Tips dan Trik membeli kabel UTP yang Baik

Kali ini Saya akan membagikan sedikit ilmu, masih dalam sekitaran Jaringan soalnya pas lagi Praktek di ISP sehingga setiap hari bertemu dengan alat yang sebelumnya saya pernah jelaskan.
Baik untuk kali ini saya akan menerangkan Cara Memilih Kabel UTP yang baik jadi kabel UTP yang dimaksud bukan ASPAL (  Asli tapi Palsu ). 

Pada saat ini produsen pembuat kabel UTP sudah banyak dan bermacam - macam merk, tentunya setiap Produk dari Merk tertentu akan berbeda kualitasnya dengan Merk lain. 

Bagi saya yang masih pemula dalam urusan Teknik Komputer dan Jaringan tentunya tidak pernah tahu bahwa suatu produk yang kita beli dan kita andalkan ternyata Produk Aspal. Agar tidak tertipu oleh Produsen 'Jahil' kita sebagai anak TEKIN harus pintar - pintar memilih alat dan bahan yang sesuai dengan ekspetasi kita.
Contoh yang paling sepele namun terpenting yang akan saya bahas yaitu mengenai Kabel UTP, kabel UTP atau kepanjangan dari Unshielded Twisted Pair adalah jenis kabel yang terbuat dari bahan penghantar tembaga, memiliki isolasi dari plastik dan terbungkus oleh bahan isolasi yang mampu melindungi dari api dan kerusakan fisik.

https://imronkom.blogspot.com
Kabel UTP terdiri dari empat pasang inti kabel yang saling berbelit yang masing-masing pasang memiliki kode warna berbeda. 

Kabel UTP tidak memiliki pelindung dari interferensi elektromagnetik, namun jenis kabel ini banyak digunakan karena harga yang relatif murah dan fungsinya yang memang sudah sesuai dengan standar yang diharapkan. Fungsi kabel UTP yaitu digunakan sebagai kabel jaringan LAN (Local Area Network) pada sistem jaringan komputer,



Namun harus anda ketahui sebenarnya kabel jenis UTP ini tidak hanya digunakan sebagai Kabel jaringan LAN komputer namun bisa juga digunakan untuk keperluan lain misalnya :
- Saya pernah mencoba kabel LAN ini untuk digunakan sebagai kabel Solder
   yang kebetulan saat itu tidak  ada kabel lain selain kabel UTP dan hasilnya ternyata
   jadi dan tidak terjadi Permasalahan apapun.
- Selain itu untuk digunakan sebagai kabel USB atau untuk media Transfer data pun
   bisa.
- Selain itu jika kabel ini sudah pernah terpakai atau Bekas jika diberikan pada tangan
   yang kreatif bisa jadi Souvenir yang menarik misal dijadikan Gantungan Kunci, Hehe
https://imronkom.blogspot.com
Jadi cara pengecekan yang paling sederhana yaitu menggunakan media Magnet. Karena jika kabel UTP yang bagus kalau ditempel Magnet, Magnet tersebut tidak akan menempel di kabel UTP tadi. Karena jika yang kita tes adalah kabel UTP dengan kualitas bagus maka dapat diketahui bahwa bahan kabel didalamnya menggunakan tembaga bukan besi, karena Magnet hanya mau menempel jika kabel tersebut berbahan dasar besi.
https://imronkom.blogspot.com

Namun hal itu akan berbeda saat kita mencobanya di kabel UTP yang Aspal, maka Magnet yang kita dekatkan dengan kabel UTP Aspal akan menempel
https://imronkom.blogspot.com

Kemudian agar lebih jelas coba buka kabel utp dan potong sedikit serat kabel di dalamnya dan bandingkan dengan yang menggunakan Kabel UTP asli dan UTP Aspal.
https://imronkom.blogspot.com

Maka akan terlihat sangat jelas jika magnetnya di dekatkan dalam posisi seperti ini kabel isi kabel UTP Aspal akan ikut terangkat oleh magnet
https://imronkom.blogspot.com

Jadi dapat disimpulkan bahwa Tembaga lebih baik untuk mentransfer data dari pada besi karena kabel UTP yang seharusnya mampu mentransfer data sampai 100 Meter jika itu kabel UTP Aspal mungkin hanya separo dari ukuran aslinya.

Demikian ulasan mengenai Tips dan Trik membeli kabel UTPyang Baik semoga dapat bermanfaat bagi anda, Terima Kasih.
Sumber dari : Bapak Agung Budi Prayogo

0 Response to "Tips dan Trik membeli kabel UTP yang Baik "

Post a Comment