Ad - 15 Memahami cara mengkonfigurasi Remote Server (Telnet, SSH)


Memahami cara mengkonfigurasi  Remote Server (Telnet, SSH)

1.Telnet

Telnet kepanjangan dari Telecommunications network protocol. Telnet adalah salah satu dari aplikasi internet yang paling tua. Telnet memungkinkan kita untuk menghubungkan “terminal” kita dengan host remote yang berada di luar jaringan. Pada masa ARPANET sebelum workstation grafis atau personal komputer ditemukan, setiap orang menggunakan terminal yang terhubung dengan mainframe atau minicomputer melalui koneksi serial (gambar xx.x). Setiap terminal memiliki keyboard sebagai masukan dan monitor untuk keluaran, tanpa memiliki CPU sendiri, semua proses dijalankan dimainframe atau minicomputer.
Pada saat sekarang terminal riil seperti di atas sangat jarang, hanya ada terutama sebagai terminal emulator seperti hyperterminal pada windows (hyperterminal windows digunakan untuk mengkonfigurasi router/switch cisco).

Telnet biasanya digunakan untuk “remote login” dari PC ke PC lain dalan jaringan.Remote login semacam ini memungkinkan anda untuk menggunakan aplikasi yang berada dalam sistem remote. Remote login semacam ini hanya menyediakan koneksitext only, biasanya dalam bentuk command line prompt, seakan-akan anda duduk di terminal yang terhubung pada mesin remote.

Telnet adalah aplikasi client/server. Client mengambil karakter yang dimasukkan darikeyboard, mengirimkannya ke server dan mencetak output yang dikirim oleh server.Server melakukan lebih banyak tugas, melewatkan karakter input dari client, menginterpretasikannya sebagai perintah, membaca output dan mengirim balik ke clientuntuk dicetak ke layar.

2.Secure Shell (SSH)

Secure Shell (ssh) adalah suatu protokol yang memfasilitasi sistem komunikasi yang aman diantara dua sistem yang menggunakan arsitektur client/server, serta memungkinkan seorang user untuk login ke server secara remote. Berbeda dengan telnet dan ftp yang menggunakan plain text, SSH meng-enkripsi data selama proses komunikasi sehingga menyulitkan penyusup/intruder yang mencoba mendapatkanpassword yang tidak dienkripsi. Fungsi utama aplikasi ini adalah untuk mengakses mesin secara remote. Bentuk akses remote yang bisa diperoleh adalah akses pada mode teks maupun mode grafis/X apabila konfigurasinya mengijinkan.

SSH dirancang untuk menggantikan service-service di sistem unix/linux yang menggunakan sistem plain-text seperti telnet, ftp, rlogin, rsh, rcp, dll). Untuk menggantikan fungsi ftp dapat digunakan sftp (secure ftp), sedangkan untuk menggantikan rcp (remote copy) dapat digunakan scp (secure copy).

Dengan SSH, semua percakapan antara server dan klien di-enkripsi. Artinya, apabila percakapan tersebut disadap, penyadap tidak mungkin memahami isinya. Bayangkan seandainya Anda sedang melakukan maintenance server dari jauh, tentunya dengan account yang punya hak khusus, tanpa setahu Anda, account dan password tersebut disadap orang lain, kemudian server Anda dirusak setelahnya.

Implementasi SSH yang banyak dipakai saat ini adalah OpenSSH, aplikasi ini telah dimasukkan kedalam berbagai macam distribusi linux.  Redhat Linux versi 9 sudah menyediakan program tersebut dalam format RPM.

Fitur-fitur SSH
Protokol SSH menyediakan layanan sbb.:
  • Pada saat awal terjadinya koneksi, client melakukan pengecekan apakah host yang dihubungi sudah terdaftar pada client atau tidak.
  • Client mengirimkan proses autentifikasi ke server menggunakan teknik enkrisp 128 bit.
  • Semua data yang dikirimkan dan diterima menggunakan teknik enkripsi 128 bit sehingga sangat sulit dibaca tanpa mengetahui kode enkripsinya.
  • Client dapat memforward aplikasi Xwindows / X11 ke server, layanan ini dibuat . dari sumber lainnya.

Singkat mengenal FTP dan TELnet 

FILE TRANSFER PROTOCOL(FTP)
FTP merupakan singkatan dari File Transfer Protocol yang merupakan salah satu pembentuk protocol internet yang mempunyai fungsi antara lain :
•Menyalin file (download)
•Mengambil File (upload)

Dari kedua fungsi diatas dapat disimpulkan bahwa FTP digunakan untuk mentransfer file ataupun data antara 2 komputer yang berbeda system. Dalam prakteknya dalam menggunakan FTP dapat menggunakan software FTP ataupun browser yang menyediakan khidmat FTP.
Protokol ini dalam mentransfer data menggunakan 2 saluran, yaitu :
  • Satu saluran untuk lalu lintas data
  • Satu saluran lainnya digunakan untuk mengendalikan lalu lintas data tersebut
Dalam FTP ini autentifikasi berdasarkan login dan password. Jadi siapapun yang berhasil login maka diberikan hak yang sama berdasarkan id(boleh menulis di home milik user tersebut).Akan tetapi FTP dapat diset menjadi Anonymous sehingga semua orang dapat masuk tanpa memerlukan username dan password akan tetapi pada anonymous biasanya tidak diizinkan untuk upload ke tempat tujuan akan tetapi hanya diberikan izin untuk download. Dalam Internet FTP dikenal menggunakan port 21.

