Satuan Pendidikan : SMK ……
Mata Pelajaran :
Komputer dan Jaringan Dasar
Kelas/Semester :
X / 1
Topik Pokok : Spesifikasi Komponen Utama Perangkat Keras
(3.2 dan 4.2)
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
A.
Kompetensi
Inti (KI)
KI 3:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4:
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
3.2
Menganalisis spesifikasi komponen utama
pada perangkat keras komputer, notebook, smartphone dan tablet dalam menentukan
kebutuhan pekerjaan
4.2 Menetapkan spesifikasi komponen
utama pada perangkat keras komputer, notebook, smartphone dan tablet dalam
menentukan kebutuhan pekerjaan
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
3.2.1
Memahami
spesifikasi komponen utama pada perangkat keras komputer, notebook, smartphone
dan tablet
3.2.2
Menganalisis spesifikasi komponen utama pada perangkat keras komputer,
notebook, smartphone dan tablet
4.2.1
Memilih spesifikasi komponen utama pada perangkat keras komputer,
notebook, smartphone dan tablet
4.2.2
Menetapkan perangkat keras komputer, notebook, smartphone dan tablet Menafsirkan
fungsi teks berita dan menyimpulkannya
D. Tujuan Pembelajaran
3.2.1
Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik
akan dapat :
a.
Memahami spesifikasi komponen komputer, notebook,
smartphone dan tablet dengan benar
dan santun
b.
Menjelaskan spesifikasi komponen komputer, notebook, smartphone
dan tablet dengan benar
dan percaya diri
3.2.2 Setelah berdiskusi
dan menggali informasi, peserta didik akan dapat:
a.
Menguraikan spesifikasi komponen
komputer, notebook, smartphone dan tablet dengan benar dan santun
b.
Menganalisis
spesifikasi komponen komputer, notebook,
smartphone dan tablet dengan benar
dan percaya diri
4.2.1 Setelah
mempelajari spesifikasi perangkat keras dan berdiskusi dengan teman
sebangku,
peserta didik akan memilih spesifikasi perangkat keras dengan percaya diri
4.2.2 Setelah mempelajari spesifikasi perangkat keras dan berdiskusi
dengan teman
sebangku, peserta didik akan menetapkan spesifikasi perangkat
keras dengan percaya diri
E. Materi
Pembelajaran
1.
INPUT
DEVICE
Adalah perangkat
keras yg berfungsi sebagai alat masukkan data ke komputer.
2.
PROSESS DEVICE
adalah sebagai
alat pemroses kerja komputer.
3.
OUTPUT
DEVICE
Adalah perangkat keras yg berfungsi
sebagai alat keluaran dari data yg dimasukkan oleh input device yg telah
diproses komputer.
*hasil dari output device ini dapat berupa ; hard-copy ataupun
soft-copy
~hard-copy, data dikeluarkan pada media yg berupa fisik,
ex:kertas.
~soft-copy, data dikeluarkan dalam bentuk audio ataupun
graphic, ex:speaker,monitor.
4.
STORAGE
DEVICE
Atau MEDIA
PENYIMPANAN adalah perangkat keras yg berfungsi untuk menyimpan data baik
secara permanen ataupun sementara.
5.
PERIPHERAL
Adalah perangkat keras tambahan yg
berfungsi untuk membantu kerja komputer.
F.
Pendekatan, Model, dan Metode
Pendekatan :
Saintifik
Model pembelajaran :
Discovery Learning
Metode :
Diskusi, Ceramah
G. Kegiatan
Pembelajaran
Langkah Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru
memberi salam, selanjutnya menanyakan
kabar peserta didik
2. Salah satu peserta didik memimpin berdoa sebelum
memulai pelajaran
3. Peserta didik mengecek kebersihan
kelas
4. Guru
memberikan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan
5. Peserta didik
diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya.
6.
Guru
menanggapi jawaban peserta didik dan mengaitkannya dengan materi pembelajaran
hari ini.
7.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai:
8. Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang
akan dilakukan peserta didik.
9. Guru
menyampaikan hal-hal yang akan dinilai dan teknik
penilaiannya.
