Sekolah : SMA…….
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : XII IPS
Materi Pokok : Karakteristik Perusahaan Dagang
Alokasi Waktu : 4 JP x 45 menit (2 pertemuan)
I.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengkaji berbagai sumber belajar, melalui
pendekatan saintifik dengan model pembelajaran Problem Based Learning with Summary
Card peserta didik dapat menganalisis penyusunan
siklus akuntansi pada perusahaan dagang dan membuat laporan keuangan pada perusahaan dagang dengan mengembangkan sikap kemandirian, jujur, penuh tanggung jawab, bekerja keras dan
bekerja sama.
II. Langkah-langkah
Pembelajaran
Tahap/Sintaks
|
Langkah-langkah pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
PENDAHULUAN
|
15 menit
|
|
Melalui
tampilan video ekonomi tentang perusahaan dagang diberi pertanyaan awal
apakah perbedaan perusahaan jasa dan dagang? transaksi apa sajakah yang
terjadi di perusahaan dagang?
|
||
KEGIATAN INTI
|
150 menit
|
|
Mengorientasikan peserta didik terhadap masalah
|
Peserta didik mencermati sajian
masalah di LPKD dengan berkelompok dengan diajukan
pertanyaan pengarah untuk mendorong peserta didik memprediksi atau mengajukan
dugaan (hipotesis)
|
|
Mengorganisasi peserta didik
untuk belajar
|
Peserta
didik diorganisasikan untuk belajar dalam
bentuk diskusi kelompok kecil, dijelaskan lebih rinci alternatif-alternatif strategi untuk menyelesaikan
masalah yang ditentukan
di LKPD melalui penyusunan Summary Card :
Kelompok
1 Karakteristik Perusahaan Dagang
Kelompok
2 Transaksi Perusahaan Dagang
Kelompok
3 Akun-akun pada Perusahaan Dagang
|
|
Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok
|
Peserta didik dibimbing
untuk menyelidiki melalui berbagai informasi dan refernsi dari media .
Pengumpulan informasi data diklasifikasikan dan dianalisis untuk pemecahan
masalah.
|
|
Mengembangkan dan
menyajikan hasil karya
|
Setiap kelompok mempresentasikan
hasil dari Summary Card, kelompok
yang lain menanggapi.
|
|
Menganalisis dan mengevaluasi
proses pemecahan masalah
|
Peserta didik mengkritisi hasil Summary Card dengan menganalisis dan
mengevaluasinya serta memberikan kesimpulan tentang Siklus Akuntansi
Perusahaan Dagang.
|
|
PENUTUP
|
15 menit
|
|
Peserta didik dapat menganalisis dan
menyimpulkan ciri-ciri perusahaan dagang dengan karakteristiknya melalui
diskusi kelompok dan dari berbagai sumber media informasi yang ada,
mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari
|
III. Penilaian
1)
Penilaian Sikap : Observasi dan Jurnal dengan instrument sikap
2)
Pengetahuan : Tes Tertulis (PG dan Uraian) dan Penugasan
3)
Keterampilan : Praktek LKPD dan Produk
Mengetahui ……………………………
Kepala SMA, Guru
Mata Pelajaran,
……………………………… …………………………….
NIP. NIP.
0 Response to "Contoh RPP SMA Satu Lembar ( Mapel Ekonomi )"
Post a Comment