Perkembangan
teknomogi gadget yang semakin pesat membawa perubahan pada media pembelajaran.
Media pembelajaran berbasis komputer yang sebelumnya marak digunakan kini
beralih ke media pembelajaran berbasis mobile dalam berbagai platform,
mulai dari android, windows phone, iPhone, flash lite, java, dan sebagainya.
Berbagai software untuk mengembangkan Eclipse, Android Studio, Adobe Flash CS6,
Construct 2 dan sebagainya.
Membuat
Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Construct 2
Tutorial
ini adalah lanjutan dari tutorial sebelumnya mengenai cara membuat media
pembelajaran berbasis android dengan Construct 2. Kita akan menggunkan kembali
software pembuat game atau aplikasi berbasis HTML5 yang dikhususkan untuk
platform 2D ini. Software yang dikembangkan oleh Scirra ini berbeda dengan
Adobe Flash CS 6, karena Construct 2 tidak menggunakan bahasa pemrograman
khusus, karena semua perintah yang digunakan pada game diatur dalam EvenSheet
yang terdiri dari Event dan Action. Sehingga, untuk mengembangkan game atau aplikasi
dengan Construct 2 kita tidak perlu menguasai bahasa pemrograman yang sulit.
Project dari Construct 2 juga bisa kita jalankan di komputer atau laptop kita melalui browser
sebelum di export ke APK.
Pada
tutorial sebelumnya telah dibahas langkah pembuatan media sampai dengan
menempatkan cover media android kita. Langkah selanjutnya untuk membuat media
pembelajaran android dengan menggunakan Construct 2 adalah sebagai berikut:
Pertama, ubah nama Layout
dan Eventsheetnya dengan nama sama dan sesuai. Cara mengubah namanya adalah
dengan klik kanan pada nama layout kemudian pilih Rename. Lalu
ketikkan nama layout yang sesuai, misalnya Cover.
Dengan
cara yang sama ubah nama eventsheetnya. Setiap layout selalu berpasangan dengan
eventsheet yang kita buat sama namanya.
Kedua, Tambahkan layout
dan eventsheet setelah Cover. Cara menambah layout dan eventsheet
sekaligus yaitu dengan klik kanan pada Layouts, lalu pilih Add layout.
Maka
akan muncul jendela add layout sebagai berikut:
Pilih
Add event sheet. Dengan cara yang sama ubah nama layout dan eventsheet
yang muncul. Misalnya kita beri nama Menu, karena di layout ini akan
kita pasang beberapa tombol untuk navigasi ke layout lainnya. Jika langkah anda
benar maka akan tampil sebagai berikut pada project bar:
Ketiga, ubah ukuran layout
dan margin menjadi 480, 800. Cara untuk mengubah ukuran ini telah disampaikan
pada tutorial sebelumnya.
Keempat, tambahkan
background untuk layout Menu ini. Cara menambahkan background melalui Insert
Sprite seperti yang telah dibahas pada tutorial sebelumnya. Background
dapat kita buat di software grafis seperti Adobe Photoshop atau Corel Draw
dalam format PNG ukuran 480x800 pixel.
Siapkan
juga tombol-tombol yang diinginkan. Tombol dapat kita buat di Microsoft Office
Powerpoint atau download di internet.
0 Response to "Membuat Media Pembelajaran Berbasis Android (bagian 2) "
Post a Comment