Tutorial Praktek Perancangan Jaringan Komputer Pada Cisco Paket Tracer

Bagi  anda  yang  dalam  keseharian  sering  berkecimpung  di  dunia  jaringan  komputer  pasti mengerti apa itu Cisco Packet Tracer. Namun tak masalah untuk anda yang belum mengerti, saya akan sedikit menceritakan apa itu Cisco Packet Tracer.


Cisco Packet Tracer merupakan sebuah alat pembantu atau bisa disebut simulator untuk alat alat   jaringan   Cisco.   Cisco   Packet   Tracer   biasanya   sering   digunakan   sebagai   media pembelajaran dan  penelitian,  termasuk  dalam  bidang  penelitian  simulasi  jaringan komputer. 

Program ini dibuat oleh Cisco System dan program ini gratis untuk fakultas, siswa, dan alumni yang telah berpartisipasi pada Cisco Networking Academy. 

Pada dasarnya Cisco Packet Tracer ini digunakan sebagai media pembelajaran bagi para pemula untuk merancang, mengkonfigurasi, dan memecahkan masalah mengenai jaringan komputer. 

Singkatnya Cisco Packet Tracer memberikan kemudahan bagi kita untuk belajar bagaimana merancang, membangun dan mengkonfigurasi sebuah jaringan. mulai dari jaringaan yang sederhana sampai yang kompleks. 

Bahkan kita juga bisa mengetahui truobel apa saja yang sering kali terjadi dalam sebuah jaringan hingga kita bisa menganalisa dan memperbaiki nya tanpa harus membeli perangkat yang super mahal bagi kalangan mahasiswa yang masih dalam tahap
belajar.

Kali ini saya akan memberikan contoh membuat jaringan komputer sederhana pada office 2 lantai dengan menggunakan 1 router dan 2 access point. Jaringan ini memiliki 6 host pada tiap lantai nya dan beberapa laptop yang dihubungkan melalui wireless. Untuk pengaturan IP Address nya :
 
• lantai 1 menggunakan network 10.10.10.0/8 dan AP dengan network 10.10.10.10/8
• lantai 2 menggunakan network 20.20.20.0/8 dan AP dengan network 20.20.20.20/8
pada tiap lantai memiliki sebuah switch untuk menghubungkan antara PC host dengan router yang terletak pada lantai 1.

Untuk praktek konfigurasi nya sendiri akan saya jelaskan, berikut tutorial nya bisa klik download atau link disini

0 Response to "Tutorial Praktek Perancangan Jaringan Komputer Pada Cisco Paket Tracer"

Post a Comment