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Pemberian stimulus: (Mengamati)
·
Guru mengajak peserta didik menonton
tayangan video berbentuk spesifikasi perangkat keras
·
Peserta didik menonton spesifikasi perangkat
keras
berbentuk video
·
Guru meminta peserta didik untuk membaca
teks spesifikasi
perangkat keras dalam kelompok kecil (teman sebangku)
Peserta didik membaca teks spesifikasi perangkat keras
·
Guru memberikan kesempatan kepada peserta
didik untuk bertanya seputar video spesifikasi perangkat keras yang
ditayangkan
·
Peserta didik
bertanya seputar video spesifikasi perangkat
keras yang ditayangkan
·
Guru memberi
kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya seputar teks spesifikasi perangkat keras (isi,
teknologi, dll)
·
Peserta didik
bertanya seputar teks spesifikasi perangkat
keras
3.
Pengumpulan data: (Mengumpulkan informasi)
·
Guru
menugaskan peserta didik dalam kelompok menentukan spesifikasi
perangkat keras komputer
·
Peserta didik
menentukan spesifikasi perangkat keras komputer melalui e-book, LKS, dan internet
·
Guru meminta
peserta didik saling bertukar hasil pekerjaan
Peserta didik
saling bertukar hasil pekerjaan untuk membandingkan data yang dikumpulkan
4.
Pengolahan data dan Pembuktian: (Menalar)
·
Peserta didik
menugaskan peserta didik menyampaikan hasil pembandingan data yang dipunya
dengan pekerjaan teman
·
Peserta didik
menyampaikan hasil pengumpulan data yang telah dibandingkan (persamaan dan
perbedaan) berdasarkan literatur
5.
Menarik Kesimpulan (Mengomunikasikan)
·
Guru
menugaskan peserta didik menentukan spesifikasi perangkat
keras komputer berdasarkan hasil verifikasi data
dengan kelompok lain disertai contoh/bukti
· Peserta didik menyimpulkan spesifikasi
perangkat keras komputer disertai
contoh/bukti berdasarkan hasil verifikasi data
|
60 menit
|
Kegiatan Penutup
|
1. Guru
mengajak
peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan dan
ditulis dalam buku catatan masing-masing.
2. Guru
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3. Guru
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok dan
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
4. Guru memberi
tugas secara berkelompok untuk membaca buku dan beberapa spesifikasi
hardware.
5. Salah satu peserta didik
memimpin doa untuk mengakhiri pelajaran
6. Guru
menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.
|
15 menit
|
H. Penilaian Pembelajaran, Remedial
dan Pengayaan
Penilaian
1.
Jenis/teknik penilaian
a.
Pengetahuan : Tes Tertulis dan Penugasan
b.
Keterampilan : Penugasan
2.
Instrumen Penilaian
A. Instrumen Penilaian Kompetensi Pengetahuan (KD 3.2)
a.
Tes Tulis
Contoh kisi-kisi tes tertulis
NO
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
No. Soal
|
Bentuk Soal
|
1
|
3.2 Menganalisis spesifikasi komponen utama pada
perangkat keras komputer, notebook, smartphone dan tablet dalam menentukan
kebutuhan pekerjaan
|
Komponen utama perangkat keras
|
Disajikan sebuah pengertian perangkat keras, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat
|
1
|
PG
|
2
|
Spesifikasi komputer
|
Disajikan struktur spesifikasi komputer, siswa dapat
menentukan yang bukan bagian dari struktur berita
|
2
|
PG
|
|
3
|
Spesifikasi komputer
|
Disajikan struktur spesifikasi komputer, siswa dapat menentukan yang merupakan struktur komputer
|
3
|
PG
|
|
4
|
Spesifikasi input divice (unit masukan)
|
Disajikan spesifikasi input divice, siswa dapat
menentukan struktur spesifikasi input divice
|
4
|
PG
|
|
5
|
Spesifikasi input divice (unit masukan)
|
Disajikan spesifikasi input divice, siswa dapat
menentukan spesifikasi input
divice
|
5
|
PG
|
|
6
|
Spesifikasi Process device (unit Pemrosesan)
|
Disajikan spesifikasi Process device, siswa dapat menentukan spesifikasi Process device
|
6
|
PG
|
|
7
|
Spesifikasi Output device (unit keluaran)
|
Disajikan spesifikasi Output device, siswa dapat menentukan Output
device yang digunakan
|
7
|
PG
|
|
8
|
Spesifikasi Backing Storage ( unit
penyimpanan)
|
Disajikan spesifikasi Backing Storage, siswa dapat menentukan spesifikasi Backing
Storage
|
8
|
PG
|
|
9
|
Spesifikasi Backing Storage ( unit
penyimpanan)
|
Disajikan Spesifikasi Backing Storage, siswa dapat menemukan Spesifikasi Backing Storage
|
9
|
PG
|
|
10
|
Spesifikasi Periferal ( unit tambahan)
|
Disajikan Spesifikasi Periferal, siswa dapat menentukan jenis Spesifikasi Periferal
|
10
|
PG
|
Soal pilihan ganda
1. Soal Pilihan Ganda
NO
|
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
Skor/
bobot
|
1
|
CPU merupakan otak sistem komputer, dan
memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu . . .
a.
