Menganalisis persyaratan dan spesifikasi kebutuhan hosting


Menganalisis persyaratan dan spesifikasi kebutuhan hosting

spesifikasi kebutuhan hosting

Hosting (disebut juga Web Hosting / sewa hosting) adalah penyewaan tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website dan sehingga dapat diakses lewat Internet. Data disini dapat berupa file, gambar, email, aplikasi/program/script dan database.

Ketika akan membuat website, pastilah membutuhkan domain dan hosting. Karena kedua hal tersebut tidak bisa terpisahkan. Untuk memiliki kedua hal tersebut bisa dengan berbagai cara. Ada yang gratis, ada yang berbayar. Banyak sekali tersedia di internet informasi hosting dan domain yang bisa di dapatkan.

Jika memilih untuk menggunakan resource yang berbayar, itu artinya teman-teman menyewa hosting dan membeli domain dalam masa waktu tertentu. Untuk hosting sendiri biasanya minimal masa sewa adalah 1 bulan, sedangkan domain minimal 1 tahun.

Sebelum teman-teman memutuskan untuk memilih paket hosting tertentu, pertimbangkan dahulu sebelum mengambil keputusan. Ini sangat penting untuk menentukan jenis paket hosting yang tepat untuk blog atau website sehingga teman-teman tidak akan mengeluarkan banyak biaya secara sia-sia.
Perusahaan/ penyedia hosting kadang memberikan lebih dari satu macam pilihan paket hosting. Ada yang murah, ada yang mahal. Namun jangan salah, meskipun banyak para penyedia hosting yang mengatakan bahwa hostingnya adalah hosting murah, kebanyakan memang kualitas servernya bagus semua.

Berikut beberapa faktor yang bisa jadi pertimbangan teman-teman dalam memilih paket hosting, antara lain:
  1. Kebutuhan hosting. Poin pertama yang perlu diperjelas adalah ukuran weblog teman-teman. Dengan mengetahui ukuran weblog teman-teman, maka teman-teman akan memiliki gambaran tipe atau paket hosting yang semestinya teman-teman beli. Ukuran suatu blog sangat bergantung pada jenis file yang dimuat pada blog tersebut. Sebut saja blog teman-teman dipenuhi file flash atau gambar berukuran besar dalam jumlah yang banyak, maka sudah pasti blog teman-teman berukuran besar. Jadi usahakan untuk meminimalisir penggunaan file animasi/gambar atau file berjenis flash, karena hal ini dapat menyebabkan performa blog teman-teman tidak maksimal. Selain itu , hal tersebut demi menjaga ukuran blog teman-teman dimana rata-rata ukuran suatu laman blog tidak boleh lebih dari 30 KB.
  2. Jenis web yang akan dibangun. Jika teman-teman ingin membuat online shop, tentunya akan sedikit berbeda ketika teman-teman membuat website untuk menampung gambar-gambar produk yang banyak. Jadi pastikan website seperti apa yang teman-teman inginkan.
  3. Lokasi server. Berikut adalah server:
  • Hosting IIX = lokasi server di Indonesia
  • Hosting USA = lokasi serer di USA
  • Hosting SG = lokasi server di singapore
Idealnya, semakin dekat lokasi server dengan pengunjung/ pembaca website, maka kecepatan proses load    website akan lebih cepat bagi pihak pengunjung. Meskipun begitu, kecepatan server tidk hanya dipengaruhi oleh lokasi tetapi juga faktor lain seperti spesifikasi hardware server.

  1. Jangan terjebak dengan istilah unlimited. Jika teman-teman sering melihat berbgai paket hosting, tentunya akan sering menemun istilah ”unlimited bandwidth” atau unlimed space. Tunggu, jangan terkecoh oleh istilah ini. Karena pada dasarnya semua resource memiliki batasan. Termasuk kapasitas bandwidh dan space hosting. Jadi yang dimaksud unlimited disini adalah teman-teman berhak menggunakan fasilitas space atau bandwidth.
 Tugas Mandiri Kelas XII TKJ :

Setelah  Kamu menbaca materi ini apa yang bisa kalian simpulkan dari materi tersebut di atas ! Silakan jawab langsung di Comments


50 Responses to "Menganalisis persyaratan dan spesifikasi kebutuhan hosting"

  1. Materi ini sangat berguna bagi teman2 yang membaca dan mohon blognya jangan kebanyakan iklan..bikin berat saat buka blog ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas sarannya, semoga sarannya bisa bermanfaat untuk saya

      Delete
  2. menurut saya hosting adalah sebuah tempat penyimpanan sebuah data website yang diperlukan sehingga bisa dibuka atau di akses oleh pengguna lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip, semoga materi ini bisa bermanfaat untuk kamu dan semoga bisa membantu untuk membangun website sendiri belajar yang tekun ok !!!

