Soal Ulangan Tengah Semester 1 PPKN Kelas XI SMK/SMA Semua Jurusan K13

Soal Ulangan Tengah Semester 1 PPKN Kelas XI SMK/SMA Semua Jurusan K13
 
ULANGAN TENGAH SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2017-2018
LEMBAR SOAL
Mata Pelajaran         :  Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKN)
Kelas                       : XI Semua Jurusan
Hari / Tanggal           : Selasa,26 September 2017
Waktu                      : 07.30 – 08.30 (60 Menit )

PETUNJUK 

Jawablah Pertanyaan Dengan Baik Dan Benar Pada Lembar Jawaban Yang Telah Tersedia!

1.Bahwa pada diri manusia selalu melekat tiga hal, yakni hidup, kebebasan dan kebahagiaan. Kettiga hal tersebut merupakan sesuatu yang sangat mendasar yang harus dimiliki oleh manusia. Tanpa ketiga hal tersebut manusia akan hidup tanpa arah, bahkan tidak akan menjadi seutuhnya. Sesuatu yang mendasar itu dalam pengertian lain disebut hak asasi.sebutkan devinisi hak asasi manusia menurut Jan Materson?

2.HAM sebagian hak-hak yang melekat dalam diri manusia, dan tanpa hak itu manusia tidak dapat hidup sebagai manusia. Dari pengertian tersebut, maka pada hakekatnya dalm HAM terkandung dua makna sebutkan 2(dua) makna Hakekat Hak Asasi Manusia!

3.Sebutkan 4(Empat) Ciri-Ciri Khusus Hak Asasi Manusia!

4.Jelaskan Makna Hakiki dalam Hak Asasi Manusia!

5.Apakan yang dimaksud bahwa hak asasi Manusia bersifat Universal!

6.Kewajiban secara sederhana dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Dengan demikian kewajiban asasi dapat diartikan sebagai kewajiban dasar setiap manusia. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kewajiban dasar manusia?

7.Karakteristik penegakan hak asasi manusia berbeda-beda antara negara yang satu dengan negara yang lain. Ideologi, kebudayaan dan nilai-nilai khas yang dimiliki suatu negara akan mempengaruhi pola penegakan hak asasi manusia di suatu negara. Berlandasan apakah proses penegakan HAM di Indonesia? 

8.Pancasila merupakan ideologi mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan. Pancasila sangat menghormati hak asasi stiap warga negara maupun bukan warga negara indonesia. Bagaimana pancasila menjamin hak asasi manusia? Pancasila menjamin hak asasi manusia melalui nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Sebutkan 3(tiga) nilai yang terkandung dalam Pancasila tersebut?

9.Sebutkan 3(tiga) sikap yang ditunjukan yang berkaitan dengan penegakan Hak Asasi Manusia yang terdapat pada sila ketuhanan yang maha Esa?

10.Sebutkan 3(tiga) faktor-faktor yang menyebabkan pelanggaran Hak asasi manusia baik internal maupun ekstrnal?

Semoga Bermanfaat ....


0 Response to "Soal Ulangan Tengah Semester 1 PPKN Kelas XI SMK/SMA Semua Jurusan K13"

Post a Comment