CPU dan Memory
b.
ALU dan CU
c.
ALU dan RAM
d.
CU dan CPU
A. e. Unit
kendali dan hardisk
|
B
|
1
|
2
|
Yang dimaksud dengan perangkat keras adalah.. .
a. Peralatan
komputer itu sendiri
b. Software
c. Ms. Office
d. Linux
A. e. Windows
|
A
|
1
|
3
|
Yang dimaksud dengan register adalah . . . .
a.
Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan
akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang
sedang diproses sementara data dan instruksi lainnya yang menunggu giliran
untuk diproses masih disimpan di dalam memori utama.
b.
Register adalah Komponen yang digunakan untuk menyimpan alamat lokasi
dari memori utama yang berisi instruksi yang sedang diproses.
c.
Bagian komponen yang digunakan untuk memberikan sistem pengelamatan
pada komputer.
d.
mempunyai kegunaan umum yang berhubungan dengan data yang sedang
diproses. Sebagai contoh, register jenis ini yang digunakan untuk menampung
data yang sedang diolah disebut dengan operand register, sedang untuk
menampung hasil pengolahan disebut accumulator
A. e. digunakan untuk menampung data atau
instruksi hasil pengiriman dari memori utama ke CPU atau menampung data yang
akan direkam ke memori utama dari hasil pengolahan oleh CPU.
|
A
|
1
|
4
|
Modem umumnya memiliki fungsi utama, yaitu
. . .
a.
Mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya.
b.
Mengubah sinyal digital menjadi sinyal inframerah
c.
Sinyal digital dan inframerah yang saling terhubung
d.
Mengubah sinyal analog menjadi sinyal bluetooth.
A.
e. Mengubah sinyal bluethoot menjadi sinyal
inframerah
|
A
|
1
|
5
|
Alat yang berfungsi untuk memasukan data
atau perintah ke dalam komputer adalah.....
a. Cdrom
b. Floppydisk
c. Input device
d. Output device
A.
e. Flashdisk
|
C
|
1
|
6
|
CPU
terdiri dari dua bagian utama yaitu . . .
a. Unit kendali dan hardisk
b. Control unit dan mainboard
c. Unit kendali dan unit aritmetika dan
logika
d. Perintah dasar dan pemograman
A.
e. Sistem operasi dan hardware
|
C
|
1
|
7
|
Dibawah ini yang bukan merupakan peralatan output yaitu....
a. Keyboard,printer,mouse
b. Monitor,cpu,ram
c. Mouse,joystick,hardisk
d. Ram,flashdisk,cd/dvd
A.
e. Barcode,scaner,light pen
|
E
|
1
|
8
|
Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu
memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random
Access Memory) yang berfungsi untuk .. . .
a.
menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu.
b.
Penyimpanan yang permanen
c.
Penyimpanan yg bersifat permanen dan menyimpan bekas kerja dari
program yg berjalan
d.
Penyimpanan sistem operasi
A.
e. Penyimpanan untuk sistem output input
|
A
|
1
|
9
|
Salah
satu jenis RAM yang lebih responsif dibandingkan dengan RAM biasa, dinamakan
. . .
a. ROM
b. RAM
c. Hardisk
d. CPU
e. Cache
|
E
|
1
|
10
|
Kartu
jaringan adalah . . .
a. Kartu untuk membayar pulsa internet
b. Kartu untuk menghubungkan komputer
dengan phonecell
c. kartu yang berfungsi sebagai jembatan
dari komputer ke sebuah jaringan komputer
d. kartu yang berfungsi untuk mengubah
data primer menjadi data sekunder
e. kartu yang digunakan untuk menghidupkan
komputer
|
C
|
1
|
TOTAL SKOR MAKSIMAL
|
10
|
Nilai tes tertulis (pilihan ganda dan uraian)
Nilai = skor PG x 100
skor maks PG
|
Instrumen penilaian penugasan
TUGAS : Buatlah artikel diinternet dalam blog pribadi
tentang “spesifikasi komputer, notebook, smartphone dan tablet”, kemudian
analisislah struktur dan perangkat kerasnya !
