Konstanta dan Operator dalam Visual Basic 6.0

Konstanta
Konstanta adalah sejenis variabel yang nilainya tetap dan tidak dapat diubah selama program berjalan. Ada jua jenis konstanta yaitu konstanta  intrinsik dan konstanta yang dibuat pemrogram.

Konstanta intrinsik adalah konstanta yang sudah tersedia secara otomtais dalam Visual Basic 6.0. Contoh konstanta intrinsik adalah vbYes,vbModal, dan lain-lain. Pemrogram juga dapat membuat sebuah konstanta sendiri dengan cara mendeklarasikannya terlebih dahulu.

A.Deklarasi Konstanta
Aturan penulisan deklarasi konstanta adalah sbb:
[<KataKunci> Const <NamaKonstanta> [As <TipeData>] = <nilai>
Kata Kunci            :Pilihan kata kunci yang dapat digunakan pada deklarasi 
                                konstanta adalah  Private dan Public
Nama Konstanta    :Nama konstanta yang dideklarasikan
Tipe Data               :Tipe data dari konstanta tersebut
Bagian yang diberi tanda kurung siku "[" dan "]"  pada aturan penulisan di atas berarti boleh dituliskan, dan boleh juga tidak dituliskan.
Contoh deklarasi konstanta :


B.Ruang Lingkup Konstanta
abel atau konstanta lain dengan tujuan melakukan berbagai manipulasi dan pengolahan data. Pada MKonsep ruang lingkup konstanta hampir sama dengan konsep ruang lingkup variabel. Yaitu terdiri dari level lokal, level form/modul dan level global. Ketiga level tersebut hanya dibedakan berdasarkan kata kunci yang digunakan atau letak deklarasi konstanta. 

Operator
Operator adalah suatu tanda yang digunakan untuk menghubungkan satu variabel atau konstanta dengan vari
s. Visual Basic 6.0 terdapat bermacam-macam operator :

A.Operator Penugasan (assignment)
Operator penugasan ditimbulkan dengan tanda sama dengan (=) dan berfungsi untuk memasukkan suatu data ke dalam suatu variabel.

B.Operator Aritmatika
Operator aritmatika digunakan untuk melakukan operasi aritmatika. Operator aritmatika mempunyai hirarki paling tinggi dibanding operator pembanding dan operator logika. Penulisan operator aritmatika dengan hirarki dari paling tinggi ke paling rendah, sebagai berikut :

Tabel Operator Aritmatika
C.Operator Pembanding
Operator pembanding digunakan untuk membandingkan suatu data (ekspresi) dengan data (ekspresi) lain dan menghasilkan nilai logika (boolean) Benar atau Salah. Tentu saja antara kedua data yang dibandingkan harus mempunyai tipe data yang sama. Bentuk dari operator relasional/pembanding seperti pada tabel berikut :
D.Operator Logika
Operator logika digunakan untuk mengekspresikan satu atau lebih data (ekspresi) logika (boolean) yang menghasilkan data logika baru. Tabel operator logika dengan hierarki dari atas ke bawah adalah sebagai berikut :

Contoh :

0 Response to "Konstanta dan Operator dalam Visual Basic 6.0"

Post a Comment