Menganalisis peluang usaha produk barang/jasa

Menganalisis peluang usaha produk barang/jasa

Menganalisis peluang usaha produk barang/jasa

Pengertian analis peluang usaha
Adalah suatu analisis yang bertujuan untuk mengetahui apakah usaha tersebut dapat dikerjakan ,dilaksanakan,dan untuk memberikan keuntungan dikemudian hari.


Cara mengidentifikasi peluang usaha yang ada bisa dicari,asalkan wirausaha mau bekerja keras,ulet,dan percaya kepada kemmpuan diri sendiri .untuk menggali dan memenfaatkan peluang usaha seorang wirausaha harus berpikir positif dan kreatif yaitu dengan cara :

a.Percaya bahwa usaha dapat dilaksanakan
b.Menerima gagasan baru
c.Bertanya pada diri sendiri
d.Mendengarkan saran dari orang lain
e.Memiliki etos kerja tinggi
f.Pandai berkomunikasi

Menurut paul charlap ada 4 rumusan mencapai sukses yang mencangkup
a.Work hard / bekerja keras
b.Work smart / bekerja cerdas
c.Enthusiasm / kegairahan
d.Service / pelayanan

Seorang wirausaha harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup untuk mengarahkan dirinya guna memperoleh peluang,menyusun konsep usaha,merencanakan produk pasar,mengembangkan diri serta dibekali dengan teknik teknik usaha tertentu. Banyak bisnis usaha  yang bisa dikelola,mana yang akan dipilih  bergantung pada beberapa hal,antara lain :
a.Minat seseorang
b.Modal yang dimiliki
c.Relasi yang dimiliki
d.Dan berbagai peluang lainnya

Setiap usaha yang dijalani pasti berorentasi mencari laba,anamun saat anda berusaha,tidak akan terlepas dari resiko yang akan dihadapi.hal tersebut tidak perlu dicemaskan karena hanya akan memperlambat dan menghambat usaha. Untuk mengantisifasinya persiapkan perhitungan secara matang .langkah usaha yang akan ditempuh sehingga akan mengurangi resiko yang dihadapi,ketersediaan informasi bagi seorang wirausaha mutlak diperlukan.

Setelah seorang wirausaha mewujudkan ide dan peluang usaha tersebut,sebaiknya mulailah dari usaha yang bersekala kcil terdahulu.disamping itu memperkecil resiko,langkah tersebut juga membantu mendayagunakan modal dan memantapkan strategi usaha. Dalam dunia bisnis  selalu ada ungkapan  “ dengan pengorbanan yang sekecil kecilnya u ntuk mendapatkan hasil yang sebesar besarnya “. Faktanya untuk menjalankan ungkapan tersebut memang sulit dan tidak semudah membalikan telapak tangan .

Tujuan dan manfaat analisis peluang usaha
Tujuan  dari disusunnya analasis peluang usaha untuk mengetahui apakah suatu usaha tersebut layak / tidak untuk dilaksanakan ,serta untuk mengethui laba dan rugi usaha tersebut kedepannya.

Analisis lain adalah dengan melakukan observasi langsung ke konsumen untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan yang ada di masyarakat.dari observasi tersebut kita dapat mengetahui besar kecilnya minat konsumen terhadap usaha yang sedang dilaksanakan.kesimpulannya produk yang dibuat harus mampu menarik minat sehingga kegagalan usaha dapat dihindari,selain itu produk juga bisa  dibuat lebih terjangkau bagi konsumen dengan cara :
a.Memilih dan membuat produk yang bermanfaat,berkualitas dan laku terjual denga harga bersaing
b.Membuat desain baru dengan harga terjangkau
c.Membuat produk lebih cepat dan murah
d.Memilih dan menetukan wilayah pemasaran yang lebih menguntungkan

Metode pendekatan analisis peluang usaha
Peluang usaha baru dapat muncul dari sekitar kita ,biasanya dari siituasi yang tidak diduga .untuk mengembangkan ide dan gagasan tentang peluang usaha kita harus berpikir secara :
a.Positif  arahkan pada hal hal yang mempermudah dan bermanfaat
b.Kreatif arahkan pada hal hal yang akan membuat orang tertarik pada produk kita
c.Iinovatif arahkan pada penciptaan produk baru yang berguna  dimasyarakat
d.Inisiatif langsung bergerak jangan di tunda lagi
e.Fleksibel sesuaikan dengan perubahan yang terjadi
f.Responsible dapat selalu mengikuti perkembangan yang terjadi

Analisis peluang usaha merupakan salah satu cxara /strategi dalam memulai sebuah usaha agar dalam menjalankan usahanya seorang wirausahawan sudah memiliki gambaran seperti apa usahanya dan bagaimana cara mengelola dan menjalankan usahanya.adapun dalam pemilihan produk berupa barang yang dapat menciptakan peluang usaha adalah dengan mempertimbangkan produk produk yang :
a.Mudah dalam pemakaian
b.Efisien dalam penggunaanya
c.Kualitas produk terjamin
d.Hemat dalam pemakaian
e.Adanya jaminan keamanan dalam pemakaian

Pemetaan analisis produk dapat diperjelas dan dikelompokan sbb:
a.Produk yang dapat memeprmudah pekerjaan rumah
b.Produk yang dapat mempermudah pekerjaan diluar rumah
c.Produk lainnya yang dibutuhkan tanpa mengenal tempat

Modul : Modul Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XI TKJ.RPL,MM

0 Response to "Menganalisis peluang usaha produk barang/jasa "

Post a Comment