      Delete
  3. Materinya sangat bagus dengan membaca ini saya lebih mengetahui tentang hosting terima kasih bapak ai😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip, dipelajari lagi agar bisa lebih paham tentang hosting. Ok

      Delete
  4. Menurut saya sangat bagus materi tentang hosting dan bisa bermanfaat bagi orang lain, dan semoga Pa.ais bisa membuat postingan yg bisa bermanfaat lagi semoga Pa.ais sehat selalu Aminnnnn ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas sarannya, semoga saya bisa membuat postingan materi administrasi yang ke dua masih tentang hosting, dan terima kasih atas doanya. jangan lupa belajar yang lebih tekun tetap semangat .....

      Delete
  5. setelah saya membaca materi ini saya bisa memahami tentang materi hosting,dan blog ini sangat berguna bagi siswa. ateng gawa kayu thxyu pa ais:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip deni, semoga materi ini bisa bermanfaat dan jangan lupa belajar yang lebih giat agar nanti ujian lulus.Ok Deni !

      Delete
  6. materi ini sangat menguntungkan bagi pembaca,sebab hosting ini bisa memosting barang lebih banyak di web kita. dan postingan ini mengajarkan kita tentang istilah ”unlimited bandwidth” atau unlimed space. Tunggu, jangan terkecoh oleh istilah ini. Karena pada dasarnya semua resource memiliki batasan. Termasuk kapasitas bandwidh dan space hosting. Jadi yang dimaksud unlimited disini adalah teman-teman berhak menggunakan fasilitas space atau bandwidth. saya sangat berterimakasih atas materi dari bapak.. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip, niko sangat bagus kesimpulannya, tetap belajar yang tekun agar lulus dengan nilai yang memuaskan Ok....

      Delete
  7. HOSTING merupakan sesuatu yang dibutuhkan dalam membuat website seperti facebook , google dll supaya orang lain bisa meng upload file seperti video , gambar , musik dsb. karena itu semua server dari website seperti facebook sangat membutuhkan hosting sebagai tempat penyimpanan data data orang lain. untuk membuat website pilihlah paket domain dan hosting yang gratis agar tidak terbebani.

    BY: ADE ANTON .F (XII TKJ2)

    ReplyDelete
    Replies
    1. good anton, kesimpulan yang sangat bagus, jangan lupa belajar yang tekun agar saat akan menghadapi ujian bisa mengerjakan dengan sukses....

      Delete
  8. merupakan materei yg menarik kita jadi tau tentang website dan dlm mempelajari website bisa lebih cepat dan lebih gampang mwahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok habibi, kesimpulan yang singkat padat dan jelas ... belajar yang tekun untuk menghadapi ujian ... ok ..

      Delete
  9. Materi sangat bagus dan mudah dipahami terima kasih pak😊

    Aziiz ar

    ReplyDelete
    Replies
    1. good aziz, kesimpulan yang cukup bagus dan singkat, belajar lebih tekun agar nanti ujiannya sukses ...

      Delete
  10. hosting menurut saya yaitu tempat atau jasa internet untuk membuat halaman website yang telah anda buat menjadi online dan bisa diakses oleh orang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus nanda, boleh tahu contoh seperti apa ? dan belajar yang tekun serta sukses un

      Delete
  11. Ternyata hosting itu banyak gunanya, diantaranya mempermudah para pengguna web untuk dapat menyimpan data yang diperlukan dalam sebuah web yang dikelolanya.dapat menyimpan email, dapat menyimpan informasi di internet, dapat menyimpan video, dapat menyimpan gambar, dapat digunakan untuk membuat blog

    By : IanPribadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. good ian, sukses selalu, ian belajar yang tekun agar sukses un nanti ok...

      Delete
  12. menurut saya artikel ini sangat bagus..
    dan bermanfaat utk saya ..
    jangan lupa kunjungi blog saya juga..

    https://fahmitegalkota.blogspot.co.id/

    terimakasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. good, fahmi, jangan lupa belajarnya agar sukses un dan ok ...

      Delete
  13. Menurut saya hosting adalah layanan berbasis internet sebagai tempat penyimpanan data atau tempat menjalankan aplikasi ditempat terpusat yang disebut dengan server dan dapat diakses melalui jaringan internet.

