Tips aman dari cyber nakal saat geratisan hospot

Banyak kejadian Korban kejahatan cyber terjadi ketika seseorang sedang berada pada jaringan terbuka alias WiFi gratisan. Ada yang kebobolan akun social media, ada yang ponselnya disusupi malware dan bahkan ada juga yang kebobolan akun banking sehingga dana di Bank terkuras tanpa disadari sebelumnya.
Lalu bagaimana caranya agar kita terhindar dari ulah usil para cyber nakal ketika kita sedang asik berselancar atau menggunakan jaringan Hotspot gratisan?, simak tips singkatnya di bawah ini yang telah direkomendasikan oleh Perusahaan Antivirus Norton by Symantec.
  1. Jangan pernah anda meninggalkan smartphone atau perangkat laptop tanpa pengawasan walau hanya sesaat
  2. Jangan mengatur seara otomatis jaringan wireless dengan jaringan yang terdekat, lebih baik pilihlah secara manual jaringan Wifi dari hotspot yang tersedia
  3. Pastikan mengakses Hotspot yang SSID-nya jelas kepemilikannya, jadi kita tahu punya siapa itu jaringan.
  4. Matikan fitur file sharing di smartphone atau laptop agar tidak bisa diakses secara mudah dari user lain yang ada di jaringan.
  5. Hindari melakukan transaksi perbankan dan proses masuk ke akun penting milik anda di jaringan hotspot gratisan, hal tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti menghindari pencurian akun.
  6. Selalu gunakan antivirus terupdate ketika anda seringkali berada pada jaringan terbuka, karena malware dan spyware sering menyerang via koneksi Wifi tanpa firewall
  7. Putuskan koneksi ketika perangkat anda tidak sedang gunakan, anda tidak akan tahu ketika anda lengah tiba-tiba perangkat sedang diakses secara diam-diam dari jarak jauh oleh pihak lain (remote)
  8. Gunakan Wifi gratisan hanya ketika anda sedang kepepet saja, maksudnya jangan mentang-mentang di setiap tempat yang anda singgahi ada Hotspot tanpa security lalu anda masuki, itu sangat berbahaya.
Baca Juga : kelebihan-kelabihan Android KitKat
                   Tips Cara melacak HP android yang hilang


Semoga beberapa tips diatas bisa dipraktekkan para pengguna perangkat selular maupun PC untuk menjaga keamanan dari serangan cyber ketika berada di jaringan WiFi Gratisan.

0 Response to "Tips aman dari cyber nakal saat geratisan hospot "

Post a Comment