KUMPULAN ARTI KODE SURAT DI APLIKASI PADAMU NEGERI


KUMPULAN ARTI KODE SURAT DI APLIKASI PADAMU NEGERI
Diagram alur PTK di Padamu Negeri

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Mutu Pendidikan atau yang disingkat BPSDMPK melalui aplikasi Padamu Negeri berupaya menertibkan administrasi kependidikan disemua sekolah berdasar database. Untuk mengelompokkan dan mengurutkan keadministrasiannya dikeluarkan kode yang memudahkan pencarian dokumen. Berikut adalah beberapa kode yang digunakan untuk pendidik dan tenaga pendidikan. Namun dalam hal ini, kami hanya memuat kode untuk guru saja.


KODE KLASIFIKASI PENGAJUAN NUPTK BARU

1. A05 - Formulir Pengajuan NUPTK Baru (Registrasi PTK Verval 1)
    Dokumen ini diajukan oleh Guru yang telah memenuhi kualifikasi 
    pada satuan pendidikan. Syarat yang harus dipenuhi adalah: 
    - Memiliki Ijazah D4/S1
    - Telah menjadi Guru Tetap Yayasan sekurang-kurangnya 4 tahun
      berturut-turut dibuktikan dengan SK GTY.
   SK GTY tidak berlaku surut, maksudnya tidak boleh dibuat tahun 
      berjalan (2015 misalnya) dan didalamnya
      terdapat tulisan menerangkan bahwa guru yang bersangkutan 
      telah mengajar selama 4 tahun. Jadi SK GTY nya harus sesuai tahun
      pengangkatan. Untuk saat ini (2015) maka SK GTY sebelum tangal 1
      Agustus 2010
Dokumen diisi tulis tangan disertai lampiran Copy Ijazah terakhir, Copy SK GTY, copy Kartu Keluarga dan Pas Foto berwarna ukuran 4x6. Setelah ditandatangani, surat ajuan dikumpul ke Operator Sekolah.

2. S02c - Tanda Bukti Registrasi PTK Level 1
    Dokumen ini diberikan oleh Admin Sekolah setelah Verval Level 1 untuk PTK. PTK diminta untuk melakukan aktivasi dan pengisian data agar resmi terdaftar sebagai PTK. PTK wajib mengisi Formulir Data Rinci, Quesioner EDS serta melengkapi berkas untuk bisa mencetak surat ajuan Verval Level 2 dan diserahkan kembali ke Admin Sekolah

3.  S03a/c - Surat Pengajuan Verval Level 2
     PTK mengirimkan surat pengajuan Verval Level 2 ke Admin Sekolah 
     dengan melampirkan copy ijazah SMP/SMA sederajat dan SK Penugasan
     Mengajar 5 tahun terakhir. Untuk yang Peg ID anda akan menerima S03c

4.  S04a - Tanda Bukti Regristasi PTK Level 2
    Dokumen ini diberikan kepada PTK oleh Admin Sekolah bagi PTK yang 
    memenuhi syarat

5.  S05a - Sertifikat Pengesahan sebagai PTK
     Dokumen ini diberikan kepada PTK yang dinyatakan sah sebagai PTK pada satuan pendidikan dan mendapatkan identitas  Peg ID.

6.   S06a - Surat Pengajuan NUPTK Baru
      Surat ini diaujkan oleh PTK yang PegIDnya telah disahkan dan telah
      memenuhi kualifikasi untuk merubahnya menjadi NUPTK. Surat ditujukan
      kepada BPSDMPK melalui akun Admin Dinas/Kota/Mapenda. Pengajuan ini
      ada pada Tab NUPTK Baru disebelah kiri menu. Yang harus dilampirkan
      adalah:
       - Copy Akte Pendirian Yayasan
       - Copy Portofolio terbaru
       - Copy SK GTY 4 tahun berturut-turut tanpa putus dan tidak berlaku SK  
      Surut. Maksud SK Surut adalah SK dibuat tahun saat ini dan ada tulisan
      keterangan telah mengajar selama x tahun.
       - Copy Ijazah terakhir minimal D4/S1 yang dilegalisir