Cara menggunakan FTP adalah dengan menentukan arah host yang hendak dihubungi. Host itu dapat berupa domain ataupun alamat IP dan kemudian computer akan melakukan pencarian alamat yang telah ditulis.

TELNET
Telnet adalah salah satu protocol di dalam internet yang digunakan untuk remote access, yaitu mengakses suatu “machine” dari jarak jauh.Dan mesin ini memakai OS berbasis NIX (linux, BSD maupun Unix). Akses telnet di internet dikenali pada port 23.

Telnet merupakan nama aplikasi atau nama protocol yang membenarkan pengguna log masuk ke hos yang ditempatkan di Internet, walau di mana saja. Peralatan ini boleh digunakan bagi melaksanakan operasi jauh (remote login) kepada komputer atau sistem yang ditempatkan di lokasi lain. Dengan cara ini, anda akan mempunyai sambungan terus antara komputer anda dan komputer atau pelayan (server ) yang satu lagi.

Sebelum anda menggunakan telnet, anda harus mengetahui nama atau alamat hos yang hendak dicapai. Alamat itu boleh terdiri dari nama domain atau alamat protokol Internet (alamat IP) hos tersebut. Apabila anda log masuk ke komputer jauh melalui telnet, maka akan dibuat suatu connection dan kemudian dapat dilakukan penyalinan ataupun pengambilan data antara kedua komputer. Sesaat setelah ada connection , anda perlu memasukkan ID (login ID) dan password. Tanpa itu, anda akan diminta terus login dan password.

Selain Telnet, juga ada satu protocol yang sangat secure yaitu SSH. Protocol ini sama dengan Telnet akan tetapi lebih secure dalam connection. Selama connection, aliran data antara kedua computer akan di script sehingga jika ada sniper maka sniper tersebut tidak dapat membaca data tersebut sebelum di unscript lagi.

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)
SMTP adallah suatu protocol di dalam internet yang berguna dalam menghantar email elektronik dalam internet. Dalam menuliskan SMTP tidak bias terlepas dengan POP3(Post Office Protocol version 3) yang berfungsi untuk menangani menangani pesan-pesan elektronik yang masuk ke dalam SMTP.Jadi,jika anologikan dalam kehidupan sehari – hari , SMTP merupakan tempat Kantor POS yang mendistribusikan pesan – pesan yang dikirim ke alamt tujuan. Sedangkan POP3 sebagai Tukangt POS yang bertugas menghantar pesan –pesan elektronik tersebut sampai ke tempat tujuan.

Sebenarnya telah ada mail server yang telah digunakan oleh perusahaan ataupun instansi. Mail server yang umum digunakan adalah MS-Mail, CC-Mail atau Lotus-Notes Mail. Akan tetapi mail server ini tidak dapat berkomunikasi dengan e-mail di Internet karena protokol yang digunakan bukanlah SMTP ataupun POP3. Agar dapat berkomunikasi dengan Internet diperlukan adanya software perantara atau gateway, yang dikenal sebagai SMTP Gateway.Sehingga pada instansi ataupun pada Perusahaan biasanya mempunyai 2 buah alamat email yaitu Alamat e-mail yang pertama untuk digunakan di lingkungan internal (MS-Mail, CC-Mail atau Lotus-Notes), sedangkan alamat e-mail yang kedua untuk digunakan di lingkungan Internet.

Proses yang terjadi pada SMTP Gateway adalah proses Encapsulated (pelapisan) dan Decapsulated (pelepasan) protokol SMTP. Setiap kali gateway menerima e-mail dari MS-Mail, CC-Mail ataupun Lotus-Notes, e-mail tersebut akan dilapisi protokol SMTP terlebih dahulu sebelum dikirimkan ke Internet. Sebaliknya saat gateway menerima e-mail dari Internet, pada e-mail tersebut akan dilakukan pelepasan atau pembongkaran protokol SMTP sebelum didistribusikan ke masing-masing pemakai MS-Mail, CC-Mail atau Lotus-Note Mail. Dengan demikian, dalam lingkungan Internet, SMTP Gateway inilah yang bertindak sebagai Internet mail server.

Sumber : Kementerian Pendidikan & Kebudayaan

0 Response to "Ad - 15 Memahami cara mengkonfigurasi Remote Server (Telnet, SSH)"

Post a Comment