Contoh RPP SMA Satu Lembar ( Mapel Ekonomi )

imronkom.blogspot.com


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                                        :  SMA…….
Mata Pelajaran                             :  EKONOMI
Kelas/Semester                             :  XII IPS
Materi Pokok                               :  Karakteristik Perusahaan Dagang
                   Alokasi Waktu                             :  4 JP x 45 menit (2 pertemuan)

I.         Tujuan Pembelajaran
Setelah mengkaji berbagai sumber belajar, melalui pendekatan saintifik dengan model pembelajaran Problem Based Learning with Summary Card peserta didik dapat menganalisis penyusunan siklus akuntansi pada perusahaan dagang dan membuat laporan keuangan pada perusahaan dagang dengan mengembangkan sikap kemandirian, jujur,  penuh tanggung jawab, bekerja keras dan bekerja sama.

II.      Langkah-langkah Pembelajaran
Tahap/Sintaks
Langkah-langkah pembelajaran
Alokasi waktu

PENDAHULUAN
15 menit

Melalui tampilan video ekonomi tentang perusahaan dagang diberi pertanyaan awal apakah perbedaan perusahaan jasa dan dagang? transaksi apa sajakah yang terjadi di perusahaan dagang?


KEGIATAN INTI
150 menit
Mengorientasikan peserta didik terhadap masalah
Peserta didik mencermati sajian masalah di LPKD dengan berkelompok dengan diajukan pertanyaan pengarah untuk mendorong peserta didik memprediksi atau mengajukan dugaan (hipotesis)

Mengorganisasi peserta didik untuk belajar

Peserta didik diorganisasikan untuk belajar dalam bentuk diskusi kelompok kecil, dijelaskan lebih rinci alternatif-alternatif strategi untuk menyelesaikan masalah yang ditentukan di LKPD melalui penyusunan Summary Card :
Kelompok 1 Karakteristik Perusahaan Dagang
Kelompok 2 Transaksi Perusahaan Dagang
Kelompok 3 Akun-akun pada Perusahaan Dagang

Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok

Peserta didik dibimbing untuk menyelidiki melalui berbagai informasi dan refernsi dari media . Pengumpulan informasi data diklasifikasikan dan dianalisis untuk pemecahan masalah.

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Setiap kelompok mempresentasikan hasil dari Summary Card, kelompok yang lain menanggapi.

Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

Peserta didik mengkritisi hasil Summary Card dengan menganalisis dan mengevaluasinya serta memberikan kesimpulan tentang Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang.


PENUTUP
15 menit

Peserta didik dapat menganalisis dan menyimpulkan ciri-ciri perusahaan dagang dengan karakteristiknya melalui diskusi kelompok dan dari berbagai sumber media informasi yang ada, mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari

III. Penilaian
1)        Penilaian Sikap       : Observasi dan Jurnal dengan instrument sikap
2)        Pengetahuan            : Tes Tertulis (PG dan Uraian) dan Penugasan
3)        Keterampilan          : Praktek LKPD dan Produk

Mengetahui                                                     ……………………………               
Kepala SMA,                                                  Guru Mata Pelajaran,
                                                 
………………………………                        …………………………….
NIP.                                                                NIP.

0 Response to "Contoh RPP SMA Satu Lembar ( Mapel Ekonomi )"

Post a Comment