7.  S07a/b - Pakta Integritas
     Dokumen ini diberikan oleh Admin Sekolah kepada PTK bersangkutan. PTK
     mengecek Pakta Integritas kemudian menandatangani diatas materai
     6000. Setelah itu meminta Kepala Sekolah menandatangani dan
     membubuhkan stempel sekolah resmi. Kemudian PTK menyerahkan Pakta
     Integritas kepada Admin Dinas/Kota/Mapenda

8.   S08 - NUPTK Aktif  periode berlangsung
      Adalah surat tanda bukti NUPTK aktif yang diterbitkan setelah Admin
      dinas melakukan VERVAL terhadap berkas dan dokumen S07 yang
      diserahkan oleh PTK. Dokumen S08 ini juga menyatakan bahwa proses
      VERVAL PTK bersangkutan telah LENGKAP dan dinyatakan sebagai NUPTK
      AKTIF periode berlangsung.

9.  S09 -  Surat Tanda Terima Pengajuan NUPTK Baru
     Dokumen ini diberikan oleh Admin Dinas/Kota/Mapenda untuk PTK.

10. S10a - Surat Pengantar Ajuan NUPTK Baru
      Dokumen ini diberikan Amin Dinas/Kota/Mapenda kepada LPMP

11. S11 - Sertifikat Penerbitan NUPTK
      Dokumen ini diberikan oleh Kepala BPSDMPK - PMP melalui LPMP Provinsi
      setempat kepada PTK yang diterbitkan NUPTKnya. Isi dokumen adalah
      NUPTK baru. dengan diterbitkannya NUPTK maka PegID PTK tidak berlaku.

KODE KLASIFIKASI PERUBAHAN DATA & ALIH FUNGSI JABATAN
12. S12a - Surat Pengajuan Perubahan Data Rinci PTK
      Dokumen ini dibuat PTK yang mengalami perubahan data seperti, 
      Penambahan/penguran JTM, Penambahan sekolah non induk, Perubahan
      status dan sebagainya. Surat ini ditujukan kepada Admin Dinas/Kota
      /Mapenda

13. S13 - Surat Data Rinci Persetujuan Perubahan Data PTK
      Dokumen ini diberikan oleh Admin Dinas/Kota/Mapenda kepada PTK

14. S16 - Surat Pengajuan Perubahan (Alih) Fungsi PTK
      Dokumen ini dibuat untuk melakukan perubahan fungsi jabatan dari Staff
       menjadi Guru maupun sebaliknya. Juga perubahan golongan dai NON 
       PNS menjadi PNS . Ditujukan kepada Admin Dinas/Kota/mapenda.

15. S17 - Surat Tanda Bukti Persetuan Alih PTK
      Dokumen ini diberikan oleh Admin Dinas/Kota/Mapenda kepada PTK


KODE KLASIFIKASI AKTIF PTK DISEKOLAH NON INDUK
16. S20 - Surat Ajuan Aktivasi PTK Di Sekolah Non Induk
      Dokumen ini dibuat oleh PTK yang memiliki riwayat mengajar disekolah
      lain. Surat ditujukan kepada Kepala Sekolah Non Induk, apabila 
      dikabulkan maka disampaikan ke Admin Sekolah Non Induk. PTK juga
      harus membubuhkan Tndatangan Kepala Sekolah Induk dengan Stempel
      Sekolah Resmi.

17. S21 - Surat Tanda Bukti Penerimaan PTK Disekolah Non Induk
     Dokumen ini diberikan kepada oleh Admin Sekolah Non Induk kepada PTK
     yang mengajukan.


