu Ketahui
Apa jadinya jika saat menulis Anda sulit membuat kalimat demi kalimat padahal referensi telah tersedia? Pusing atau kesal, bukan? Salah satu triknya adalah dengan mengetahui unsur-unsur kalimat.

10. 3 Cara Menemukan Puluhan Ide Postingan dalam 10 Menit atau Kurang
Tidak peduli berapa lama Anda menjadi blogger, pada suatu waktu Anda akan tidak tahu apa yang hendak ditulis alias kehabisan ide-ide postingan. Berita bagusnya adalah ada tiga cara menemukan puluhan ide postingan dalam 10 menit atau kurang.

11. Cara Menulis Tanpa Mengedit
Dalam postingan ini Anda akan mengetahui cara cepat menulis postingan Anda. Cara ini biasa saya lakukan dalam menulis postingan blog berbahasa Indonesia atau buku.

12. Pedoman Penulisan Huruf Kapital (No. 11 Sering Dilupakan Kebanyakan Orang)
Postingan ini mejelaskan penggunaan huruf kapital atau huruf besar yang sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD). Lengkah dengan contoh-contoh kalimatnya.

13. Jangan Lakukan 10 Kesalahan Sepele Ini Saat Anda Menulis Judul
Banyak blogger yang melakukan kesalahan sepele namun berdampak fatal saat membuat judul. Simak penjelasan lengkapnya pada postingan ini.

14. Ingin Menjadi Blogger Produktif? Ikuti Sistem Ini
Postingan ini menjelaskan sistem yang memudahkan Anda menjadi blogger produktif.

Networking
15. Cara Membangun Jaringan Ngeblog yang Saling Menguntungkan
Anda seyogianya membangun networking dengan blogger-blogger sukses. Bagaimana caranya agar networking ini efektif? Postingan ini menjelaskan cara tersebut.

Promosi Blog
16. Memberikan Komentar: 7 Hal yang Harus Anda Hindari. Ingin komentar Anda tidak dihapus oleh pemilik blog tempat Anda berkomentar? Hindari tujuh hal yang dikupas pada postingan ini.

17. 10 Tips Jitu Menjadi Blogger Tamu
Menjadi blogger tamu merupakan salah satu cara mempromosikan blog Anda. Postingan ini berisi tips-tips jitunya sehingga Anda bisa menjadi blogger tamu di blog mana saja.

18. 7 Cara Sederhana Meningkatkan Pengunjung Blog Anda
Trafik atau pengunjung blog Anda sedikit? Susah meningkatkannya? Jika ya, Anda dapat menerapkan beberapa cara yang diulas pada postingan ini.

Monetisasi
19. 10 Cara Mendapatkan Uang dari Blog Indonesia Anda
Anda memiliki blog berbahasa Indonesia? Jika ya, setidaknya ada 10 cara mendapatkan uang dari blog tersebut. Simak penjelasan lengkapnya pada postingan ini.

20. 10 Tips Jitu Agar Blog Anda Diterima Google Adsense
Google AdSense merupakan salah satu cara favorit menghasilkan uang dari blog. Postingan ini berisi sepuluh cara yang memudahkan blog Anda diterima Google AdSense. Semuanya berasal dari pengalaman saya diterima sebagai penayang Google AdSense.

21. Penghasilan Google AdSense Anda Turun? Coba 5 Langkah Ini
Postingan ini menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan jika penghasilan Google AdSense Anda turun.

Search Engine Optimization (SEO)
22. 6 Tips Jitu Agar Anchor Text Anda Terlihat Alami di Mata Google
Ada pandangan bahwa Google mengevaluasi anchor text dari profil backlink. Karenanya, Anda seyogianya membuat anchor text sealami mungkin sehingga terhindar dari penalti Google. Postingan ini menjelaskan caranya.

23. On-Page SEO: 10 Faktor yang Anda Harus Perhatikan. Selain backlink (off-page SEO), on-page SEO juga dapat membantu postingan atau blog Anda masuk ke halaman 1 Google. 
Postingan ini menjelaskan cara-cara yang saya lakuan dalam melakukan On-page SEO.

24. 5 Tips Jitu Agar Blog Anda Dicintai Google Panda. Google Panda merupakan algoritma Google untuk menyring blog-blog dengan konten berkualitas rendah. Jika blog Anda tidak ingin kena razia algoritma tersebut, simak caranya pada postingan ini.

Blogging Tools
Dalam ngeblog ada sejumlah tools yang memudah aktivitas ngeblog Anda. Beberapa tool gratis yang saya gunakan dapat Anda lihat pada postingan di bawah ini.

25. Cara Membuat Screenshot Satu Halaman Penuh dengan Menggunakan Fireshot
Anda ingin membuat screenshot satu halaman penuh? Postingan ini memaparkan tahap demi tahapnya.

26. Firebug, Add-on Mozilla yang Wajib Anda Instal. Postingan ini menjelaskan cara menggunakan Firebug dalam membantu mengedit tampilan blog.

27. 15 Plugin yang Saya Gunakan di Blogodolar. Jika Anda menggunakan WordPress self-hosting, ada sejumlah plugin yang membantu meningkatkan kinerja dan tampilan blog Anda. Plugin apa yang harus Anda gunakan untuk blog Anda? Ada dapat mempelajarinya dari sejumlah plugin yang saya pakai di blog ini.

Semoga tips-tips ngeblog di atas membantu Anda menjadi blogger pemula yang lebih baik. Jika ada tips lain yang ingin saya buatkan, silakan hubungi saya melalui email saya yang tercantum di halaman kontak Blogodolar.
Selamat ngeblog!

0 Response to "27 Tips Ngeblog untuk Pemula"

Post a Comment