PEDOMAN PENSEKORAN:
1. Analisis struktur komputer : A. ALU, B. CU,
C. Register
2. Analisis perangkat
keras: A. Smartphone, B.
Notebook, C. Tablet
|
Instrumen Penilaian Keterampilan
Instrumen
|
Skor
(1-4)
|
Ket.
|
||
T
(3-4)
|
KT
(2)
|
TT
(1)
|
||
1. Tuliskanlah informasi terbaru tentang
smartphone dan tablet dengan
tepat!
|
||||
2. Interpretasikanlah dengan bahasa Anda
sendiri informasi terbaru tentang
smartphone dan tablet dengan tepat!
|
||||
3. Kemukakanlah pendapat Anda tentang
informasi terbaru
tentang smartphone dan tablet!
|
Keterangan:
T = Tepat KT = Kurang tepat TT = Tidak tepat
Pedoman penskoran keterampilan
No. Soal
|
Kriteria Penilaian
|
Skor
|
1.
|
Menuliskan informasi terbaru tentang
smartphone dan tablet dengan
tepat!
a. Tepat
b. Kurang tepat
c. Tidak tepat
d. Tidak mengerjakan
|
8 – 10
5 – 7
2 – 4
1
|
2.
|
Tafsirkankanlah dengan bahasa Anda sendiri informasi terbaru tentang smartphone dan tablet dengan tepat!
a. Tepat
b. Kurang tepat
c. Tidak tepat
d. Tidak mengerjakan
|
8 – 10
5 – 7
2 – 4
1
|
3.
|
Kemukankanlah pendapat Anda terhadap informasi terbaru smartphone dan tablet dengan tepat!
a. Tepat
b. Kurang tepat
c. Tidak tepat
d. Tidak mengerjakan
|
8 – 10
5 – 7
2 – 4
1
|
Soal pengayaan dan remedial
Soal pengayaan
NO
|
SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
1
|
Kepanjangan CPU adalah…
|
Central Prosessing Unit
|
2
|
2
|
Sebutkan peralatan input
output …
|
Modem
|
2
|
3
|
Sebutkan beberapa
peralatan media penyimpanan ….
|
RAM, Harddisk,
flashdisk, DVD
|
2
|
4
|
Sebutkan beberapa
peralatan input….
|
Mouse, keyboard, webcam,
|
2
|
5
|
Sebutkan beberapa
peralatan pemroses …
|
Prosessor, motherboard,
VGA
|
2
|
Skor maksimal
|
10
|
||
Pedoman
penskoran
Nilai = nilai yang diperoleh x 100
Nilai maksimal
|
Soal remedial
NO
|
SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
1
|
Media untuk memasukkan
data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan
informasi yang diperlukan disebut…
|
input divice (unit
masukan)
|
2
|
2
|
Salah satu komponen dari
sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung
atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses
komputerisasi disebut …
|
Perangkat Keras
|
2
|
3
|
Istilah lain dari
perangkat keras adalah….
|
Hardware
|
2
|
4
|
Sebutkan beberapa
peralatan output ….
|
Printer, plotter,
monitor
|
2
|
5
|
Sebutkan beberapa
peralatan tambahan (peripheral) ….
|
Printer, scanner,
pointer
|
2
|
Skor maksimal
|
10
|
||
Pedoman
penskoran
Nilai = nilai yang diperoleh x 100
Nilai maksimal
|
I.
Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.
Media
a.
Beberapa jenis perangkat keras
b.
Video berita
c.
Media pembelajaran presentasi (PPT)
2.
Alat
dan Bahan
b.
Laptop
c.
LCD
proyektor
d.
Whiteboard
3. Sumber
Belajar :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Sistem Komputer SMK/MAK Kelas X Semester
I dan II. Jakarta: Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang Kemdikbud.
Internet.
Mengetahui,
Kepala SMK …….
MUSLIMAH, S.Pd
|
Tegal, 15 Juli 2017
Guru
Mata Pelajaran,
AIS SYAIFUL I, S.Kom
|
0 Response to "RPP KURIKULUM 2013 REVISI 2019"
Post a Comment