Latihan Soal Pilihan Ganda MULTIMEDIA tentang 3D yang muncul di UJIAN NASIONAL KEJURUAN MULTIMEDIA

Latihan Soal Pilihan Ganda MULTIMEDIA tentang 3D yang muncul di UJIAN NASIONAL KEJURUAN MULTIMEDIA
1. Pada dasarnya pengertian animasi adalah menggerakkan objek agar tampak lebih . . . .
A. Bagus
B. Menarik
C. Colorful
D. Dinamis
E. Aesthesis

2. Yang dimaksud dengan gambar 3D adalah …
A. Bentuk dari benda yang mempunyai ruang lebar dan tinggi
B. Bentuk darib enda yang mempunyai ruang benda lebar dan panjang
C. Bentuk dari benda yang mempunyai ruangl ebar, panjang dan tinggi
D. Ruang benda yang memiliki keteraturan bentuk
E. Ruang pada benda yang mempunyai detail panjang dan tinggi yang sama

3. 3DsMax merupakan software  program standar modeling 3D berbasis windows  yang dibuat oleh …
A. Autodesk Coorporation
B. Autodesk Group
C. Autodesk Foundation
D. Yost Group
E. Rich Group

4. Tube adalah perintah untuk membuat  cylinder tabung  yang memiliki  lubang di tengah. Perintah  tersebut  terdapat pada kelompok....
A. splines
B. standart  primitives
C. extended primitives
D. compound  object
E. particle  systems

5. Pada software 3Dmax, terdapat tombol-tombol perintah untuk membuat  objel, baik 2 Dimensi  ataupun 3 Dimensi. Cara membuat object 2 Dimensi yaitu pilih tombol Create -> Shape  -> Splines. Adapun  objek yang dapat dibentuk pada Splines adalah …
A. box
B. sphere
C. star
D. prism
E. pyramids

6. Perhatikanlah  garnbar terlampir  :
Pada software  3D Max, Sebuah modelling  ban akan diberikan  efek Ban Kempes.pada modifier List, Apakah  perintah  yang dapat memfasilitasi objek tersebut ?


Latihan Soal Pilihan Ganda MULTIMEDIA tentang 3D yang muncul di UJIAN NASIONAL KEJURUAN MULTIMEDIA

A. belt

B. bend
C. displace
D. shell
E. lattice

7. Untuk membuat  animasi  dibutuhkan sejumlah  gambar yang pengerjaanya dilakukan dengan  pergerakan gambar  (frame) satu per satu. Semakin  tinggi nilai fps,  maka yang terjadi adalah  ...
A. semakin baik kualitas animasi
B. semakin buruk kualitas animasi
C. semakin besar gambar yang dibutuhkan
D. semakin  sedikit gambar yang dibutuhkan
E. semakin kaku hasil  animasi

8. Bentuk bola pada  pengolah  obyek 3D yang terdiri atas  permukaan-permukaan  segitiga yang setelah  dirender  bola ini  sedikit lebih halus dibandingkan  dengan  bola standar disebut  dengan  ...
A. cylinder
B. plane
C. torus
D. geosphere
E. sphere

9. Fungsi  fasilitas  Dynamic  Object  yaitu  Bomb  adalah …. (UN MULTIMEDIA 2011 PAKET A)
A. menghasilkan  animasi  simulasi  yang  menggambarkan  keadaan  sesungguhnya  dari suatu  benda
B. menghasilkan  animasi  simulasi  tetesan  air, seperti  hujan  dan  sebagainya.
C. menghasilkan  animasi  simulasi  penyebaran  particle  yang  lebih variatif.
D. menghasilkan  animasi  pecahan  yang  berkeping-keping  pada  objek
E. menghasilkan  animasi  simulasi  api,  kabut  dan  asap

10. Yang  bukan  merupakan  objek  basic  primitive  adalah  ....
A. box
B. tube
C. oval
D. torus
E. cylinder

11. Tool yang digunakan  untuk membuat  obyek  segi  enam  adalah  ….
A. oval  tool
B. oval  Primitive tool
C. Polystar tool
D. rectangle  tool
E. rectangle  Primitive tool

12. Untuk memberikan  efek  3 dimensi  dari  objek  2 dimensi  menggunakan …
A. extrude  tool
B. envelope  tool
C. transparency  tool
D. interactive  distrot  tool
E. interactive  contour tool

13. Animasi yang hanya menampilkan satu  bagian dari suatu  gambar  dengan  suatu  objek adalah...
A. blending
B. erasittg
C. floating
D. masking
E. brushing