    ReplyDelete
  14. menurut saya materi hosting ini sangat bermanfaat bagi orang yang ingin belajar lebih lanjut tenang hosting dan apa saja yang dibutuhkan oleh hosting

    ReplyDelete
  15. materinya bagus bahasanya juga mudah dimegerti untuk dipelajari.
    terima kasih :)

    ReplyDelete
  16. menurut saya materi hoting sangat dibutuhkan untuk anak tkj karena hosting merupakan tempat penyimpanan sebuah data website terimakasih atas materinya yg sangat penting bagi anak tkj

    ReplyDelete
  17. materi yang di berikan pada blog imronkom sangat membantu untuk bisa menguasai tentang hosting dan dapat membantu semua orang agar bisa mempelajari hosting, terimakasih untuk postinganya semoga bisa memposting yang lebih menarik lagi. GOODLUCK PA AIS :)

    ReplyDelete
  18. Menurut saya materi ini sangat bermanfaat dan sangat bagus,memberi saya ilmu tentang hosting ini

    Nadia riski anisa
    XII tkj 2

    ReplyDelete
  19. pak ais terima kasih atas postingan blog ini dan semoga terus semangat membuat materi tentang komputer

    ReplyDelete
  20. Menurut saya. materi hosting ini sangat membantu untuk memberikan pelajaran yg sangat berarti kepada siswa yang menguasai tentang hosting. semua materi sebenarnya sangat dibutuhkan. namun dengan berbagai macam untuk dipelajari khususnya materi ini harus dipelajari lebih lanjut agar bisa lebih paham tentang materi ini. postingannya sangat baik. semoga bisa memposting dg materi materi selanjutnya yg sangat bermanfaat dan menarik bagi pembaca. semangat!

    ReplyDelete
  21. postinganya sangat membantu saya,mengetahui materi hosting,dan bahasaya mudah dipahami
    Aziiz ar

    ReplyDelete
  22. Materi Hosting ini sangat bermanffat karena dari materi tersebut sangat berguna bagi orang orang yang ingin menyewa sebuah hosting karena banyak saran saran seperti jangan terkecoh unlimited bandwith

    ReplyDelete
    Replies
    1. good, fauzan kesimpulan yang sangat bagus, boleh tahu contohnya apa zan ...

      Delete
  23. materi hosting ini sangat bermanfaat dan bisa membuat saya paham tentang materi ini
    terima kasih

    ReplyDelete
  24. kesimpulannya,Hosting adalah penyewaan tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website dan sehingga dapat diakses lewat Internet.jadi materi ini sangat berguna bagi orang-orang yang akan membuat website.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok sip, kesimpulan yang sangat bagus nih ... jangan lupa belajar yang tekun agar nilainya meningkat lagi ...ok... dan sukses selalu buat selfitri

      Delete
  25. materi hosting ini sangat bermanfaat karena membuat orang yang belum tau apa itu hosting menjadi tau...

    terimakash....

    ReplyDelete
  26. terimakasih pak ais untuk pembuatan materi tentang hosting ini. semoga bermanfaat untuk semuanya yang membaca dan tetap semangat terus untuk membuat materi materi baru tentang komputer lainnya.

    ReplyDelete
  27. Thanks pa. blog njenengan sangat bermanaat. menambah pengetahuan saya tentang hosting :)

    ReplyDelete
  28. postingannya sangat membantu dan mudah untuk dipelajari tentang materi hosting, terima kasih pak membuat saya menjadi paham.

    ReplyDelete
  29. terimakasih atas materinya, tentang hostingnya pa,semoga bermanfaat bagi yg lain.

    ReplyDelete
  30. materi ini sangat bermanfaat dan berguna untuk orang yang ingin menyewa hosting dan bisa berhati hati dalam menyewa hosting

    ReplyDelete
  31. materi ini sangat penting bagi mimah

    ReplyDelete
  32. Materi Hosting ini sangat bermanfat karena dari materi tersebut sangat berguna bagi orang orang yang ingin menyewa sebuah hosting karena banyak saran saran seperti jangan terkecoh unlimited bandwith kesimpulannya,Hosting adalah penyewaan tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website dan sehingga dapat diakses lewat Internet.jadi materi ini sangat berguna bagi orang-orang yang akan membaca nya.

    ReplyDelete
  33. menurut saya postingan ini sangat membantu saya untuk lebih mengetahui tentang hosting, terimakasih pak :)

    ReplyDelete
  34. Terima Kasih pak untuk materi tentang Hostingnya, sangat bermanfaat bagi pembaca anak Tkj untuk lebih mengetahui tentang Hosting :)

    ReplyDelete
  35. saya rehan fadillah dari anak tkj mayat

    ReplyDelete
  36. terimakassih ini sangat membantu

    ReplyDelete