KODE KLASIFIKASI PKG - PENGAWAS PEMBINA & KEAKTIFAN PTK
18. S22 - Surat Pengajuan Hasil Penilaian Kerja
      Dokumen ini diajukan oleh Kepala Sekolah kepada Admin Kota/Dinas
      /Mapenda untuk persetujuan nilai PKG

19. S23a - Surat Tanda Bukti Hasil Penilaian Kerja
       Dokumen ini diberikan kepada pihak sekolah oleh Admin Kota/Dinas
       /Mapenda setelah menerima dan menyetujui hasil penilaian kerja.
       Selanjutnya digunakan untuk mengaktifkan NUPTK Kepala Sekolah

20. S24 - Surat Pengajuan Pengawas Pembina Guru
     Dokumen ini diajukan oleh PTK untuk didaftarkan sebagai binaan dari
     salah satu Pengawas Guru kepada Admin Dinas/Kota/Mapenda

21. S25a - Surat Ajuan Pengaktifan PTK Kolektif Periode Berlangsung
     Dokumen ini diajukan Kepala sekolah untuk keaktifan PTK pada periode
     berlangsung. Dalam membuat surat ajuan ini tugas admin sekolah adalah:
     - Menginput semua data siswa yang aktif
     - Menginput Jadwal Mata Pelajaran Mingguan
     - Menginput tenaga Tata Usaha. 

22. S25b - Surat Tanda Bukti Penerimaan Ajuan Pengaktifan PTK Kolektif
     Dokumen ini diterbitkan oleh Admin Dinas/Kota/Mapenda sebagai bukti PTK telah diaktifkan pada periode (semester) berlangsung.


KODE KLASIFIKASI NRG: AJUAN BARU - VERVAL & SENGKETA
23. S26a - Surat Ajuan Nomor Registrasi Guru (NRG) Baru
     adalah surat ajuan untuk mendapatkan Nomor Registrasi Guru (NRG) 
     baru yang diterbitkan/dicetak oleh PTK yang belum memiliki NRG dan 
     S26a ini diserahkan kepada Admin Dinas setempat. Untuk PTK yang
     dibawah nanungan Kemenag yang NRGnya tidak terdeteksi wajib
     mengajukan NRG Baru.

24. S26b2 - Surat Ajuan Verval NRG
     Surat ini diajukan PTK pemilik NRG kepada Kepala Dinas/Mapenda 
     sebagai Surat Permohonan untuk memvalidasi NRG PTK bersangkutan

25. S26b3 - Surat Ajuan Klaim NRG
     Surat ini diajukan PTK yang memiliki NRG yang bermasalah karena 
     ada sengketa NRG.Misalnya pada saat input NRG ternyata yang 
     muncul adalah nama orang lain. PTK harus merubah dengan 
     mengedit dengan data yang benar.

26. S26b4 - Surat Ajuan Penyelesaian Sengketa NRG
     Surat ini diajukan PTK yang memiliki NRG bermasalah dan 
     telah mengajukan S26b3. Isi dari surat ini adalah meminta pihak 
     Dinas Pendidikan/mapenda untuk mengambil alih NRG yang telah 
     digunakan oleh PTK lain dengan melampirkan bukti copy sertifikat guru.

27. S26b5 - Surat Ajuan Perbaikan Data NRG
      Surat ini diajukan oleh PTK yang melakukan perbaikan data dan dikoreksi
      kepada Admin Dinas/Kota/Mapenda. Untuk proses Verval biasanya guru
      naungan Mapenda yang NRGnya terdeteksi akan mengajukan ini.

28. S26c - Surat Tanda Terima Ajuan/ Verval NRG
     Surat ini diterbitkan oleh Admin Dinas/Kota/Mapenda untuk 
     diberikan kepada PTK yang mengajukan

29. S26c5 - Tanda Terima Ajuan Perbaikan Data NRG
     Surat ini diterbitkan oleh Admin Dinas/Kota/Mapenda untuk PTK 
     yang mengajukan pelaporan sengketa NRG.


Demikianlah kode-kode yang terdapat pada aplikasi Padmu Negeri dalam administrasi PTK. Bila ada yang salah atau kurang mohon ditulis pada kolom komentar. Semua kesalahan datangnya dari kekurangan saya. Terimakasih semoga bermanfaat

0 Response to "KUMPULAN ARTI KODE SURAT DI APLIKASI PADAMU NEGERI"

Post a Comment