Mengaktifkan Google Play Protect di Android

Untuk menjaga performa setiap aplikasi yang terinstall di android dan menjaga agar sistem terhindar dari virus atau malware perlu adanya mengaktifkan fitur google play protect. Fitur ini akan membantu pengguna android ketika ingin menginstall aplikasi yang berbahaya dan berpotensi merusak sistem secara keseluruhan.

Cara Mengaktifkan Google Play Protect di Android


Fitur google play protect secara keseluruhan kinerjanya melakukan filter dan scan agar tidak ada aplikasi
 yang diam-diam menjalankan script berbahaya di android.

Dengan adanya fitur proteksi google play nantinya setiap anda ingin mengunduh aplikasi akan di scanning, jika dianggap aman oleh sistem maka and abisa langsung mengunduh serta memasang aplikasi tersebut.

Namun bila aplikasi yang terindikasi tidak aman maka google play protect akan memberikan peringatan agar anda mengurungkan untuk mengunduh dan menginstallnya karena bila dilanjutkan bisa membahayakan sistem android anda.

Fitur ini juga akan melakukan pemantauan aplikasi yang berjalan, dan ketika ditemukan ancaman maka dari notifikasi yang ditampilkan anda bisa melakukan pencopotan aplikasi dengan menyentuh (tap) 'Uninstall'.

Cara Aktifkan Google Play Protect

Nah, bagi anda yang ingin mengaktifkan fitur google Play protect di smartphone android maka anda harus melakukan update google play dahulu ke versi 11.3, dan fitur ini sudah dapat berjalan di semua perangkat smartphone android. Silahkan simak cara mengaktifkan fitur proteksi google play di bawah ini :

1. Pastikan anda mengupdate dahulu aplikasi google play service anda dengan versi terbaru

2. Langkah selanjutnya bukalah menu pengaturan (settings)> google > Security > Google Play protect

3. kemudian pilih opsi 'scan Device For security Threaths' sampai slider berwarna hijau yang

    tandanya proteksi aktif

Dengan melakukan enable pada fitur proteksi google play service tersebut anda tidak perlu khawatir lagi melakukan kesalahan yang tidak disengaja ketika mengunduh aplikasi yang membahayakan sistem.

Fitur Google play protect bisa berjalan di sistem android Kitkat, Lolipop, android marshmallow, Nougat serta android terbaru OREO. Semoga bermanfaat tips diatas bermanfaat untuk pembaca semua.

0 Response to "Mengaktifkan Google Play Protect di Android"

Post a Comment