14. Untuk membentuk  suatu  objek  seolah-olah  objek  tersebut  terbungkus  oleh  suatu bentuk  adalah  fungsi  dari ….
A. extrude  tool
B. envelope  tool
C. transparency tool
D. interactive  distrot  tool
E. interactive contour tool

15. Perintah keyboard (shortcut) untuk merender cepat (quick render) pada software aplikasi 3 dimensi adalah ....
A. F10
B. F6
C. F9
D. F7
E. F8

16. Gabungan jenis visual effect .... dapat membuat objek melayang, menjauh dan berputar-putar dalam  program After Effect.
A. 3D Chanel - Perspective
B. Keying – Matte
C. 3D Chanel - Transform
D. Keying – 3D Chanel
E. Animation preset – 3D Chanel

17. Pada pembuatan  model 3D pada software 3d max dengan  tehnik plan, setelah objek diberi perintah editable polly, untuk menghubungkan  edge satu dengan  edge lainnya, perintah yang  digunakan  adalah ...
A. veltex
B. extrude
C. weld
D. connect
E. target weld

18.Pada software  3DS Max, apakah  fungsi toggle  animation  mode?
A. Menentukan  mode pada motif material.
B. Menonaktifkan  gerakan animasi.
C. Menentukan  mode dalam proses animasi.
D. Mengurangi kecepatan gerakan  animasi.
E. Menentukan  model gerakan  rigging.

19. Pada  aplikasi 3DS Max, untuk membuat sajian  teks 3D yang diberi efek teks pecah atau meledak seperti  pada gambar di bawah  ini, setelah  teks diextrude  maka pada rollout modifier list diberi perintah  ....
Latihan Soal Pilihan Ganda MULTIMEDIA tentang 3D yang muncul di UJIAN NASIONAL KEJURUAN MULTIMEDIA

A. meshbombbinding
B. meshbomb select
C. bend
D. path deform
E. path deform  bomb

20. Salah satu fasilitas discreet 3DSMAX yang berfungsi sebagai pengatur waktu animasi atau perangkat objek adalah ...
A. Boolean
B. Light
C. Material
D. ynamic Object
E. Timeline

21. Extrude adalah perintah untuk ... garis yang telah dibuat menggunakan line pada aplikasi 3DSMax
A. menebalkan
B. mewarnai
C. melubangi
D. menambah
E. memotong

22. Geometri dalam 3DsMax yang berbentuk tunggal dan sederhana disebut ….
A. Standard primitive
B. Geosphere
C. Cylinder
D. Cone
E. Box

23. Bila telah selesai bekerja dengan suatu file 3DsMAX maka anda dapat menyimpan gambar kerja dengan cara …
A. File-reset-yes
B. File-save-reset-exit
C. File-save-ok
D. File-reset-yes
E. File-save-view-yes

24. Secara default, shape yang merupakan objek 2D tidak ikut di render sebelum diubah menjadi objek 3D yaitu dengan mengaktifkan …
A. Section
B. Enderable
C. Vertex
D. Spiline
E. Modify

25. Bola yang terdiri atas permukaan-permukaan segitiga. Setelah dirender bola ini sedikit lebih halus dibandingkan dengan bola standar. Hal ini disebut …
A. Cylinder
B. Plane
C. Torus
D. Geosphere
E. Sphere

26. Geometri yang terdiri dari beberapa torus yang bersambungan disebut …
A. Torus
B. Chamfer
C. Torus knot
D. Capsule
E. Hedra

27. Dalam menentukan apakah batas-batas permukaan pada selinder akan digambar secara halus atau tegas disebut …
A. Slice on
B. Sides
C. Slice from
D. Segments
E. Smooth

28. Dalam software pengolah gambar  3D di kenal dengan istilah viewport,  adalah …
A. Tampilan yang memperlihatkan objek.
B. Ruang 3d yang memperlihatkan objek-objek yang akan dibuat
C. Jendela menuju scene
D. Tombol yang member perintah secara cepat
E. Untuk memodifikasi suatu objek

29. Yang bukan objek yang terdapat dalam extended primitive pada software 3ds max adalah …
A. L-ext
B. C-ext
C. Oval
D. Hedra
E. Hose

30. Untuk memberikan tekstur berupa warna pada objek atau teks pada software 3DsMax, cukup menekan . . . . pada keyboard
A. A
B. B
C. M
D. N

7 Responses to "Latihan Soal Pilihan Ganda MULTIMEDIA tentang 3D yang muncul di UJIAN NASIONAL KEJURUAN MULTIMEDIA"