Cara Membersihkan Cartridge Printer Canon

Cara membersihkan cartridge printer canon yang menyebabkan tinta tidak mau keluar atau hasil cetakan menjadi buram dapat anda lakukan sendiri. Bagian penting pada printer yang seringkali menjadi sumber masalah adalah pada Cartridge yang merupakan tempat penyimpanan tinta, jika bagian ini yang bermasalah maka secara otomatis akan mempengaruhi hasil cetakan.
Printer yang dalam keadaan baru, mungkin saat proses mencetak masih berjalan lancar, namun seiring waktu mesin printer pasti akan mengalami suatu masalah. Jika yang anda alami adalah hasil cetakan yang sudah tidak normal atau bagus seperti biasa, maka anda bisa melakukan cara berikut ini untuk menanganinya.


Cara Membersihkan Cartridge Printer Canon yang macet

Penyebab Masalah
Seringkali kita tidak mengetahui penyebab dari terjadinya penyumbatan atau macet pada cartridge. Hal ini mengakibatkan peluang terjadinya macet justru jadi lebih sering. Diharapkan dengan mengetahui apa saja hal-hal yang dapat memicu terjadinya macet, maka hal ini dapat dihindari. Berikut ini beberapa penyebabnya:

•Suhu head printer terlalu panas akibat terlalu banyak melakukan proses cetak dalam 1 kali 
  proses. Sebaiknya beri jeda saat banyak yang harus dicetak, istirahatkan sebentar lalu lanjutkan 
  kemudian agar suhu head tetap normal.
•Printer sering tidak digunakan.
•Jarang melakukan head cleaning.

Cara instal printer canon pixma e410
cara instal printer canon pixma mp 287
Cara Mengatasi Masalah
Sebelum membongkar cartridge, ada baiknya lakukan proses cleaning terlebih dahulu untuk memastikan terjadinya masalah, terkadang untuk mengatasi hasil cetakan yang buram hanya perlu head cleaning pada sofware untuk menormalkannya kembali, jika masih tidak mau lanjutkan dengan deep cleaning. Ini merupakan cara yang dapat dilakukan dalam mengatasi penyumbatan ringan.

Cara membersihkan cartridge printer canon pada penyumbatan taraf sedang, berbeda dengan penyumbatan ringan, tidak bisa dilakukan melalui sofware namun dengan cara manual, yaitu menggunakan suntikan dan toolkit penyedot yang dipasang pada cartridge untuk dilakukan penyedotan.

Pada penanganan penyumbatan berat, perlu langkah kerja yang lebih panjang, pertama siapkan air hangat atau cairan head cleaner pada wadah, rendam bagian head pada cartridge. Ingat! Hanya pada bagian head saja yang direndam dan tidak boleh mengenai bagian chip.

Biarkan beberapa menit atau jam, lamanya waktu perendaman sangat tergantung dari tingkat penyumbatan yang terjadi pada head, jika tidak terlalu parah maka hanya perlu beberapa menit namun jika parah bisa menghabiskan waktu sehari semalam.

Jika sudah melewati tahap perendaman, lakukan penyedotan untuk memastikan dan mengeluaran tinta yang mungkin masih tersisa, jika dirasa sudah bersih lakukan isi ulang (refill).  Lihat: Cara Mengisi Tinta Printer Dengan Benar

Apabila terdapat percikan tinta pada cartridge, maka bersihkan dengan tissu, namun harus hati-hati, jangan sampai menyentuh bagian head karena dapat menyebabkan kerusakan. Jika sudah, pasang kembali cartridge pada printer untuk melakukan test print. Sampai langkah ini, cara membersihkan cartridge printer canon sudah selesai.
 
Kunjunggi : Cara mengatasi tinta catridge keluar terus menerus
                  Cara merawat printer yang jarang dipakai
                  Cara membersikan catridge printer canon
                  Cara membersihkan catridge 
                  Cara membersihkan catridge printer
                  Membersihkan catridge
                  Penyebab tinta Brother tidak terdeteksi
Semoga seputar printer ini dapat bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

0 Response to "Cara Membersihkan Cartridge Printer Canon"

Post a Comment