RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
|
:
|
SMK AL-IRSYAD TEGAL
|
Kelas / Semester
|
:
|
XII
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Mengadministrasi
Server
|
Materi Pokok
|
:
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
3 x 45 Menit
|
A
|
Kompetensi Inti
|
||||||||
|
|||||||||
B
|
Kompetensi Dasar dan Indikator
|
||||||||
KD K – 1 (Sikap Spiritual)
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan
keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
Indikator:
1.1.1 Dapat memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan
keteraturan dan kompleksitas
alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
KD KI – 2 (Sikap Sosial)
2.1.
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
Indikator:
2.1.1
Dapat menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif;
jujur; teliti; cermat; tekun;
hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
KD KI – 3 (Pengetahuan)
3.1
Menganalisis
kebutuhan server untuk lalu lintas dan aplikasi jaringan komputer.
Indikator:
3.1.1
Dapat
menjelaskan spesifikasi hardware
3.1.2
Dapat menjelaskan spesifikasi software
3.1.3
Dapat menyebutkan kebutuhan minimal server
KD KI – 4 (Keterampilan)
4.1
Menyajikan
hasil analisis kebutuhan server untuk keperluan lalu lintas dan aplikasi
jaringan komputer
Indikator:
4.1.1
Dapat menentukan spesifikasi hardware
4.1.2
Dapat menentukan spesifikasi software
4.1.3
Dapat
menentukan kebutuhan minimal server
|
|||||||||
C.
|
Tujuan Pembelajaran
|
||||||||
1.
Melalui berdoa peserta didik dapat mensyukuri karunia Tuhan Yang
Maha Esa
2.
Melalui melihat tayangan, observasi,
mengerjakan tugas mandiri, peserta didik dapat menunjukkan
perilaku ilmiah (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong) dalam melakukan pembelajaran sehingga menjadi motivasi internal dalam pembelajaran TKJ.
3.
Melalui melihat tayangan, observasi, mengerjakan tugas mandiri peserta
didik dapat menjelaskan
spesifikasi hardware
4.
Melalui melihat tayangan, observasi, mengerjakan tugas mandiri, peserta didik dapat menjelaskan
spesifikasi software.
5.
Melalui melihat tayangan, observasi, mengerjakan tugas mandiri, peserta didik dapat menyebutkan
kebutuhan minimal server.
6.
Melalui melihat tayangan, observasi, mengerjakan tugas mandiri, peserta didik dapat menentukan
spesifikasi hardware
7.
Melalui melihat tayangan, observasi, mengerjakan tugas mandiri, peserta didik dapat menentukan
spesifikasi software
8.
Melalui melihat tayangan, observasi, mengerjakan tugas mandiri, peserta didik dapat menentukan
kebutuhan minimal hardware |
|||||||||
D
|
Materi Pembelajaran
|
||||||||
Kebutuhan Server Untuk Lalu Lintas dan
Aplikasi Jaringan Komputer
· Spesifikasi Hardware
· Spesifikasi Software
· Kebutuhan minimal Server
|
|||||||||
E.
|
Metode Pembelajaran
|
||||||||
1.
Pendekatan Scientific (Ilmiah)
2.
Model : Discovery
Learning
3.
Metode: Observasi, inkuiri, penugasan, presentasi, ceramah.
|
|||||||||
F
|
Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
|
||||||||
1.
Media : LKS, Buku,
internet, koran, majalah
2.
Alat/Bahan : Laptop, LCD
Proyektor
3.
SumberBelajar :
a.
Buku teks David
Jones and Bruce Jamieson (1998), An Introduction to Linux System
Administration,
Third Edition
b.
Internet
:www.wikipedia.com
|
G.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Peserta didik berdoa/ menjawab salam bersama-sama.
2. Peserta didik dipresensi oleh guru.
3. Peserta didik memperoleh apersepsi dari
guru berkaitan dengan etika profesi (akuntansi).
4. Peserta didik memperoleh motivasi dari
guru berkaitan dengan etika profesi di bidang akuntansi.
5. Peserta didik mendapatkan informasi dari
guru tentang KD, tujuan, dan scenario pembelajaran
6. Peserta didik membentuk kelompok belajar yang
beranggotakan 4-5 orang
|
15 menit
|
Inti
|
Mengamati
1.
Peserta
didik diminta untuk membaca literature terkait kebutuhan minimal server
2.
Peserta
didik mengamati tayangan /gambar tentang kebutuhan
dan spesifikasi minimal Server
Menanya
3.
Peserta
didik mengajukan pertanyaan terkait tayangan/gambar
atau teks pembelajaran tentang kebutuhan Server
Mengeksplorasi
4.
Peserta
didik mengidentifikasi kebutuhan minimum
hardware dan software untuk kebutuhan server
5.
Peserta
didik mengeksplorasi kebutuhan minimal
server Server
Mengasosiasi
6.
Peserta didik
mengelompokkan bagian-bagian Server
7.
Menganalisis
hasil identifikasi kebutuhan minimal Server
Mengkomunikasikan
8. Menyampaikan hasil analisis
dalam bentuk laporan tentang kebutuhan minimal server
|
145 menit
|
Kegiatan Penutup
|
1. Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
2. Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3. Peserta didik mendapatkan penilaian
terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
4. Peserta didik dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan
selanjutnya
Peserta didik memperoleh apresiasi dari guru.
|
20 menit
|
.
H.
Penilaian
|
I. |
0 Response to "Rpp Administrasi Server "
Post a Comment